[الباب الخامس: في الوضوء، وفيه مسائل]
Bab Kelima : Dalam Hal Wudhu
padanya ada beberapa pembahasan
[المسألة الثالثة: في شروطه]
Pembahasan Ketiga : Terkait Syarat Sahnya
ويشترط لصحة الوضوء ما يأتي:
Disyaratkan untuk sahnya wudhu hal-hal sebagai berikut :
أ) الإسلام، والعقل، والتمييز، فلا يصح من الكافر، ولا المجنون، ولا يكون معتبراً من الصغير الذي دون سن التمييز.
a. Islam, Berakal, Tamyiz. Maka tidak sah wudhu orang kafir, orang gila, serta anak-anak kecil yang belum mencapai tamyiz
ب) النية: لحديث:
b. Niat : berdasarkan hadits :
(إنما الأعمال بالنيات).
“Sesungguhnya amal bergantung niatnya 1
ولا يشرع التلفظ بها؛ لعدم ثبوته عن النبي – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -.
Akan tetapi tidak disyaratkan untuk melafazhkannya, karena tidak adanya ketetapan dari Nabi shalallahu alaihi wa salam.
ج) الماء الطهور: لما تقدم في المياه، أما الماء النجس فلا يصح الوضوء به.
c. Air yang mensucikan, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya dalam perkara air, adapun air najis maka tidak sah berwudhu dengannya.
د) إزالة ما يمنع وصول الماء إلى البشرة، من شمع أو عجين ونحوهما: كطلاء الأظافر الذي يعرف بين النساء اليوم.
d. Menghilangkan apa-apa yang menghalangi tercapainya air ke kulit, berupa lilin, adonan atau yang sejenisnya, seperti cat kuku, yang banyak dikenal oleh kaum wanita di masa kini.
هـ) الاستجمار أو الاستنجاء عند وجود سببهما لما تقدم.
e. Istijmaar atau Istinja’ jika ada sebabnya, sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya
و) الموالاة.
f. Al Muwalah : berkesinambungan, tidak terjeda
ز) الترتيب. وسيأتي الكلام عليهما بعد قليل.
g. At Tartib : Berurutan, penjelasannya akan dibahas kemudian
ح) غسل جميع الأعضاء الواجب غسلها.
h. Mencuci/membasuh seluruh bagian yang wajib dibasuh
Allahu Ta’ala ‘A’lam
Leave a Reply