Istimewanya Doa di Sepertiga Malam Terakhir



Istimewanya Doa di Sepertiga Malam Terakhir

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Istimewanya Doa di Sepertiga Malam Terakhir adalah Bagian dari Kategori Tazkiyatun Nafs

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله، وصحبه، أما بعد:

فالدعاء في ثلث الليل الآخر مستحب، وهو من أوقات الإجابة؛ لأنه وقت تنزل الرب جل وعلا.

Membaca doa pada sepertiga malam terakhir adalah sunnah, dan merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk dikabulkan doanya, karena pada waktu inilah Allah Ta’ala turun ke langit dunia.

ففي الصحيحين من حديث أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : 

Sebagaimana diriwayatkan Shahih Bukhari dan Shahih Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

ينزل ربنا -تبارك وتعالى- كل ليلة إلى السماء الدنيا حين يبقى ثلث الليل الآخر، يقول: من يدعوني فأستجيب له، من يسألني فأعطيه، من يستغفرني فأغفر له.

Allah Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malam ketika sepertiga malam terakhir telah tiba, kemudian Dia berfirman: ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan doanya. Siapa yang meminta kepada-Ku, Aku berikan permintaannya. Siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dosanya.'”

وسئل رسول الله صلى الله عليه وسلم: أي الدعاء أسمع ؟ فقال: جوف الليل الآخر، ودبر الصلوات المكتوبات. أخرجه الترمذي وغيره، عن أبي أمامة رضي الله عنه.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam juga pernah ditanya: “Doa apa yang paling didengar ?” Beliau menjawab: “Doa di sepertiga malam terakhir dan setelah sholat fardhu.” (Hadits Riwayat Imam Tirmidzi dan selainnya dari shahabat Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu)

والنصوص في الباب كثيرة، ومن ثم فإن دعاءك في هذا الوقت مرة ومرتين وثلاثا وما زدت على ذلك شيء حسن جدا، وهو خير تقدمه لنفس، والله -تعالى- يحب الملحين في الدعاء.

Dan masih banyak lagi dalil-dalil lain yang menunjukkan keutamaannya. Oleh karena itu, membaca doa di waktu ini sekali, dua kali, tiga kali, atau lebih, adalah sangat baik dan merupakan kebaikan yang engkau persembahkan untuk diri sendiri. Allah Ta’ala sangat menyukai orang-orang yang tekun dalam berdoa.

فادع في هذا الوقت الشريف وفي غيره من أوقات الإجابة، وأكثر وألح على ربك -جل وعلا- في كل المسألة، وتضرع إليه محسنا ظنك به، موقنا بإجابته، عالما أنه لا يأتي خير إلا بتقديره، ولا يندفع شر إلا بمشيئته سبحانه وبحمده.

Maka berdoalahlah pada waktu mulia ini dan pada waktu-waktu mustajab lainnya, perbanyaklah dan tekunlah dalam memohon kepada Allah Jalla wa ‘Alaa dalam tiap permasalahan, merendahkan diri di hadapan-Nya dengan penuh keyakinan bahwa Dia akan mengabulkan doamu, dan yakinlah bahwa tidak ada kebaikan yang datang kecuali atas kehendak-Nya, dan tidak ada keburukan yang terhindar kecuali dengan kehendak-Nya dan atas karunia-Nya.

والله أعلم.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.