الإعلال في علم الصرف: تعريفه، وأنواعه
I’lal dalam Ilmu Sharf : Ta’rif dan Jenisnya (1) : I’lal dengan Qolb
Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
w
لكل صوت في اللغة العربية صفات خاصة، فقد يكون مجهورًا أو مهموسًا، مفخمًا أو رقيقًا أوغير ذلك، وتتأثر الأصوات ببعضها البعض عندما تتجاور في الكلام، ومن أهم التغييرات التي تطرأ على الأصوات العربية ما يسمى بالإعلال،
Untuk semua suara dalam Bahasa Arab ada sifat tersendiri, ada sifat Jahr dan Hams, sifat tebal dan tipis dan yang selainnya. Suara juga saling mempengaruhi satu sama lain ketika berdekatan dalam kalam. Salah satu perubahan yang paling penting yang terjadi dalam bunyi bahasa arab adalah apa yang dinamakan dengan I’lal.
والمقصود بالإعلال بأنه التغير في حرف العلة بقلبه أو إسكانه أو حذفه للتخفيف،
Yang dimaksud dengan I’lal adalah perubahan huruf ilat dengan merubahnya (qalb) atau mensukunkannya (iskan) atau membuangnya (hadzf) untuk memperingan.
ولتوضيح مواطن الإعلال نردّ الكلمة إلى أصلها وذلك من خلال المضارع أو المصدر، وسنذكر في هذا المقال أنواع الإعلال بالتفصيل.
Untuk memperjelas asal I’lal, kita akan mengembalikan kata ke bentuk aslinya dalam format Mudhari’ atau Masdhar. Berikut ini pembahasan jenis-jenis Ilal :
أنواع الإعلال
يقسم الإعلال إلى ثلاثة أقسام هي الإعلال بالقلب، الإعلال بالحذف، والإعلال بالتسكين.
Jenis I’lal
I’lal terbagi menjadi tiga jenis : I’lal dengan Qalb (membalikkan/mengganti), I’lal dengan Hadzf (membuang(, dan I’lal dengan Taskin (mensukunkan)
الإعلال بالقلب
هو أن نقلب حرف العلة إلى حرف علة آخر أو إلى همزة، وفيما يلي توضيح لحالات الإعلال بالقلب
I’lal dengan Qalb (mengganti)
Yakni mengganti huruf ilat dengan huruf illat yang lain, atau menggantinya dengan hamzah. Dibahwah ini penjelasan terkait I’lal dengan Qolb
ملاحظات
Catatan |
الكلمة وأصلها
Kata Asli |
الحالة الأولى Kondisi Pertama |
قُلبت الواو و الياء ألفًا لأنها جاءت متحركة وسُبقت بفتحة. |
دعَا: أصلها دَعَوَ، بدليل المضارع يدعو، والمصدر دعوة. رمى: أصلها رَمَي، بدليل المضارع يرمي، والمصدر رمي. انثنى: الفعل الثلاثي هو ثني، أصلها انثني، بدليل المضارع ينثني. |
قلب الياء والواو ألفًا |
Al wawu, Al Ya diganti dengan alif karena berharokat serta didahului oleh fathah |
دعَا : aslinya adalah دَعَوَ sebagaimana ditunjukkan dalam bentuk fi’il mudhari :يدعو dan bentuk mashdarnya دعوة
رمى: aslinya adalah رَمَي, dengan dasar bahwa bentuk mudharinya adalah يرمي dan bentuk mashdarnya adalah رمي انثنى : fi’il tsulatsiy-nya adalah ثني, aslinya adalah انثني, dengan dasar bahwa bentuk mudharinya adalah ينثن |
Mengganti Huruf Ya’, Waw dengan Alif |
Tabel Kondisi Kedua :
ملاحظات Catatan |
الكلمة و أصلها
Kata Asli |
الحالة الثانية: تُقلب الواو والياء همزة في حالات أهمها Kondisi Kedua : Mengganti Al Wawu dan Ya dengan Hamzah dalam kondisi sebagai berikut |
قُلبت الواو في (داوم) والياء في (فايض) همزة لأن الواو والياء وقعت عينًا لإسم الفاعل الثلاثي الأجوف.المقصود ب(عينًا) أي أنها مكان حرف العين في كلمة فاعل. | دائم: على وزن فاعل، وأصلها من داوم من الفعل (دام – دوم) بدليل المضارع يدوم. فائض: على وزن فاعل، وأصله فايض من الفعل (فاض – فيض) بدليل المضارع يفيض. |
إذا وقعت إحداهما (الواو أوالياء) في اسم الفاعل للفعل الثلاثي معتل الوسط بالألف مثـل: (دام – دائم)، (فاض – فائض). |
Al Wawu pada داوم dan Al Yaa-u pada فايض diganti dengan hamzah dikarenakan huruf wawu dan ya ada di tengah (posisi ‘ain) untuk ismul faa’il tsulatsiy
|
دائم : dari wazan فاعل, aslinya adalah داوم dari fi’il دام – دوم dengan dasar fi’il mudharinya adalah دوم
فائض : dari wazan فاعل, aslinya adalah فايض dari fi’il فاض – فيض, dengan dasar fi’il mudharinya adalah يفيض. |
Jika ada salah satu dari Huruf Al Wawu dan Al Yaa dalam ismul Faa’il bagi Fi’il Tsulatsiy yang mu’tal huruf tengahnya, misalnya : دام – دائم atau فاض – فائض |
قُلبت الواو في (سماو) والياء في (بناي) همزة، لأنها جاءت متطرفة بعد ألف زائدة، فأصبحت (سماو، سماء) و(بناي، بناء).
|
سماء: أصلها سماو، بدليل المضارع يسمو.
بناء: أصلها بناي، بدليل المضارع يبني |
إذا تطرفت إحداهما بعد ألف زائدة مثل (سماء، بناء). |
Huruf Al Wawu pada سماو dan huruf ya pada بناي diganti dengan hamzah, dikarenakan merupakan tambahan di ujung setelah alif zaidah | سماء ; Aslinya سماو dengan dasar bentuk mudharinya يسمو
بناء :Aslinya بناي dengan dasar bentuk mudharinya ينبي |
Jika terdapat tambahan setelah huruf alif zaidah, misalnya سماء، بناء |
Bersambung
Maaf kak, mau tanya.. tolong spill dong itu dri kitab apa?😁
Ensiklopedia Nahwu Sharaf disusun oleh : Reza Ervani bin Asmanu