Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an (1)



فلسطين عربية منذ استوطنها الكنعانيون

Serial : Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an (Bagian 1)

Sumber : aljazeera.net

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an ini adalah salah satu artikel di Kategori Tarikh

Serial Lengkap dapat dilihat di Kategori Sejarah Palestina

لا يعرف على وجه اليقين شكل الحياة في تلك المنطقة التي أصبحت فيما بعد تعرف بفلسطين، إلا أن أقدم الاكتشافات الأثرية التي عثر عليها في جبل القفرة جنوبي الناصرة وسفح الرمل قرب طبريا والتي تعود إلى الفترة بين عامي ٧٥٠٠ و٣١٠٠ ق.م تؤكد أن تلك المنطقة شهدت نوعاً من الحياة البسيطة. وكان أهم حدث شهدته هو تأسيس مدينة أريحا التي يعتبرها المؤرخون أقدم بلدة في التاريخ، وقد وجدت آثار لها قرب بلدة عين السلطان.

Bentuk kehidupan awal di daerah yang kemudian dikenal sebagai Palestina tidak diketahui secara pasti, namun penemuan arkeologi tertua yang ditemukan di Gunung Qafrah di selatan Nazaret dan lereng pasir dekat Tiberias yang berasal dari periode antara tahun 7500 dan 3100 SM memastikan bahwa daerah tersebut telah mengalami semacam kehidupan sederhana. Peristiwa terpenting yang terjadi adalah pendirian kota Yericho yang dianggap oleh para sejarawan sebagai kota tertua dalam sejarah, dan ditemukan peninggalannya dekat kota Ain Sultan.

وفي أواخر الألف الرابعة قبل الميلاد بدأ سكان المنطقة يتعرفون على النحاس ويستخدمونه في بعض الصناعات البدائية، ولذا أطلق المؤرخون على تلك الفترة العصر الحجري النحاسي.

Pada akhir milenium ke-4 Sebelum Masehi, penduduk daerah tersebut mulai mengenal tembaga dan menggunakannya dalam beberapa industri primitif, sehingga sejarawan menyebut periode itu sebagai zaman batu-tembaga.

هجرة الكنعانيين

Migrasi Bangsa Kan’aan

بدأت أولى الهجرات البشرية الهامة إلى فلسطين في بداية الألف الثالثة قبل الميلاد، وهي هجرة الكنعانيين الذين عرفوا باسم الأماكن التي نزلوا فيها، وبعد فترة أصبحت هناك ثلاث لغات: الكنعانية والآرامية -لغة المسيح عليه السلام- والعربية، وظلت فلسطين تسمى أرض كنعان حتى عام 1200 ق.م حينما غزتها القبائل الكريتية.

Migrasi manusia penting pertama ke Palestina terjadi pada awal milenium ke-3 Sebelum Masehi, yaitu migrasi orang Kan’aan, hal ini didapati dari nama tempat-tempat di mana mereka bermukim. Setelah beberapa waktu, muncul tiga bahasa: Kanaan, Aram (bahasa Kristus) dan Arab, dan Palestina tetap dikenal sebagai tanah Kanaan hingga tahun 1200 SM ketika suku-suku Kreta menginvasi daerah tersebut.

هجرة إبراهيم عليه السلام

في الألف الثالثة قبل الميلاد هاجر إبراهيم عليه السلام من بلدة أور في العراق إلى فلسطين، وهناك أنجب إسحق والد يعقوب الذي يسمى كذلك إسرائيل وإليه ينتسب الإسرائيليون.

Pada milenium ketiga sebelum masehi, Nabi Ibrahim alaihi salam. hijrah dari kota Ur di Irak ke Palestina, di mana beliau melahirkan Ishak, ayah dari Yakub yang juga disebut Israil, yang padanya bersambung nasab orang-orang Israil.

الإمبراطورية المصرية

Dalam penguasaan Kerajaan Mesir

في تلك الفترة كانت فلسطين جزءًا من الإمبراطورية المصرية، كما كانت عمليات التبادل التجاري نشيطة بينهما، وهو ما دلت عليه رسائل تل العمارنة التي اكتشفت في صعيد مصر.

Pada masa itu, Palestina merupakan bagian dari Kerajaan Mesir, dengan perdagangan yang aktif antara keduanya, seperti yang ditunjukkan oleh surat-surat dari Tell el Amarna yang ditemukan di daerah Mesir bagian Hulu.

اسم فلسطين

Nama Palestina

شهدت فلسطين سلسلة من الغزوات قامت بها القبائل الكريتية التي استقرت في شواطئ يافا وغزة، فسميت تلك المنطقة فلسطين نسبة إلى اسم القبيلة الكريتية الغازية التي اندمجت مع الكنعانيين سكان البلاد الأصليين، وأطلق اسم فلسطين على جميع الأراضي الساحلية والداخلية التي كان يسكنها الكنعانيون، ومع الزمن غلب العنصر الكنعاني وأصبح سكان البلاد كلهم من الكنعانيين العرب.

Palestina mengalami serangkaian invasi yang dilakukan oleh suku-suku Kreta yang menetap di pantai-pantai Jaffa dan Gaza, sehingga wilayah tersebut dinamai Palestina, berasal dari nama suku Kreta yang bersatu dengan orang Kanaan, penduduk asli negara itu. Nama Palestina diberikan kepada semua tanah pantai dan pedalaman yang dihuni oleh orang Kanaan. Seiring berjalannya waktu, elemen Kanaan unggul dan seluruh penduduk negara tersebut menjadi orang Kanaan Arab.

الإسرائيليون

Kedatangan Bani Israil

وبسبب المجاعة التي اجتاحت فلسطين هاجر يعقوب عليه السلام وأولاده إلى مصر حيث كان ابنه النبي يوسف عليه السلام قائما على خزائنها، وهي قصة فصلها القرآن الكريم في سورة يوسف. واستقر الإسرائيليون في مصر وكثر عددهم، ولكنهم بدؤوا يتعرضون للاضطهاد في عهد رمسيس الثاني فقرر موسى عليه السلام الخروج بهم إلى أرض كنعان، وهذه القصة وردت في القرآن الكريم في مواضع كثيرة.

Karena kelaparan yang melanda Palestina, Nabi Ya’qub beserta anak-anaknya berhijrah ke Mesir di mana putranya, Nabi Yusuf, bertanggung jawab atas gudang-gudang kerajaan Mesir. Inilah kisah yang disebutkan dalam Al Quran dalam Surah Yusuf. Bani Israil menetap di Mesir dan jumlah mereka bertambah, tetapi mereka mulai mengalami penindasan pada zaman Ramses II, sehingga Musa memutuskan untuk membawa mereka keluar ke Tanah Kanaan, kisah ini juga disebutkan dalam Al Quran pada banyak tempat.

ومكث بنو إسرائيل في الصحراء أربعين سنة قبل أن يتمكنوا من دخول فلسطين بعد موت موسىعليه السلام في عهد النبي يوشع، وتمكن داود عليه السلام من إقامة مملكة لبني إسرائيل في القدس بعدما انتصر الإسرائيليون على جالوت.

Bani Israil tinggal di padang gurun selama empat puluh tahun sebelum mereka dapat memasuki Palestina setelah kematian Musa, pada zaman Nabi Yusha (Yosua), dan Daud berhasil mendirikan kerajaan bagi Bani Israil di Yerusalem setelah kemenangan Bani Israil atas Jalut (Goliat).

Bersambung in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.