Belajar Politik dan Mengambil Spesialisasinya, Seberapa Perlu ?



Belajar Politik dan Mengambil Spesialisasinya, Seberapa Perlu ?

Alih Bahasa dan Kompilasi : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel “Belajar Politik dan Mengambil Spesialisasinya, Seberapa Perlu ?” masuk dalam Kategori Tsaqafah Islamiyah

السؤال

Pertanyaan :

هل تعلم السياسة جائز أو متابعتها أو التخصص فيها لأن العالم الاسلامي أشعر بأنه بحاجة إلى سياسيين إسلاميين؟ لكن السلفيين يقولون بأنها محرمة فما هو القول الفصل؟

Apakah mempelajari politik atau mengikutinya, atau mendalami bidang tersebut diperbolehkan ? Karena saya merasa dunia Islam membutuhkan politisi Muslim. Namun, kaum Salafi mengatakan bahwa hal itu haram. Jadi, apa pendapat yang benar ?

الإجابــة

Jawaban

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فإن تعلم ما فيه نفع للمسلمين ومتابعته ومعرفة أخباره مباح لا حرج فيه شرعا إن لم يترتب على الاشتغال به محظور شرعي، بل قد يكون واجبا كفائيا.

Mempelajari sesuatu yang bermanfaat bagi umat Islam, mengikuti perkembangannya, dan mengetahui beritanya adalah diperbolehkan dan tidak dilarang dalam syariat, selama tidak mengarah pada hal yang dilarang secara syar’i. Bahkan, hal ini bisa menjadi fardhu kifayah.

فالسياسة التي يعنى بها القيام على الشيء بما يصلحه تعتبر من الأمور المهمة، فقد قام الأنبياء بإصلاح أممهم في أمورهم الدينية والدنيوية، وكذا الخلفاء الراشدون، ويدل لذلك ما في الحديث:

Politik, dalam makna pengelolaan sesuatu untuk mencapai kebaikan, dianggap sebagai hal yang penting. Sebagamana Para Nabi alaihimus salam memperbaiki umatnya dalam urusan agama dan dunia mereka, begitu juga para Khalifah ar Rasyidun. Hal ini diisyaratkan dalam hadits :

كانت بنو اسرائيل تسوسهم الأنبياء. رواه البخاري ومسلم.

“Dahulu Kaum Bani Israil diatur oleh para nabi mereka.” (Hadits Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim).

قال ابن حجر: فيه إشارة إلى أنه لا بد للرعية من قائم بأمورها يجمعها على الطريقة الحسنة، وينصف المظلوم من الظالم. انتهى.

Ibnu Hajar mengatakan : “Ini mengisyaratkan bahwa rakyat harus memiliki pemimpin yang mengurus kebutuhan rakyat, menyatukan rakyat dalam cara yang baik, dan menegakkan keadilan bagi yang tertindas oleh mereka yang menzhalimi.”

— Selesai semua kutipan —

وقد ألف أهل العلم فيها قديما، سنبحث في مقالات الآخر إن شاء الله

Para ulama telah menyusun kitab tentang hal ini sejak zaman dahulu. Kita akan membahas hal tersebut dalam artikel-artikel lain in sya Allah.

Sumber Utama : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.