الأوزاعي فقيه أهل الشام
Imam al Awza’i, Faqih Syam (Bagian Pertama)
Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
Artikel Imam al Awza’i, Faqih Syam ini masuk dalam Kategori Tokoh
الإمام الأوزاعي رحمه الله تعالى من أئمة أتباع التابعين، إمام بيروت وأهل الشَّام.
Imam al-Awza’i رحمه الله adalah salah satu imam dari generasi penerus tabi’in, Imam dari Beirut dan penduduk Syam.
امتاز بفصاحة اللسان وبلاغة البيان ودقة الاستنباط والمثابرة في البحث عن العلم والعلماء والتلقي عنهم، جمع بين العلم والأدب، والعبادة والخشية، وعدم المداهنة للخلق، حديثه في الكتب الستة، وفي دواوين الإِسلام.
Beliau terkenal dengan kefasihan dalam berbicara, kelancaran dalam menjelaskan, ketelitian dalam menyimpulkan hukum, serta tekun dalam mencari ilmu dan belajar dari para ulama. Beliau menggabungkan ilmu dan adab, ibadah dan ketakwaan, serta tidak memuji manusia. Hadits-haditsnya tercatat dalam enam kitab hadits utama dan karya-karya Islam lainnya.
وقد عاصر الأوزاعي الإمامين أبا حنيفة ومالكا،
Imam al-Awza’i hidup pada masa yang sama dengan dua imam besar, Abu Hanifah dan Malik.
وكانت له مدرسة فقهية في الشام وله مسلكه الخاص في الاستنباط،
Beliau memiliki sekolah fiqh di Syam dan memiliki metode khusus dalam istinbath (penyimpulan hukum).
وقد ذاع مذهبه الفقهي في ديار الشام ودام العمل به زهاء قرنين وانتشر كذلك في شمال أفريقيا والأندلس قرابة نصف قرن، وتنوع علمه الغزير حيث تلقاه من مصادر متعددة شامية وعراقية وحجازية، وهذا ما أدى إلى تكوين شخصيته العلمية الفذة.
Madzhab fiqh al Awza’i sangat terkenal di wilayah Syam dan diterima secara luas selama hampir dua abad. Madzhab ini juga tersebar di Afrika Utara dan Andalusia selama hampir setengah abad. Ilmu al-Awza’i sangat luas dan beragam, yang diperolehnya dari berbagai sumber, baik dari Syam, Irak, maupun Hijaz. Semua ini berkontribusi pada pembentukan kepribadiannya yang luar biasa dalam ilmu pengetahuan.
يقول النووي عن الأوزاعي: (كان إمام أهل الشام في عصره بلا مدافعة ولا مخالفة).
Imam al-Nawawi berkata tentang al-Awza’i: “Beliau adalah imam penduduk Syam pada masanya, tanpa adanya perdebatan atau perbedaan pendapat.”
اسمه ولقبه
Nama dan Gelarnya
هو الإمام الكبير “عبد الرحمن بن عمرو بن يُحمد الأوزاعي ” المكني بـ “أبي عمرو”.
Beliau adalah imam besar “Abdurrahman bin Amr bin Yahmad al-Awza’i” yang dikenal dengan julukan “Abu Amr”.
أُطلق عليه اسم «الأوزاعي» نسبةً إلى «الأوزاع» وهي قبيلة يمنيَّة حميريَّة من بطن ذي الكلاع من قحطان. نزل أفرادٌ منها في دمشق قرب باب الفراديس، وقد أُطلق على المنطقة التي نزلوا فيها اسم قرية «الأوزاع»
.Nama “al Awza’i” diberikan berdasarkan suku “al Awza’a”, suku Yaman yang berasal dari Bani Dzul Kala’ dari Qahthan. Beberapa anggota suku ini menetap di daerah Damaskus, dekat dengan Bab al-Firadis, dan wilayah tempat mereka tinggal tersebut kemudian dikenal dengan nama desa “al Awza’a”.
نشأته
Kehidupan Masa Kecil
ولد ببعلبك بـ ” لبنان” سنة “88 هـ” ونشأ بها يتيمًا في حجر أمه، قال ابن كثير: نشأ الأوزاعي بالبقاع يتيمًا في حجر أمه، وكانت تنتقل به من بلد إلى بلد، وتأدب بنفسه، فلم يكن في أبناء الملوك والخلفاء والوزراء والتجاروغيرهم أعقل منه، ولا أورع ولا أعلم، ولا أفصح ولا أوقر ولا أحلم، ولا أكثر صمتًا منه.
Beliau lahir di Baalbek, Lebanon, pada tahun 88 H dan dibesarkan sebagai anak yatim dalam asuhan ibunya. Ibn Katsir menyebutkan bahwa al Awza’i tumbuh di daerah Bukaa dalam keadaan yatim, sering berpindah-pindah tempat, dan mendidik dirinya sendiri. Tidak ada anak dari kalangan raja, khalifah, menteri, atau pedagang yang lebih bijaksana, lebih taqwa, lebih berilmu, lebih fasih, lebih berwibawa, lebih sabar, dan lebih pendiam darinya.
الكتابة والأدب
Menulis dan Sastra
اشتهر أن الأوزاعي فقيه مجتهد، لكن هناك ناحية أدبية عنده، إذ يذكر مترجموه أنه كان بارعاً في الكتابة وأنها كانت صنعته، فرسائله تؤثر وينقلون أنه كان من ذلك موضع الإعجاب والإكبار، إذ يروون أن كتبه كانت ترد على المنصور فينظر فيها، ويتأملها، ويتعجب من فصاحتها وحلاوة عبارتها؛
Telah terkenal bahwa al Awza’i adalah seorang faqih yang sangat ahli dan berijtihad, namun beliau juga memiliki sisi sastra yang menonjol. Para biografernya mencatat bahwa beliau sangat mahir dalam menulis dan menulis adalah keahlian utamanya. Surat-suratnya memiliki pengaruh yang besar, dan mereka menceritakan bahwa tulisan-tulisannya begitu memukau sehingga al Manhsur sering memeriksa surat-surat tersebut, merenunginya, dan terkesan dengan kefasihan serta keindahan bahasanya.
وكان مشاهير الكتاب يقتبسون من قوله، ويأخذون عنه، ويتهيبون الإجابة على رسائله؛ إذ يقول المنصور يوماً لأحظى كتابه عنده، وهو سليمان بن مخلد: ينبغي أن تجيب الأوزاعي عن كتبه، فيقول: والله يا أمير المؤمنين لا يقدر أحد من أهل الأرض على ذلك وقال: لا على مثل كلامه ولا على شيء منه؛ وإنا لنستعين بكلامه نكاتب به إلى الآفاق، إلى من لا يعرف أنه كلام الأوزاعي.
Bahkan, para penulis terkenal pun sering mengutip kata-katanya, mempelajari darinya, dan merasa segan untuk membalas surat-suratnya. Suatu hari, al Manshur berkata kepada penulis favoritnya, Sulaiman bin Mukhallad: “Anda harus membalas surat dari al Awza’i.” Maka Sulaiman menjawab, “Demi Allah, ya Amirul Mukminin, tidak ada seorang pun di bumi ini yang mampu membalas surat-suratnya. Tidak ada yang bisa menandingi kata-katanya, bahkan sebagian dari kata-katanya pun tidak ada yang mampu menyamai.” Ia melanjutkan, “Kami menggunakan kata-katanya untuk menulis surat ke berbagai penjuru dunia, kepada mereka yang tidak tahu bahwa itu adalah kata-kata al Awza’i.”
يقول الذهبي في طبقات الحفاظ بعد أن روى عن أبي زرعة الدمشقي أن الأوزاعي كانت صنعته الكتابة والترسل فرسائله تؤثرقلت: “هذا نافلة سوى الفقه” أه.
Imam al-Dzahabi dalam kitab Thabaqat al Hafizh menyebutkan, setelah meriwayatkan dari Abu Zur’ah al Dimasyqi, bahwa al Awza’i memiliki keahlian dalam menulis.
لكن فقه الشيخ طغى على أدبه، وأخمل ذكره فيه.
Namun, fiqh (ilmu hukum Islam) sang Syaikh lebih dominan daripada sastra beliau, sehingga pengaruhnya dalam bidang sastra menjadi terlupakan.
Bersambung ke bagian berikutnya in sya Allah
Sumber : IslamWeb
Leave a Reply