Makna Mutammimah | Syarh Mutammimah alAjurumiyah



Makna Mutammimah alAjurumiyah

Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Makna Mutammimah ini bagian dari Kategori Mutammimah alAjurumiyah

وقوله ( مُتَمِّمَةٌ لِمَسَائِلِ الآجُرُوْمِيَّةِ) المراد بالتتميم هنا التكميل وهو على قسمين :

Perkataan penulis : Mutammimatun li- masaa-ilil Ajurumiyyah (Pelengkap Bahasan-bahasan Ajurumiyah). Yang dimaksud dengan at Tatmiim (Pelengkap atau Penyempurna) disini mencakup dua hal :

الأول: التتميم بذكر الأحكام والمسائل والفصول التابعة للأبواب المذكورة في الأصل، كباب الكلام والإعراب والفاعل ونائبه والمبتدأ وخبره ونحو ذلك. وهذا القسم هو الأكثر.

Pertama : Penyempurnaan dalam hal pembahasan hukum-hukum, masalah-masalah, yang terkait dengan bab-bab yang telah disebutkan sebelumnya di sumber utama yakni kitab Alajurumiyyah seperti Bab Kalam, I’rab, Faa’il, Naa-ibul Faa’il, Mubtada, Khbar dan selainnya. Dan bagiannya inilah yang paling banyak dibahas dalam al Mutammimah al Ajurumiyah.

الثاني: التتميم بذكر أبواب لم تذكر في الأصل، كباب البناء والاشتغال والتعجب والعدد والوقف ونحو ذلك.

Yang kedua : Penyempurnaan bab-bab yang belum disebutkan sebelumnya di Kitab Al Ajurumiyyah, seperti Bab Al Binaa, Al Isytighaal, At Ta’ajub, al Adad, Al Waqf dan selainnya.

وقوله (الآجرومية) نسبة للشيخ العلامة أبي عبدالله محمد بن محمد بن داود الصنهاجي، المعروف بابن آجُرُّوْمَ بهمزة مفتوحة ممدودة، فجيم مضمومة، ثم راء مشددة مضمومة، فواو ، ومعناه بلسان البربر الفقير المتصوف.

Perkataan Penulis : Alaajurumiyyah adalah nisbah dinisbatkan kepada Syaikh al ‘Alaamah Abu Abdullah Muhammad bin Muhammad bin Dawud ash  Shanhaji, yang dikenal dengan sebutan Ibn Ajurrūm dengan hamzah fathah dan madd, huruf jim dhommah, huruf ra dhammah dan huruf wawu. Maknanya dalam bahasa Al Barbari adalah seorang fakir yang sufi

والصِّنْهَاجِيُّ: نسبة إلى صِنْهَاجَةَ ، وهي قبيلة بالمغرب، نسب إليها وكان من أهل فاس، ولد سنة (٦٧٢ه)، وتوفي سنة (۷۲۳ھ)، رحمه الله تعالى.

Ash Shanhaji : adalah nisbah kepada Shanhajah, yaitu sebuah suku di Maghrib (Maroko), dinisbatkan kepada beliau karena beliau berasal dari Fez, lahir pada tahun 672 H, dan wafat pada tahun 723 H, rahimahuLlahu Ta’ala.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.