Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an (4)



فلسطين عربية منذ استوطنها الكنعانيون

Serial : Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an (Bagian 4)

Sumber : aljazeera.net

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an ini adalah salah satu artikel di Kategori Tarikh

Serial Lengkap dapat dilihat di Kategori Sejarah Palestina

اليرموك

Al Yarmuk

توفي الخليفة أبو بكر الصديق رضي الله عنه وتولى الخلافة من بعده عمر بن الخطاب رضي الله عنه، فأمر الجيوش الإسلامية الموجودة في فلسطين بمواصلة القتال لاستكمال الفتح، وأمر خالد بن الوليد بتوحيد الجيوش الإسلامية في جيش واحد، واشتبك خالد مع الروم في معركة اليرموك التي شكل نصر المسلمين فيها لحظة حاسمة في تاريخ فلسطين، إذ تم فيها طرد الرومان منها.

Khalifah Abu Bakar ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu wafat dan Khalifah setelahnya dijabat oleh Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu. Umar memerintahkan pasukan Islam yang berada di Palestina untuk melanjutkan pertempuran untuk menyempurnakan penaklukan. Beliau juga memerintahkan Khalid bin Walid untuk menyatukan pasukan Islam menjadi satu tentara. Khalid bertempur melawan Romawi dalam Pertempuran Yarmuk, yang menjadi kemenangan penting bagi Muslim dalam sejarah Palestina, karena dalam pertempuran itu Romawi berhasil diusir.

زيارة عمر

Kedatangan Umar radhiyallahu ‘anhu ke Palestina

اشترط البطريرك صفرونيوس أن يتسلم الخليفة عمر بن الخطاب بنفسه مدينة القدس التي كانت تسمى آنذاك “إيلياء”، فحضر عمر إلى فلسطين وكتب للمسيحيين عهداً أمنهم فيه على كنائسهم وصلبانهم، واشترط فيه ألا يسكن أحد من اليهود تلك المدينة المقدسة. ومنذ ذلك الحين تدفقت القبائل العربية من سوريا والحجاز ونجد واليمن وسكنت الأراضي الفلسطينية التي أصبح معظم أهلها مسلمين، وأصبحت اللغة العربية هي اللغة السائدة.

 

Patriark Safuronius mensyaratkan bahwa Khalifah Umar bin Khaththab sendirilah yang harus menerima kota Yerusalem yang pada saat itu disebut “Iliya”. Oleh karena itu, Umar pergi ke Palestina dan memberikan jaminan keamanan kepada umat Kristen di gereja-gereja mereka dan salib-salib mereka. Dalam perjanjian tersebut, ditetapkan bahwa tidak ada seorangpun dari orang Yahudi yang boleh tinggal di kota suci tersebut. Sejak saat itu, suku-suku Arab dari Suriah, Hijaz, Najd, dan Yaman mengalir ke wilayah Palestina, di mana sebagian besar penduduknya menjadi Muslim, dan bahasa Arab menjadi bahasa utama.

Sejarah Palestina : Patriark Sophronius
Sejarah Palestina : Patriark Sophronius

العهد الأموي ٦٦١ – ٧٥٠

Era Umayyah 661 – 750

كانت فلسطين في العهد الأموي تابعة لدمشق يحكمها سليمان بن عبد الملك، ومن أعظم آثار تلك الفترة قبة الصخرة التي بناها عبد الملك بن مروان في الموضع الذي عرج منه النبي صلى الله عليه وسلم إلى السماء ليلة الإسراء والمعراج، والمسجد الأقصى الذي أتم بناءه الوليد بن عبد الملك وهو البناء الذي ما زال قائماً حتى اليوم، ومدينة الرملة التي بنى فيها سليمان بن عبد الملك قصره الشهير والمسجد الأبيض.

Selama masa Umayyah, Palestina adalah bagian dari Damaskus yang diperintah oleh Sulaiman bin Abdul Malik. Salah satu jejak paling penting dari periode tersebut adalah Kubah Batu yang dibangun oleh Abdul Malik bin Marwan di tempat di mana Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam melakukan Isra’ dan Mi’raj, serta Masjid Al Aqsa yang diselesaikan pembangunannya oleh Al Walid bin Abdul Malik, bangunan ini masih berdiri hingga hari ini. Selain itu, ada juga kota Ramla di mana Sulaiman bin Abdul Malik membangun istananya yang terkenal dan Masjid Putih.

Sejarah Palestina : Suriah di Abad ke-9 M
Sejarah Palestina : Suriah di Abad ke-9 M
Sejarah Palestina : Menara Masjid Putih di Ramallah, Palestina
Sejarah Palestina : Menara Masjid Putih di Ramallah, Palestina

العهد العباسي ٧٥٠ – ١٢٥٨

Periode Abbasiyah 750 – 1258

بعد انتهاء حكم الدولة الأموية أصبحت فلسطين تابعة للدولة العباسية، وزارها الخليفة المأمون وولده المهدي، وفي ظل الدولة العباسية ازدادت عملية التعريب ونشأت أجيال جديدة نتيجة التزاوج بين الفاتحين العرب وأهل البلاد.

Setelah berakhirnya pemerintahan Umayyah, Palestina menjadi bagian dari Kekhalifahan Abbasiyah. Khalifah al Ma’mun dan putranya al-Mahdi mengunjunginya. Di bawah Kekhalifahan Abbasiyah, proses arablisasi meningkat, dan generasi baru muncul akibat percampuran antara penakluk Arab dan penduduk asli daerah tersebut.

Sejarah Palestina : Jalan Utama di Betlehem
Sejarah Palestina : Jalan Utama di Betlehem

الطولونيون

Dinasti Tulunid (Thuluniyah)

وفي القرن الثالث الهجري ونتيجة لضعف قبضة الدولة العباسية على أجزاء كثيرة من فلسطين، استطاع الطولونيون السيطرة على لبنان وسوريا ومصر وفلسطين. ومن الآثار الشهيرة خلال فترة حكمهم تحصين ميناء عكا.

Pada abad ketiga Hijriyah, karena lemahnya kontrol Kekhalifahan Abbasiyah atas sebagian besar wilayah Palestina, Dinasti Tulunid (Thuluniyah) berhasil menguasai Lebanon, Suriah, Mesir, dan Palestina. Salah satu warisan terkenal dari masa pemerintahan mereka adalah peningkatan pertahanan di pelabuhan Akko.

Sejarah Palestina : Pelabuhan Akko
Sejarah Palestina : Pelabuhan Akko

Bersambung in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.