Hari Raya ‘Id : Syi’ar Kelapangan dalam Syariat Islam



Hari Raya ‘Id : Syi’ar Kelapangan dalam Syariat Islam

Kompilasi dan Alih Bahasa oleh : Reza Ervani bin Asmanu

Bismilahirrahmanirrahiim

Artikel Hari Raya ‘Id : Syi’ar Kelapangan dalam Agama Islam ini adalah bagian dari artikel di kategori Da’wah

العيد مظهرٌ من مظاهر الدين، وشعيرة من شعائره المعظمة، والنفوس مجبولة على حب الأعياد والسرور بها،

Hari raya adalah salah satu manifestasi agama, dan merupakan salah satu syariatnya yang agung. Jiwa manusia diciptakan untuk mencintai hari raya dan merasakan kebahagiaan di dalamnya.

وقد جاءت سنة النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ بمشروعية عيدي الفطر والأضحى، فعن أنس – رضي الله عنه – قال: ( قَدِم النبيّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ المدينة ولهم يومان يلعبون فيهما، فقال: قد أبدلكم الله تعالى بهما خيراً منهما: يومَ الفطر والأضحى ) رواه أبو داود .

Telah datang sunnah Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam yang mensyariatkan dua hari raya, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: “Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam datang ke Madinah. Pada saat itu penduduk Madinah memiliki dua hari untuk bermain (bergembira). Beliau lalu bersabda : ‘Sesungguhnya Allah telah mengganti kedua hari itu dengan yang lebih baik yakni Hari Fitri dan Adha'” (Hadits Riwayat Imam Abu Dawud).

يوم العيد في بيت النبوة :

Hari Raya di Rumah Nabi

في يومٍ بهيج من أيام المدينة النبوية، وفي صباح عيدٍ، كان البيت النبوي وما حوله يشهد مظاهر الاحتفال بالعيد، على مرأى وعلم من رسول الله ـ صلى الله عليه وسلم ـ،

Pada suatu hari yang indah di Madinah, di pagi hari raya, rumah kenabian dan sekitarnya menjadi saksi perayaan hari raya

فعن عائشة أم المؤمنين – رضي الله عنها – قالت: ( دخل عليَّ رسول الله – صلى الله عليه وسلم – وعندي جاريتان تغنّيان بغناء يوم بعاث، فاضطجع على الفراش، وحوّل وجهه، ودخل أبو بكر فانتهرني، وقال: مزمارة الشّيطان عند النبي – صلى الله عليه وسلم – فأقبل عليه رسول الله – صلى الله عليه وسلّم – فقال: دعهما، فلمّا غفل غمزتهما فخرجتا ) رواه البخاري .

Dari ‘Aisyah Ummul Mu’minin radhiyallahu ‘anha – beliau mengatakan : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam masuk menemuiku ketika di sisiku ada dua budak wanita yang sedang bersenandung dengan lagu-lagu (tentang perang) Bu’ats. Maka beliau berbaring di atas tikar lalu memalingkan wajahnya, kemudian masuklah Abu Bakar mencelaku, ia mengatakan, “Seruling-seruling setan (kalian perdengarkan) di hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam!” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lantas memandang kepada Abu Bakar seraya berkata: “Biarkanlah keduanya.”

Setelah beliau – shalallahu ‘alaihi wa salam – tidak menghiraukan lagi, aku memberi isyarat kepada kedua sahaya tersebut agar lekas pergi, lalu keduanya pun pergi.

وفي رواية أخرى: ( يا أبا بكر إن لكل قوم عيدا وهذا عيدنا

Dalam Riwayat lain disebutkan : Wahai Abu Bakar, sesungguhnya bagi setiap kaum ada hari raya, dan ini adalah hari raya kita

وفي رواية أحمد: ( لِتعْلَمَ اليهود أنَّ في ديننا فسحة، إني أُرسلت بحنيفية سمحة ) .

Dalam Riwayat Imam Ahmad disebutkan : Supaya orang-orang Yahudi mengetahui bahwa dalam agama kita ada kelapangan. Sesungguhnya aku diutus dengan agama yang lurus dan mudah.

ومما يحسن التنبيه إليه أن إباحة الغناء في يوم العيد على الصفة المذكورة آنفاً إنما هو للبنات الجواري الصغيرات، وهو جائز بالدُّف دون غيره من آلات الطرب، وأن لا يكون ذلك عادةً لهن يتعوَّدن فيها الغناء بعادة المغنيات، وقد نبهت لهذا عائشة ـ رضي الله عنها ـ – كما في رواية ابن ماجة – قالت: ( وليستا بمغنيتين ) .

Dan perlu diperhatikan bahwa diperbolehkannya menyanyi di hari raya dengan cara yang disebutkan di atas adalah khusus untuk gadis-gadis kecil, dan diperbolehkan dengan menggunakan rebana tanpa alat musik lainnya. Hal ini tidak boleh menjadi kebiasaan bagi mereka untuk menyanyi seperti kebiasaan penyanyi. Aisyah radhiyallahu ‘anha telah mengingatkan hal ini – sebagaimana dalam riwayat Ibnu Majah – berkata: “Dan mereka berdua bukan penyanyi.”

قال الحافظ البغوي: ” ويوم بُعاث يومٌ مشهور كان فيه مقتلةٌ عظيمةٌ للأوس على الخزرج، وقد مكثت هذه الحرب مائة وعشرين سنة، حتى جاء الإسلام، وكان شِعر الجاريتين في غنائهما فيه وصف الحرب والشجاعة، وفي هذا معونة ٌ لأمر الدِّين، فأما الغناء بذِكر الفواحش وذكر الحُرَم والمجاهرة بمنكر القول فهو المحظور من الغناء، وحاشاه أن يجري شيءٌ من ذلك بحضرته ـ صلى الله عليه وسلم ـ فيُغفل النكير له “.

Hafizh Al-Baghawi berkata, “Hari Bu’ats adalah hari yang terkenal di mana terjadi pertempuran besar antara suku Aus dan Khazraj. Perang ini berlangsung selama seratus dua puluh tahun, hingga Islam datang. Dalam syair yang dinyanyikan kedua budak perempuan itu, terdapat deskripsi tentang perang dan keberanian. Hal ini membantu dalam menyebarkan agama. Adapun menyanyi dengan menyebut perbuatan keji, menyebut hal-hal yang terlarang, dan terang-terangan berkata buruk adalah jenis nyanyian yang dilarang. Nabi shalallahu alaihi wa salam tidak akan membiarkan hal seperti itu terjadi di hadapannya, dan beliau akan menegurnya.”

وغير بعيد من الحجرة الشريفة كانت هنالك احتفالية أخرى تحدثنا عنها عائشة ـ رضي الله عنها ـ متممةً لسياق حديثها المتقدم فتقول: ( وكان يوم عيد يلعب السودان بالدّرق (الدرع من الجلد) والحراب، فإمّا سألت رسول الله – صلى الله عليه وسلّم – وإمّا قال: تشتهين تنظرين؟، فقلت: نعم، فأقامني وراءه، خدّي على خدّه، وهو يقول: دونكم يا بني أرفدة، حتّى إذا مللت، قال: حسبك؟، قلت: نعم، قال: فاذهبي ) رواه البخاري .

Tidak jauh dari ruangan kediaman Nabi shalallahu ‘alahi wa salam, ada perayaan lain yang diceritakan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha melengkapi konteks ceritanya sebelumnya. Aisyah berkata, “Pada suatu hari raya, orang-orang kulit hitam bermain perisai dan tombak. Aku bertanya kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa salam – atau mungkin beliau yang bertanya – ‘Apakah kamu ingin melihatnya ?’ Aku menjawab, ‘Ya.’ Beliau kemudian menempatkanku di belakangnya, pipiku menempel pada pipinya, dan beliau berkata, ‘Silakan bermain, wahai Bani Arfada.’ Ketika aku merasa bosan, beliau bertanya, ‘Sudah cukup ?’ Aku menjawab, ‘Ya.’ Beliau kemudian berkata, ‘Pergilah.'” (Hadits Riwayat Imam Bukhari)

وقد استنبط العلماء من ذلك :
ـ إظهار السرور في الأعياد بما يحصل من بسط النفس وترويح البدن من شعائر الدِّين .
ـ الفرح واللهو في العيد لا يبرر ارتكاب المحرمات، ولا الإخلال بالواجبات، وهذا ما تلمح إليه عائشة ـ رضي الله عنها ـ في قولها: ( كان الحبش يلعبون بحرابهم فسترني رسول الله – صلى الله عليه وسلم – وأنا أنظر )، وتوضحه كذلكً بوصفها للجاريتين بأنهما ( صغيرتان )، ولم يكن الغناء لهما بعادة .

Para ulama menyimpulkan beberapa hal dari hadits tersebut:

  • Menunjukkan rasa senang di hari raya dengan cara yang menyenangkan jiwa dan menyegarkan tubuh merupakan bagian dari syariat agama.
  • Kegembiraan dan bersenang-senang di hari raya tidak membenarkan perbuatan haram, ataupun melalaikan kewajiban. Hal ini ditunjukkan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha dalam perkataannya, “Orang-orang Habsyi bermain dengan tombak mereka, dan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam menutupiku saat aku melihatnya.” Hal ini juga diperjelas dengan penggambarannya tentang kedua budak perempuan tersebut sebagai “anak kecil”, dan menyanyi bukanlah kebiasaan mereka (bukan profesi mereka – pent)

ـ من هديه ـ صلى الله عليه وسلم ـ وأخلاقه الرفق بالمرأة واستجلاب مودتها، فإنها مجبولة على المشاعر والعواطف الرقيقة، ويحصل ذلك بتلبية رغباتها الفطرية ومطالبها الاعتيادية ما دامت مباحة، وقد ضرب النبي – صلى الله عليه وسلم – أروع الأمثلة في هذا الباب، وبيوته الكريمة زاخرة بمظاهر الإحسان والتودد والوفاء لزوجاته أمهات المؤمنين ـ رضي الله عنهن ـ .

  • Dari petunjuk dan akhlak beliau shalallahu ‘alaihi wasalam, kita mendapatkan bahwa beliau sangatlah lemah lembut terhadap wanita dan berusaha memperhatikan kasih sayang mereka. Wanita diciptakan dengan perasaan dan emosi yang halus, dan kasih sayang tersebut dapat diperoleh dengan memenuhi keinginan fitrah dan kebutuhan normal mereka selama hal itu adalah sesuatu yang diperbolehkan. Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam telah memberikan contoh terbaik dalam hal ini, dan rumah tangga beliau yang mulia penuh dengan manifestasi kebaikan, kasih sayang, dan kesetiaan kepada istri-istri beliau, para Ummul Mu’minin – semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala meridhoi mereka semua.

Allahu Ta’ala ‘A’lam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.