Bagaimana Cara Wanita Haidh dan Nifas Untuk Mendapatkan Lailatul Qadr



xr:d:DAGBmQNmX2k:6,j:5549984800625079758,t:24040721

Bagaimana Cara Wanita Haidh dan Nifas Untuk Mendapatkan Lailatul Qadr

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Pertanyaan 

كيف تتعبد الحائض والنفساء إلى الله تعالى ليلة القدر؟ وهل يعتبر قيامًا لهذه الليلة المباركة؟

Bagaimana cara ibadah bagi wanita yang sedang haid atau nifas kepada Allah Subhanallahu wa Ta’ala pada malam Lailatul Qadr ? Dan apakah ini dianggap sebagai qiyam pada malam yang mulia ini ?

الجواب

Jawaban

يمكن لذواتِ الحيض والنفاس أن يُحْيِينَ ليلة القدر بترك ما منعهنَّ الشرع الشريف منه حال العذر إذا قصدن الامتثال في الترك، ثم يفعلن ما تيسر لهنَّ من الطاعات والقربات،

Wanita yang sedang haid dan nifas dapat menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan meninggalkan hal-hal yang dilarang syariat saat haid, jika mereka berniat untuk patuh. Kemudian, mereka dapat melakukan amalan dan ketaatan yang mudah bagi mereka.

 فيغتنمنَ الليلة بالإكثار من الذكر، والاستغفار، والتسبيح، والتهليل، والتكبير، والصلاة على النبي الأمين، والتصدق، والدعاء بالمأثور وغيره، وسماع القرآن والإنصات إليه، وقراءته بالعين لا باللسان على الذكر لا التعبد،

Manfaatkan malam tersebut dengan memperbanyak dzikir, istighfar, tasbih, tahlil, takbir, shalawat kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam, sedekah, membaca doa yang ma’tsur dan lainnya, mendengarkan dan memperhatikan Al-Qur’an, dan membacanya dengan mata (tidak dengan lisan) dalam rangka dzikir, bukan untuk  mengkhususkannya sebagai ibadah.

وأن يَنوِينَ الطاعة والعبادة بما يُقَدِّمْنَه لبيوتهنَّ وأهلهنَّ وبما يعينهم على الطاعة في تلك الليلة فيَحصُل لهنَّ الأجر والثواب،

Niatkan ketaatan dan ibadah dalam apa yang mereka lakukan untuk rumah dan keluarga mereka, dan apa yang membantu anggota keluarga mereka untuk menjalankan ketaatan pada malam itu. Maka, mereka akan mendapatkan pahala dan ganjaran.

ويزيد على ذلك أنهنَّ يُثَبْنَ عما كان يمكن أن يفعلن ما لم يمنعهنَّ العذر؛ لأنهنَّ مُبْتَلَياتٌ بأمر خارجٍ عن استطاعتهنَّ.

Lebih dari itu, mereka akan mendapatkan pahala atas apa yang biasa mereka lakukan saat tidak sedang haidh. Karena mereka diuji dengan sesuatu di luar kemampuan mereka.

Allahu Ta’ala ‘A’lam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.