Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an (6)



فلسطين عربية منذ استوطنها الكنعانيون

Serial : Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an (Bagian 6)

Sumber : aljazeera.net

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an ini adalah salah satu artikel di Kategori Tarikh

Serial Lengkap dapat dilihat di Kategori Sejarah Palestina

التطهير النهائي

Pembersihan Akhir Palestina dari Tentara Salib

واصل خليل بن قلاوون تحرير بقية المدن الفلسطينية التي ظلت بحوزة الصليبيين حتى طهرت البلاد منهم تماماً عام ١٢٩١. ومن آثار المماليك التي لم تزل قائمة في فلسطين حتى الآن بعض الأبنية والمدارس وبناء جسر بجوار اللد، وكان من أعمالهم ترميم قبة الصخرة والحرم الإبراهيمي.

Khalil bin Qalawun terus membebaskan sisa kota-kota Palestina yang masih berada di bawah kendali Tentara Salib hingga negeri itu sepenuhnya bebas dari tentara salib pada tahun 1291. Dari peninggalan Mamluk yang masih ada di Palestina hingga saat ini adalah beberapa bangunan, sekolah, dan pembangunan jembatan di sekitar Lod. Salah satu dari pekerjaan mereka adalah restorasi Kubah Batu dan Masjid Ibrahim.

Sejarah Palestina : Sisa-sisa benteng Templar di Atlit, pos terakhir Tentara Salib di Suriah yang ditaklukkan oleh pasukan al-Ashraf Khalil.
Sejarah Palestina : Sisa-sisa benteng Templar di Atlit, pos terakhir Tentara Salib di Suriah yang ditaklukkan oleh pasukan al-Ashraf Khalil.

العهد العثماني

Masa Kekuasaan Utsmaniyah

انتصر العثمانيون على المماليك في معركة مرج دابق بالقرب من حلب عام ١٥١٦ ودخلوا فلسطين التي أصبحت تابعة للحكم العثماني منذ ذلك الحين ولمدة أربعة قرون.

Utsmaniyah menang atas Mamluk dalam Pertempuran Marj Dabiq di dekat Aleppo pada tahun 1516 dan masuk ke Palestina. Palestina menjadi bagian dari pemerintahan Utsmaniyah sejak saat itu selama empat abad lamanya

حملة نابليون ١٧٩٩

Ekspedisi Napoleon 1799

حاولت فرنسا بقيادة نابليون غزو فلسطين بعد احتلال مصر، ولكن الحملة ارتدت مهزومة بعد وصولها إلى عكا، حيث فشلت في اقتحام المدينة بفضل تحصيناتها وبسالة قائدها أحمد باشا.

Prancis di bawah pimpinan Napoleon mencoba menyerang Palestina setelah menduduki Mesir, namun ekspedisi tersebut mengalami kekalahan setelah mencapai Acre, di mana mereka gagal menaklukkan kota tersebut karena pertahanannya yang kuat dan keberanian panglima militernya, Ahmad Pasha.

محمد علي

Muhammad ‘Ali

قرر محمد علي والي مصر عام ١٨٣٨ توسيع ملكه بضم بلاد الشام، فنجح ابنه إبراهيم باشا في فتح العريش وغزة ويافا ثم نابلس والقدس. وقامت في نابلس والخليل ثورات شعبية احتجاجاً على شدة إبراهيم باشا في تعامله مع الأهالي وفرضه ضرائب باهظة. ولم يدم حكم محمد علي للشام أكثر من عشر سنوات لتعود مرة أخرى إلى الحكم العثماني.

Pada tahun 1838, Muhammad Ali, wali Mesir, memutuskan untuk memperluas wilayahnya dengan menggabungkan wilayah Syam. Putranya, Ibrahim Pasha, berhasil membuka El-Arish, Gaza, dan Jaffa, kemudian Nablus dan Yerusalem. Pemberontakan rakyat terjadi di Nablus dan Hebron sebagai protes terhadap kekerasan Ibrahim Pasha dalam memperlakukan penduduk dan penerapan pajak yang tinggi. Pemerintahan Muhammad Ali di Syam tidak bertahan lebih dari sepuluh tahun sebelum kembali ke pemerintahan Utsmaniyah.

الاحتلال البريطاني ١٩١٧

Pendudukan Britania 1917

بعد انتصار القوات البريطانية على تركيا في الحرب العالمية الأولى بقيادة الجنرال اللنبي دخلت فلسطين عام ١٩١٧ تحت الانتداب البريطاني حتى عام ١٩٤٨، حيث انسحبت مفسحة المجال أمام اليهود لإقامة دولتهم في فلسطين التي سميت إسرائيل. ونجحت العصابات الصهيونية بمساعدة كل من بريطانيا والولايات المتحدة في إلحاق هزيمة بالعرب في حرب ١٩٤٨، وأعلنوا قيام دولة إسرائيل بعد غياب عن الساحة الفلسطينية دام لأكثر من ألفي عام.

Setelah kemenangan pasukan Britania atas Turki dalam Perang Dunia Pertama di bawah kepemimpinan Jenderal Allenby, Palestina masuk di bawah mandat Britania pada tahun 1917 hingga tahun 1948. Pada saat itu, Britania mundur memberikan kesempatan bagi Yahudi untuk mendirikan negara mereka di Palestina, yang kemudian disebut Israel. Dengan bantuan Britania dan Amerika Serikat, kelompok-kelompok Zionis berhasil mengalahkan Arab dalam Perang 1948, dan menyatakan berdirinya negara Israel setelah absen dari panggung Palestina selama lebih dari dua ribu tahun.

Sejarah Palestina : Jenderal Allenby
Sejarah Palestina : Jenderal Allenby

 

Sejarah Palestina : Perusahaan Listrik Palestina didirikan oleh Ben-Hass Rotenberg
Sejarah Palestina : Perusahaan Listrik Palestina didirikan oleh Ben-Hass Rotenberg

Bersambung in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.