Shadaqah Jumat dan Keutamaannya



Shadaqah Jumat dan Keutamaannya

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Shadaqah Jumat dan Keutamaannya ini kami masukkan ke Kategori Fiqh

w

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فالصدقة في ليلة الجمعة ويومها يكون ثوابها أعظم نظرا لفضيلة ذلك الزمان.

Sedekah pada malam Jumat dan pada hari itu pahalanya lebih besar karena keutamaan waktu tersebut.

قال ابن القيم في زاد المعاد متحدثا عن خصائص يوم الجمعة :

Ibnu Qayyim menyatakan dalam kitabnya “Zaad al Ma’aad” saat membicarakan keistimewaan hari Jumat :

الخامسة والعشرون: أن للصدقة فيه مزية عليها في سائر الأيام، والصدقة فيه بالنسبة إلى سائر أيام الأسبوع ، كالصدقة في شهر رمضان بالنسبة إلى سائر الشهور.

Keistimewaan kedua puluh lima: Bahwa sedekah pada hari Jumat memiliki keunggulan yang tidak ada pada hari-hari lainnya, dan sedekah pada hari Jumat dibandingkan dengan hari-hari lain dalam seminggu seperti sedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

وشاهدت شيخ الإسلام ابن تيمية قدس الله روحه، إذا خرج إلى الجمعة يأخذ ما وجد في البيت من خبز أو غيره، فيتصدق به في طريقه سرا، وسمعته يقول: إذا كان الله قد أمرنا بالصدقة بين يدي مناجاة رسول الله صلى الله عليه وسلم، فالصدقة بين يدي مناجاته تعالى أفضل وأولى بالفضيلة. انتهى

Saya pernah melihat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah (semoga Allah merahmatinya) ketika beliau keluar untuk shalat Jumat, beliau mengambil apa pun yang ada di rumahnya seperti roti atau yang lainnya, lalu bersedekah dengan itu di jalan secara sembunyi-sembunyi. Saya juga mendengarnya berkata: “Jika Allah memerintahkan kita untuk bersedekah sebelum kita meminta pertolongan kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam, maka sedekah sebelum kita meminta pertolongan kepada-Nya lebih utama dan lebih mulia secara keutamaan.”

— Selesai Kutipan dari Kitab Zaadul Ma’ad —

وفي تحفة الحبيب على شرح الخطيب وهو شافعي متحدثا عن الجمعة :

Dalam kitab “Tuhfat al Habib fi Syarh al Khatib” bahwa Imam Syafi’i saat menjelaskan tentang hari Jum’at mengatakan :

ويسن كثرة الصدقة وفعل الخير في يومها وليلتها، ويكثر من الصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم في يومها وليلتها لخبر: 

Disunnahkan untuk banyak bersedekah dan berbuat kebaikan pada hari Jumat dan malamnya, serta banyak melantunkan shalawat kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam pada hari Jumat dan malamnya berdasarkan hadits :

إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة، فأكثروا علي من الصلاة فيه، فإن صلاتكم معروضة علي. انتهى.

“Sesungguhnya salah satu hari terbaik kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah shalawat untukku di dalamnya, karena sesungguhnya shalawat kalian akan diperlihatkan kepadaku.”

— Selesai kutipan dari Kitab Tuhfatul Habib —

وفي فتح العلي المالك للشيخ محمد عليش المالكي :

Disebutkan dalam kitab “Fath al-‘Ali al-Malik” oleh Syaikh Muhammad ‘Aliyasy al Maliki:

(ما قولكم) في رجل يصنع ذكرا في ليلة الجمعة أو ليلة الاثنين أو نحوهما من الليالي الفاضلة، ويدعو أهل الذكر فهل إذا توجه غيرهم معهم في تلك الليلة بلا دعوة، وأكل مما يجعل لهم فيها كالعك يحرم عليه أفيدوا الجواب ؟ 

Apa pendapat kalian tentang seseorang yang menyelenggarakan majelis dzikir pada malam Jumat atau malam Senin, atau malam-malam mulia lainnya, dan mengundang orang-orang untuk berzikir, apakah jika ada orang lain yang bergabung dengan mereka pada malam itu tanpa diundang, dan ia makan dari apa yang disediakan untuk mereka seperti hidangan, apakah itu diharamkan baginya ? Berilah jawaban !

فأجبت بما نصه: الحمد لله، والصلاة، والسلام على سيدنا محمد رسول الله: الطعام المجعول للفقراء الذاكرين خارج مخرج الصدقة على غير معين بحيث يقصد به مخرجه كل حاضر، فيجوز لكل من يحضر معهم تناوله، والله أعلم. انتهى

Saya menjawab dengan ucapan berikut: “Segala puji bagi Allah, semoga shalawat dan salam tercurah kepada junjungan kita Muhammad, utusan Allah. Makanan yang disediakan untuk orang miskin yang berdzikir yang dikeluarkan dalam bentuk shadaqah yang (peruntukannya) tidak ditentukan dengan maksud diperuntukkan untuk semua yang hadir, maka dibolehkan siapa saja yang hadir untuk menyantapnya. Wallahu ‘A’lam.

— Selesai kutipan dari Kitab Fathul ‘Ali —

فتخصيص ليلة الجمعة بإطعام بعض الناس لا بأس به؛ بل هو طاعة يثاب عليها فاعلها.

Mengkhususkan malam Jumat untuk memberi makan kepada sebagian orang tidak mengapa; bahkan itu adalah ketaatan yang akan mendapat pahala bagi pelakunya.

وكون من يطعمهم من الأغنياء لا حرج فيه لأن صدقة التطوع تباح للغني

Juga jika yang memberi makan dari kalangan orang-orang kaya, maka tidak ada masalah pula dalam hal itu karena sedekah tathawwu’ (sunnah/sukarela)  diperbolehkan bagi orang kaya,

والله أعلم.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.