Apa Itu As Siyasah Asy Syar’iyah ? (1)



ما هي السياسة الشرعية ؟

Apa Itu As Siyasah Asy Syar’iyah ? (Bagian Pertama)

Oleh : DR. Salman bin Fahd al Audah

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Apa Itu Apa Itu As Siyasah Asy Syar’iyah ? (1)  adalah bagian dari Kategori as Siyasah asy Syar’iyah

w

يتكرر لفظ السياسة الشرعية كثيراً دون أن تجد وعياً به أو تعريفاً واضحاً له، ومع أهمية وخطورة هذا المفهوم في البناء الحضاري يظل غير حاضر في الاهتمام المعرفي الشرعي.

Istilah As Siyasah asy Syar’iyah (politik syariah) sering diulang tanpa pemahaman atau definisi yang jelas. Meskipun konsep ini penting dan krusial dalam pembangunan peradaban, tetapi belum mendapat perhatian yang cukup dalam ranah pengetahuan syariah.

يُعبِّر عدد من الفقهاء عن السياسة بأنها نيابة عن صاحب الشرع, وفي هذا شيء من اللَّبس؛ لأنه يضع السياسة وكأنها ضمن المقدَّس.

Beberapa fuqaha mendefinisikannya sebagai politik yang mengatasnamakan atau atas wewenang syariah. Definisi ini mengandung kerancuan karena menempatkan politik seolah-olah termasuk dalam ranah sakral.

لابن عقيل الحنبلي في موسوعته (الفنون) مناظرة مع فقيه شافعي قال: لا سياسة إلا ما وافق الشرع.

Ibn Aqil Al-Hanbali dalam ensiklopedinya “Al-Funun”, berdialog dengan seorang fuqaha Syafi’i yang berkata, “Tidak ada politik kecuali apa yang telah ditetapkan syariat.”

فردَّ عليه ابن عقيل: بأن السياسة ما كان من الأفعال؛ بحيث يكون الناس معه أقرب إلى الصلاح وأبعد من الفساد، وإن لم يشرعه الرسول – صلى الله عليه وسل م-، ولا نزل به وحي،

Ibn Aqil membalas, “Politik adalah segala tindakan yang membuat manusia lebih dekat kepada kebaikan dan menjauhi keburukan, meskipun tidak disyariatkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam dan tidak diturunkan melalui wahyu.

فإن أردت بقولك: “لا سياسة إلا ما وافق الشرع” أنه لا يخالف ما نطق به الشرع فصحيح، وإن أردت أنه لا سياسة إلا ما نطق به الشرع فغلط وتغليط للصحابة.

Jika Anda bermaksud dengan perkataan Anda ‘Tidak ada politik kecuali yang sesuai dengan syariat’ adalah bahwa politik tidak boleh bertentangan dengan apa yang ditetapkan syariat, maka itu benar. Namun, jika Anda bermaksud bahwa tidak ada politik kecuali yang ditetapkan syariat, maka itu keliru dan merendahkan para sahabat.”

وقد نقل هذا ابن القيم في إعلام الموقعين (٤ / ٤٦٠).

Perkataan Ibn Aqil ini dinukil oleh Ibn Qayyim dalam kitabnya “I’lam al Muwaqi’in” (4/460).

Kitab I'lam al Muwaqi'in yang disusun oleh Ibnul Qayyim al Jauziyah
Kitab I’lam al Muwaqi’in yang disusun oleh Ibnul Qayyim al Jauziyah

وفق ابن عقيل فأساس السياسة هو العمل الذي تعرف فائدته بالتجربة والخبرة وإن لم يكن له ذكر في الشريعة ما دام لا يصادم نصاً، فلا نحتاج في معرفة فضل العمل المؤسسي -مثلاً- أو استخدام الأنماط الإدارية، أو إدارة التغيير إلى نصوص شرعية بل يكفي أن لا يوجد ما يعارضها.

Menurut Ibn Aqil, dasar politik adalah tindakan yang manfaatnya diketahui melalui percobaan dan pengalaman, meskipun tidak disebutkan dalam syariat, selama tidak bertentangan dengan teks syariat. Oleh karena itu, dalam mengetahui keutamaan kerja kelembagaan, misalnya, atau penggunaan pola administrasi, atau manajemen perubahan, kita tidak memerlukan teks syariat. Cukuplah jika tidak ada yang bertentangan dengannya.

وفق ابن عقيل أيضاً يمكن النظر إلى السياسة الشرعية من جهة أنها تحقيق مطلبين:

Menurut Ibn Aqil pula, politik syariah dapat dilihat dari dua sisi, yaitu :

الأول: امتثال ما ورد من الأوامر والنصوص الشرعية في جوانب الحياة الخاصة والعامة مما يتعلق بمسؤولية الحاكم كالمواريث ونحوها.

Pertama: Mematuhi perintah dan teks syariat dalam aspek kehidupan pribadi dan publik yang terkait dengan tanggung jawab penguasa, seperti warisan dan lain sebagainya.

الثاني: التزام القيم الأساسية الجوهرية المتفق عليها؛ كالعدل، والحرية، وحفظ الحقوق، ورعاية الحياة. ويدخل في ذلك ما يسمى بالضروريات الخمس وما يلحق بها؛ كحفظ الكرامة الإنسانية، والاجتماع البشري.

Kedua: Mematuhi nilai-nilai dasar fundamental yang disepakati, seperti keadilan, kebebasan, pemeliharaan hak, dan perlindungan kehidupan. Hal ini termasuk apa yang disebut dengan “Adh Dharuriyaat al Khams” (Lima Hal Pokok) dan apa yang menyertainya, seperti menjaga martabat manusia dan kehidupan sosial.

وبمعنى آخر فالسياسة الشرعية هي:

Dengan kata lain, politik syariah adalah:

1- النص ( فيما فيه نص قاطع ) .
2- الاجتهاد في المصلحة فيما لا نص فيه.

  1. Penerapan teks syariat secara langsung dalam hal-hal yang memiliki nash qath’i.
  2. Melakukan ijtihad (penalaran) untuk menentukan kemaslahatan dalam hal-hal yang tidak memiliki nash tentangnya

والمصلحة تتأثر بظروف العصر وتراعي العرف السائد محلياً ودولياً، ولكنها تستنير بالتجربة التاريخية للأمة وبقيمها العليا.

Kemaslahatan ini dipengaruhi oleh kondisi zaman dan mempertimbangkan urf (adat istiadat) yang berlaku secara lokal dan internasional, namun tetap berpedoman pada pengalaman sejarah umat Islam dan nilai-nilai luhurnya.

إن السجال النظري الدائر تاريخياً وواقعياً حول السياسة الشرعية والمصالح والمفاسد مهم، ولكنه لا يفرز نظرية كاملة، ولا يلامس حاجات الواقع القائمة، ويتجه -غالباً- لإفحام الخصم وإظهار عجزه أو انحرافه.

Perdebatan teoritis yang berlangsung secara historis dan faktual tentang as Siyasah Asy Syar’iyah (Politik Syariah), kemaslahatan, dan manfaat dan mudharat memang penting, tetapi tidak menghasilkan teori yang lengkap dan tidak menyentuh kebutuhan realitas yang ada. Perdebatan ini seringkali hanya bertujuan untuk membungkam lawan dan menunjukkan ketidakmampuan atau penyimpangan mereka.

Bersambung in sya Allah

Kompilasi dari IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.