Syarh ar Risalah at Tadmuriyyah (4) : Pengenalan Kitab (1)



Syarh ar Risalah at Tadmuriyyah (Bagian 4)

Oleh : Prof. DR. Muhammad Ibnu Abdir Rahman Al Khumais

Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Semua Syarh ar Risalah at Tadmuriyyah kami tempatkan dibawah kategori Syarh Tadmuriyah DR. Al Khumais

w

التعريف بالكتاب

Pengenalan Kitab

أـ اسم الكتاب:

A. Nama Kitab :

(التدمرية) تحقيق الإثبات للأسماء والصفات، وحقيقة الجمع بين القدر والشرع.

(Risalah Tadmuriyyah) dengan judul lengkap: “Tahqiq Al Itsbat lil Asma’ wa Ash Shifat wa Haqiqah Al Jam’i bayna Al Qadr wa Asy Syar’” (Pembuktian Penetapan Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah serta Hakikat Penggabungan antara Takdir dan Syariat).

والتدمري نسبة إلى بلد السائل وهي (تدمر) مدينة بالشام، ومن المعروف أن الشيخ لم يؤلف هذا الكتاب ابتداء بل كان عبارة عن إجابة لسؤال ورد عليه من طلاب العلم من مدينة تدمر.

Nama Tadmuriyyah merujuk kepada kota asal penanya, yaitu Tadmur, sebuah kota di wilayah Syam. Diketahui bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah tidak menulis kitab ini secara mandiri, melainkan kitab ini merupakan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh para penuntut ilmu dari kota Tadmur.

وبذلك سمي هذا الكتاب نسبة إلى بلد السائل كبعض رسائل شيخ الإسلام الأخرى التي لم يؤلفها شيخ الإسلام ابتداءً، وإنما السؤال ورد عليه، كـ (الواسطية) ، نسبة إلى (واسط) ، و (الحموية) نسبة إلى بلد السائل (حماة) .

Nama kitab ini diambil dari asal tempat penanya, sebagaimana beberapa risalah lain karya Syaikhul Islam yang dinamai berdasarkan nama kota penanya, seperti :

  • Al-Wasithiyyah, merujuk pada kota Wasith.
  • Al-Hamawiyyah, merujuk pada kota Hamaah.

ب ـ موضوع الكتاب:

B. Tema Kitab :

موضوع الكتاب يُفهم من اسمه (تحقيق الإثبات للأسماء والصفات حقيقة الجمع بين القدر والشرع) .

Tema kitab ini dapat dipahami dari judulnya, yaitu: “Pembuktian Penetapan Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah serta Hakikat Penggabungan antara Takdir dan Syariat.”

فالمراد بالتوحيد هو توحيد الربوبية.

Yang dimaksud dengan Tauhid disini adalah Tauhid Rububiyah

وبالصفات: توحيد الأسماء والصفات.

Yang dimaksud dengan Shifat adalah : Tauhid Asma wa as Shifat

وبالشرع: توحيد الألوهية، أي التوحيد الاعتقادي والعملي، فقد اشتمل موضوع الرسالة التدمرية على التوحيد الاعتقادي والعملي.

Yang dimaksud dengan syar’i : Tauhid Uluhiyah, yakni tauhid I’tiqadiy (Keyakinan) dan ‘Amaliy (Amal), sehingga bahasan ar Risalah at Tadmuriyah mencakup Tauhid I’tiqadiy dan Amaliy

قال شيخ الإسلام ابن تيمية :

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata:

“أما بعد؛ فقد سألني من تعينت إجابتهم أن أكتب لهم مضمون ما سمعوه مني في بعض المجالس من الكلام في التوحيد والصفات والشرع والقدر”، 

“Adapun setelahnya, telah ada permintaan dari mereka yang wajib bagiku untuk menjawab, agar aku menuliskan bagi mereka intisari dari apa yang mereka dengar dariku dalam beberapa majelis terkait pembahasan tentang tauhid, sifat-sifat Allah, syariat, dan takdir.”

وسيأتي تفصيل موضوع الكتاب في ثنايا الشرح.

Penjelasan lebih rinci tentang tema kitab ini akan dibahas dalam detail penjelasan (syarah) berikutnya.

ج ـ أهمية الكتاب:

C. Pentingnya Kitab :

الرسالة التدمرية من الكتب السلفية المهمة التي تبين عقيدة أهل السنة والجماعة في التوحيد الاعتقادي والتوحيد العملي.

Risalah Tadmuriyyah adalah salah satu kitab penting dalam manhaj salaf yang menjelaskan akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, baik dalam tauhid akidah maupun tauhid amaliah.

وترجع أهمية الكتاب للأمور التالية:

Pentingnya kitab ini dapat dilihat dari beberapa hal berikut :

١ ـ أهمية المواضيع التي بحثها المؤلف في ثنايا الكتاب، وعاج فيها الإشكالات والتساؤلات التي يثيرها من ليس على منهج السلف، وخاصة في باب الأسماء والصفات فيورد الإشكالات المحتملة، ويتناول الإشكال بالتحليل ويبين حقيقته ومعناه، ويستعرض آراء الفرق في الموضوع ويرد كل رأي إلى أصحابه، ويبيّن خطأهم من صوابه بالقرآن والسنة النبوية المطهرة ومن فهم الصحابة ـ رضوان الله عليهم ـ فأظهر ما في المذاهب المبتدعة في باب الأسماء والصفات من عوار واضطراب في العقيدة، وأصول الاستدلال.

1. Pembahasan yang dilakukan oleh penulis di dalam kitab ini, yang menjawab berbagai persoalan dan pertanyaan yang diajukan oleh mereka yang tidak mengikuti metodologi salaf, terutama dalam bab nama-nama dan sifat-sifat Allah. Di sini, beliau menyajikan kemungkinan-kemungkinan keraguan, kemudian menganalisis dan menjelaskan kebenarannya, serta memaparkan pandangan berbagai golongan dalam masalah ini. Setiap pendapat dikembalikan kepada pengikutnya dan kesalahan mereka dibuktikan dengan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi yang sahih serta pemahaman para sahabat Rasulullah ﷺ. Dengan demikian, kitab ini menunjukkan kelemahan dan kesalahan dalam pemahaman kelompok-kelompok yang sesat dalam bab nama-nama dan sifat-sifat Allah, serta ketidaksesuaian mereka dengan pokok-pokok dalil yang benar.

٢ ـ ما غلب على الناس من انتحال البدع الاعتقادية من بينها: نفي الصفات عن الله والخلط بين التوحيد الاعتقادي والعملي، وبين مقام الإحسان الشرعي ومقام الفناء الصوفي،

2. Adanya begitu banyak bid’ah dalam keyakinan, seperti penolakan terhadap sifat-sifat Allah dan kebingungan antara tauhid keyakinan (akidah) dan tauhid amal (ibadah), serta kebingungannya dalam memahami tingkatan-tingkatan dalam ibadah seperti maqam al ihsan syar’i dan maqam al fana’ sufi.

فهذا الكتاب المهم فيه ردود مفحمة على نفاة الصفات مفوضين كانوا أو مأولين، وفيه رد على المنحرفين من أهل التصوف والسلوك، وفي هذا بلاغ وبيان لمن أراد سبيل الرشد وآثر الحق وتجرد عن الهوى والتعصب.

Kitab ini memberikan bantahan yang sangat jelas terhadap mereka yang menolak sifat-sifat Allah, baik mereka yang termasuk dalam golongan tafwidh maupun ta’wil. Selain itu, kitab ini juga memberikan jawaban terhadap kelompok-kelompok yang sesat dari kalangan sufi dalam hal keyakinan dan perilaku mereka. Buku ini sangat jelas bagi siapa saja yang mencari jalan yang benar dan lebih memilih kebenaran daripada hawa nafsu dan fanatisme.

٣ ـ أقام الأدلة في هذا الكتاب على إبطال أصول المتكلمين، كالتأويل الكلامي والخلط بين توحيد الألوهية وتوحيد الربوبية، وتفسير الإله بمعنى القادر على الاختراع، وحقية التوحيد عند المتكلمين وأهل التصوف وما يترتب على ذلك من أنواع الضلالات.

3. Penegasan dalil-dalil yang membatalkan pokok-pokok ajaran para ahli kalam, seperti penafsiran filsafati yang salah, mencampur adukkan antara tauhid uluhiyyah dengan tauhid rububiyyah, serta pemahaman yang salah mengenai Allah sebagai pencipta yang hanya dipahami sebagai “kuasa menciptakan.” Kitab ini juga membahas kebenaran tauhid menurut para ahli kalam dan tasawuf serta akibat-akibat kesesatan yang muncul dari pandangan tersebut.

٤ ـ قلة الكتب السلفية ـ فيما أعلم ـ التي تظهر البناء العقلي لمذهب السلف على وجه من الدقة في المبنى والمعنى، فبيّن شيخ الإسلام في هذا الكتاب الاستعمالات الصحيحة والمجالات الممكنة للعقل، من خلال تلك المناظرات بين السني والمعطل كما في الأصل الأول والأصل الثاني.

4. Kurangnya Buku Salafiyah – sejauh yang saya ketahui – yang menampilkan struktur pemikiran madzhab Salaf dengan ketepatan dalam bentuk dan makna, sehingga dalam buku ini, Syaikhul Islam telah menjelaskan penggunaan yang benar dan lingkup kemungkinan bagi akal, melalui debat-debat tersebut antara Ahlus Sunnah dan para penganut ta’thil, seperti dalam pokok pertama dan pokok kedua.

Bersambung ke bagian berikutnya in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.