Mandi Wajib dengan Meratakan Air Tanpa Menggosok



Mandi Wajib dengan Meratakan Air Tanpa Menggosok

يكفي في الغسل جريان الماء على الأعضاء بدون دلك مع غلبة الظن في الإسباغ

Cukup dalam mandi wajib air mengalir pada anggota tubuh tanpa harus menggosok dengan kuat, asalkan didominasi keyakinan bahwa air telah merata.

Artikel tentang Mandi Wajib ini Bagian dari Kategori Tanya Jawab KeIslaman

السؤال

Pertanyaan

مشكلتي أنني عند الاغتسال من الجنابة أعاني معاناة شديدة جدا، وهي أنني أقوم بدلك الذكر والخصيتين وما بين الفخذين ومنطقة العانة وتأخذ مني هذه العملية وقتا كثيرا وكمية من الماء كثيرة، وبعدها أستنجي، ثم أتوضأ، ثم أقوم بفرك رأسي بأظافري كثيرا وليس براحة يدي أو براحة أصابعي ثم أقوم بدلك أسفل البطن والفخذين من الداخل وبعدها أقوم بدلك الجسد كاملا وأهدر كمية كبيرة من الماء والوقت، 

Masalah saya saat mandi wajib (mandi junub) adalah saya mengalami kesulitan yang sangat besar. Saya menggosok-gosok alat kelamin, testis, daerah antara kedua paha, dan area kemaluan, yang memakan waktu lama serta banyak air. Setelah itu, saya beristinja, kemudian berwudhu, lalu menggosok kepala saya dengan kuku-kuku saya, bukan dengan telapak tangan atau jari-jari. Selanjutnya, saya menggosok perut bagian bawah, paha bagian dalam, kemudian seluruh tubuh, sehingga menghabiskan banyak air dan waktu.

وأصبح الاغتسال هما كبيرا مع أنني قرأت حديث أم المؤمنين ـ رضي الله عنها وأرضاها ـ في صفة غسل النبي صلى الله عليه وسلم ولكن هذه الوساوس تخيفني وتقلقني حيث أخاف أن يكون اغتسالي ناقصا، سامحني على الإطالة يا شيخي الفاضل، فليس لي بعد الله إلا أنت…. أرجو من فضيلتكم توضيح الاغتسال وبالذات كيفية غسل الرأس وهل هي بفركه بالأظافر أم براحة الأصابع واليد؟.

Mandi menjadi beban yang sangat berat bagi saya, meskipun saya telah membaca hadits dari Ummul Mukminin radhiyallahu ‘anha tentang cara mandi Nabi ﷺ. Namun, waswas ini membuat saya takut dan khawatir jika mandi saya tidak sah. Maaf atas panjangnya penjelasan ini, wahai Syekh yang mulia, karena saya tidak memiliki tempat bertanya setelah Allah kecuali kepada Anda. Saya mohon penjelasan tentang mandi wajib, khususnya cara mencuci kepala, apakah harus digosok dengan kuku atau cukup dengan jari atau telapak tangan?

الإجابــة

Jawaban

الحمد لله والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

فما تعانيه في الوضوء من المشقة وهل يفرك الرأس بالأصابع… إلخ, فجوابه أن الدلك في غسل الجنابة مستحب في قول جمهور أهل العلم وليس بواجب، وقد قال النبي صلى الله عليه وسلم لأم سلمة: 

Apa yang Anda alami dalam berwudhu dan mandi wajib, termasuk pertanyaan tentang menggosok kepala dengan jari-jari dan sebagainya, jawabannya adalah: Menggosok (dalk) dalam mandi wajib menurut mayoritas ulama adalah sunnah, bukan wajib. Nabi ﷺ pernah bersabda kepada Ummu Salamah :

إنما يكفيك أن تحثي على رأسك ثلاث حثيات، ثم تفيضين الماء على سائر بدنك. أخرجه مسلم.

“Cukup bagimu menciduk air sebanyak tiga kali di atas kepalamu, kemudian siramkan air ke seluruh tubuhmu.” (Hadits Riwayat Imam Muslim).

فلم يأمرها بالدلك بالأصابع ولا براحة اليد ولا بغير ذلك, قال النووي في شرح صحيح مسلم: واتفق الجمهور على أنه يكفي في غسل الأعضاء في الوضوء والغسل جريان الماء على الأعضاء ولا يشترط الدلك، وانفرد مالك والمزني باشتراطه. اهـ.

Beliau tidak memerintahkannya untuk menggosok kepala dengan jari, telapak tangan, atau lainnya. Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim mengatakan: “Mayoritas ulama sepakat bahwa cukup dalam mencuci anggota tubuh dalam wudhu dan mandi dengan mengalirkan air tanpa harus menggosok. Imam Malik dan al-Muzani berbeda pendapat dengan mensyaratkan adanya gosokan.” (selesai).

فإذا كان هذا القول هو قول الجمهور وهو الأقوى في الدليل فينبغي لمن كان مثلك مصابا بالوسوسة أن يأخذ به حتى يدفع عن نفسه داء الوسوسة العضال, وأيضا لا يشترط اليقين لتعميم الماء على الجسم، بل تكفي غلبة الظن رفعا للحرج ودفعا للمشقة،

Karena pendapat mayoritas ini lebih kuat berdasarkan dalil, maka orang yang mengalami waswas seperti Anda sebaiknya mengikuti pendapat ini agar terhindar dari penyakit waswas yang kronis. Selain itu, tidak disyaratkan keyakinan penuh bahwa air telah merata ke seluruh tubuh. Cukup dengan Keyakinan yang Kuat (Ghalabatu az Zhann) bahwa air telah mengenai seluruh tubuh, untuk menghindari kesulitan dan menghilangkan beban.

ففي فتح المعين: ولا يجب تيقن عموم الماء جميع العضو، بل يكفي غلبة الظن به. اهـ.

Dalam Fathul Mu’in disebutkan: “Tidak wajib memastikan air mengenai seluruh anggota tubuh, cukup dengan keyakinan yang kuat (Ghalabatu az Zhann) bahwa air telah merata.” (selesai).

وفي حاشية إعانة الطالبين: قوله: ولا يجب تيقن إلخ ـ أي في الوضوء وفي الغسل، وقوله: عموم الماء ـ أي استيعابه جميع العضو، قوله: بل يكفي غلبة الظن به ـ أي بعموم الماء جميع العضو. اهـ.

Dan dalam Hasyiyah I’anah ath-Thalibin disebutkan: “Tidak wajib memastikan hal tersebut dalam wudhu dan mandi. Cukup dengan keyakinan yang kuat (Ghalabatu az Zhann) bahwa air telah merata.” (selesai).

وقال البهوتي في كشاف القناع: ويكفي الظن في الإسباغ ـ أي في وصول الماء إلى البشرة ـ لأن اعتبار اليقين حرج ومشقة. اهـ.

Imam al-Buhuti dalam Kasyaf al-Qina’ menyatakan: “Cukup dengan keyakinan dominan dalam penyebaran air, yaitu dalam mencapai kulit, karena memastikan hal ini adalah kesulitan dan beban.” (selesai).

فيكفيك عند الغسل أن تصب الماء على رأسك، فإذا ظننت أنه قد روي بالماء فاغسل سائر جسدك وعممه بالماء، ولا تلتفت إلى الوسوسة بأنك لم تغسل كذا أو لم تدلك كذا، وهذا خير علاج لك، نسأل الله لك ولجميع المبتلين العافية.

Maka cukup bagi Anda dalam mandi wajib untuk menyiramkan air ke kepala Anda. Jika Anda yakin bahwa air telah mencapai kulit kepala, lanjutkan dengan mencuci seluruh tubuh hingga air merata. Jangan pedulikan waswas bahwa Anda belum mencuci atau menggosok bagian tertentu. Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah Anda. Kami memohon kepada Allah agar memberikan kesembuhan kepada Anda dan semua orang yang diuji dengan penyakit serupa.

والله أعلم.

Sumber : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.