Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an (5)



فلسطين عربية منذ استوطنها الكنعانيون

Serial : Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an (Bagian 5)

Sumber : aljazeera.net

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Sejarah Palestina Semenjak Bangsa Kan’an ini adalah salah satu artikel di Kategori Tarikh

Serial Lengkap dapat dilihat di Kategori Sejarah Palestina

القرامطة

al Qaramithah

يعتبر المؤرخون القرن الرابع الهجري قرناً للاضطرابات السياسية، فقد أغار القرامطة المتدفقون من الخليج العربي على ديار الشام واحتلوا فلسطين بعد أن أحدثوا فيها كثيراً من الدمار والخراب. وبعد ذلك توالى على فلسطين أنظمة حكم متعددة من الإخشيديين والسلاجقة والفاطميين، فكان بحق قرناً للفوضى.

Pada abad keempat Hijriyah, para sejarawan menganggapnya sebagai zaman ketidakstabilan politik. Para Qaramitاah yang berasal dari Teluk Arab menyerang wilayah Syam dan menduduki Palestina setelah menyebabkan banyak kerusakan dan kehancuran di sana. Setelah itu, berbagai pemerintahan seperti Ismailiyah, Saljuki, dan Fatimiyah bergantian memerintah Palestina, menjadikannya benar-benar sebagai abad kekacauan.

الاحتلال الصليبي ١٠٩٥ – ١٢٩١

Penjajahan Salibis 1095 – 1291

عاد الاحتلال الأجنبي لفلسطين مرة أخرى مع نهايات القرن الحادي عشر الميلادي، فقد شهدت أوروبا الكثير من المشاكل السياسية والاجتماعية والاقتصادية بين فقر في المواد الخام وازدياد في أعداد السكان وخلافات بين الملوك والفرسان وبين البابا والملوك، فكانت الإغارة على الشرق حلا مريحاً لجميع الأطراف. وقد بدأت عمليات الشحن المعنوي بخطبة للبابا أوربان الثاني سنة ١٠٩٥ طالب فيها العامة بتخليص قبر المسيح المقدس من أيدي المسلمين وتطهير القدس منهم.

Penjajahan asing kembali ke Palestina pada akhir abad kesebelas Masehi. Eropa pada saat itu menghadapi banyak masalah politik, sosial, dan ekonomi, termasuk kemiskinan bahan mentah, pertumbuhan jumlah penduduk, konflik antara raja dan ksatria, serta antara penguasa dan raja-raja. Penyerbuan ke Timur menjadi solusi yang menguntungkan bagi semua pihak. Kampanye moral dimulai dengan pidato Paus Urban II pada tahun 1095, di mana dia meminta umat untuk membebaskan Makam Suci Kristus dari tangan Muslim dan membersihkan Yerusalem dari mereka.

فقاد بطرس الناسك أولى الحملات العسكرية التي استمرت قرنين والتي عرفت باسم الحملات الصليبية لأنها اتخذت الصليب شعاراً لها. واحتل بطرس الرملة ودمر يافا وحاصر القدس بجنود يقدر عددهم بأربعين ألفاً، وبعد شهر من الحصار استسلمت الحامية المصرية الصغيرة التي كانت موجودة هناك، فدخلوا القدس عام ١٠٩٩ وقتلوا فور دخولهم أعداداً كبيرة من سكانها العرب قدرتهم الكثير من المراجع التاريخية بسبعين ألفاً.

Petrus dari Amiens memimpin kampanye militer pertama dari serangkaian kampanye yang berlangsung selama dua abad, yang dikenal sebagai Perang Salib karena mereka mengadopsi salib sebagai lambang mereka. Ia merebut Ramalah, menghancurkan Jaffa, dan mengepung Yerusalem dengan sekitar empat puluh ribu tentara. Setelah sebulan pengepungan, garnisun Mesir kecil yang ada di sana menyerah. Mereka masuk Yerusalem pada tahun 1099 dan membantai banyak penduduk Arab begitu mereka memasuki kota itu, dengan perkiraan korban mencapai tujuh puluh ribu menurut banyak catatan sejarah.

وأعلن الصليبيون إقامة مملكة لاتينية في القدس ومدوا نفوذهم إلى عسقلان وبيسان ونابلس وعكا واستقروا في طبريا.

Para Salibis mengumumkan pendirian Kerajaan Latin di Yerusalem dan memperluas kekuasaan mereka ke Ascalon, Bet She’an, Nablus, Akko, dan menetap di Tiberias.

معركة حطين

Pertempuran Haththin

نجح نور الدين زنكي بعد قتال عنيف مع الحاميات الصليبية في استعادة بعض المدن والإمارات، واستكمل صلاح الدين الأيوبي تلك الانتصارت فكانت معركة حطين الشهيرة التي استرد بعدها بيت المقدس عام ١١٨٧.

Setelah pertempuran sengit dengan garnisun Salibis, Nuruddin Zanki berhasil merebut beberapa kota dan imarah. Kemudian, Shalahuddin melanjutkan kemenangan tersebut, yang mencapai puncaknya dalam Pertempuran Haththin yang terkenal pada tahun 1187, di mana ia merebut kembali Yerusalem.

Sejarah Palestina : Lokasi Perang Haththin
Sejarah Palestina : Lokasi Perang Haththin

معركة عين جالوت

Pertempuran Ain Jalut

في عهد الدولة المملوكية استطاع سيف الدين قطز والظاهر بيبرس صد الغزو المغولي الذي اجتاح أجزاء واسعة من العالم الإسلامي في معركة عين جالوت قرب الناصرة في عام ١٢٥٩ فكانت واحدة من أهم وأشهر المعارك الإسلامية.

Pada masa Kesultanan Mamluk, Saifuddin Quthuz dan Azh Zhahir Baybars berhasil menahan invasi Mongol yang menginvasi dunia Islam dalam wilayah yang sangat luas dalam Pertempuran Ain Jalut dekat Nazareth pada tahun 1259. Pertempuran ini menjadi salah satu pertempuran Islam yang paling penting dan terkenal.

Bersambung in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.