Empat Imam Madzhab Seluruhnya adalah Ahlus Sunnah



Empat Imam Madzhab Seluruhnya adalah Ahlus Sunnah

Artikel Empat Imam Madzhab Seluruhnya adalah Ahlus Sunnah Masuk dalam Kategori Fiqh

w

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فالأئمة الأربعة وأقرانهم من أهل العلم الموثوقين الذين شهدت الأمة لهم بالعدالة والديانة والرسوخ في العلم كلهم من أهل السنة والجماعة،

Para imam empat mazhab (Abu Hanifah, Malik, Syafi’i, dan Hanbali) dan para ulama terpercaya lainnya yang telah diakui oleh umat Islam atas keadilan, ketaatan, dan keilmuan mereka, semuanya termasuk golongan Ahlus Sunnah wal Jamaah.

وهم من الطائفة المنصورة التي أخبر النبي صلى الله عليه وسلم أنهم لا يزالون قائمين بأمر الله حتى تأتيهم الساعة وهم كذلك،

Mereka termasuk golongan “thai-fah manshurah” yang mendapat kemenangan, sebagaimana dikabarkan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam bahwa mereka akan senantiasa teguh di atas jalan Allah hingga datangnya Hari Kiamat.

وليس ذلك بحاجة إلى مزيد تقرير ففضائلهم ومناقبهم ومساعيهم المشكورة وآثارهم المبرورة في الإسلام أعظم شاهد لهم بذلك، وقد كانوا متفقين في أصول الدين موافقين فيها للسلف الصالح من الصحابة والتابعين.

Hal tersebut tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut karena keutamaan mereka, jasa-jasa mereka, usaha mereka yang terpuji, dan jejak-jejak mereka yang terpandang dalam Islam menjadi bukti yang paling jelas bagi mereka. Mereka telah sepakat dalam prinsip-prinsip agama yang sesuai dengan Salafus Shalih, yaitu para Sahabat dan Tabi’in.

وأما اختلافهم فإنما كان في بعض الفروع التي ليس فيها نص قاطع، فاختلفت اجتهاداتهم بناء على اختلاف النصوص، 

Adapun perbedaan di antara mereka hanyalah dalam beberapa cabang fiqih yang tidak memiliki nash qath’i (yang tegas). Ijtihad mereka berbeda-beda berdasarkan perbedaan nash.

فيثبت عند الواحد منهم ما لا يثبت عند الآخر، أو يثبت عند الواحد منهم نص فيحمله على معنى غير الذي حمله عليه الآخر إلى غير ذلك من أسباب الخلاف المعروفة، غير أن المقطوع به أن أحدا منهم لا يتعمد مخالفة النص الصريح بعد ثبوته عنده ووضوح معناه له، 

Satu ulama mungkin menetapkan sesuatu yang tidak ditetapkan oleh ulama lain, atau satu ulama mungkin menetapkan teks dengan pemahaman yang berbeda dari ulama lain, dan lain sebagainya. Namun, dipastikan bahwa tidak ada satupun di antara mereka yang dengan sengaja menyalahi dalil yang jelas setelah dalil tersebut terbukti dan maknanya jelas baginya.

فقد كانوا متحرين للحق باذلين في تطلبه جهدهم، فالمصيب منهم في المسألة المختلف فيها له أجران والمخطئ له أجر، 

Mereka semua selalu mencari kebenaran dan berusaha keras untuk mencapainya. Oleh karena itu, ulama yang benar dalam suatu masalah yang diperdebatkan mendapatkan dua pahala, sedangkan yang keliru mendapatkan satu pahala.

والعامي له سعة في أن يقلد من شاء منهم، فيأخذ بفتواه ويتبع قوله من غير تعصب ولا غلو، فإذا قلدت واحدا من هؤلاء الأئمة والتزمت بمذهبه لم يكن عليك حرج في ذلك، ولا تخرج بذلك عن أن تكون من أهل السنة والجماعة ومن الطائفة المنصورة إلى قيام الساعة، ما دمت موافقا للسلف الصالح من الصحابة والتابعين فيما اتفقوا عليه من أصول العقائد.

Orang awam dibolehkan mengikuti salah satu dari mereka, mengikuti fatwa dan pendapatnya tanpa fanatisme atau berlebihan. Jika Anda mengikuti salah satu imam mazhab ini dan berpegang teguh pada mazhabnya, tidak ada salahnya dengan hal itu. Anda tidak akan keluar dari golongan Ahlus Sunnah wal Jamaah dan golongan yang mendapat kemenangan hingga Hari Kiamat, selama Anda mengikuti para pendahulu yang shalih dari kalangan sahabat dan tabi’in dalam hal-hal yang mereka sepakati dalam prinsip-prinsip aqidah.

يقول شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله في بيان طريقة أهل السنة ومنهجهم: وطريقتهم هي دين الإسلام، الذي بعث الله به محمدًا صلى الله عليه وسلم،

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata saat menjelaskan metode dan madzhab Ahlus Sunnah: “Metode mereka adalah Dinul Islam, yang diutus Allah Ta’ala dengannya Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam.

لكن لما أخبر النبي صلى الله عليه وسلم أن أمته ستفترق على ثلاث وسبعين فرقة، كلها في النار إلا واحدة وهي الجماعة، وفي حديث عنه صلى الله عليه وسلم أنه قال : “

Ketika Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam mengabarkan bahwa umatnya akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga firqah, semuanya di neraka kecuali satu yaitu jamaah, dalam sebuah hadits beliau shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

هم من كان على مثل ما أنا عليه اليوم وأصحابي

Mereka adalah orang-orang yang berada di atas apa yang aku dan sahabatku berada di atasnya hari ini

صار المتمسكون بالإسلام المحض الخالص عن الشوب هم أهل السنة والجماعة،

Maka orang-orang yang berpegang teguh pada Islam murni tanpa campuran bid’ah adalah Ahlus Sunnah wal Jamaah.

وفيهم الصديقون والشهداء والصالحون، ومنهم أعلام الهدى ومصابيح الدجى، أولو المناقب المأثورة، والفضائل المذكورة، وفيهم الأبدال الأئمة الذين أجمع المسلمون على هدايتهم ودرايتهم . 

Di antara mereka terdapat para sahabat, para syuhada, dan orang-orang shalih, dan di antara mereka terdapat para pembawa cahaya petunjuk dan pelita kegelapan, yang memiliki keutamaan yang terkenal dan kebajikan yang terpuji. Di antara mereka terdapat para pemuka agama dan para imam yang disepakati oleh umat Islam atas keutamaan dan pengetahuannya.

وهم الطائفة المنصورة، الذين قال فيهم النبي صلى الله عليه وسلم :

Mereka adalah ath Thaa-ifah al Manshurah (golongan yang mendapat kemenangan), Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda tentang mereka :

” لا تزال طائفة من أمتي على الحق ظاهرين، لا يضرهم من خذلهم ولا من خالفهم حتى تقوم الساعة ” .

‘Akan selalu ada sekelompok umatku yang teguh di atas kebenaran, dan tidak akan membahayakan mereka orang-orang yang menipu mereka atau orang-orang yang menentang mereka hingga Hari Kiamat datang’.”

— Selesai kutipan penjelasan dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah —

فنسأل الله العظيم أن يجعلنا منهم، وألا يزيغ قلوبنا بعد إذ هدانا، ويهب لنا من لدنه رحمة، إنه هو الوهاب 

Kita berdoa kepada Allah Yang Maha Agung agar menjadikan kita termasuk di antara mereka, dan tidak memalingkan hati kita setelah Dia memberi petunjuk kepada kita, dan memberikan rahmat kepada kita dari sisi-Nya. Sungguh Dia-lah Yang Maha Pemberi.

. والله أعلم .



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.