أقسام الاعراب
Jenis-jenis I’rab (6) : I’rab Taqdiriy (5) : I’rab Mudhof ila Yaa Mutakalim Isim Maqshur
Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
w
وإن كان منقوصاً تُدغم ياؤُهُ في ياء المتكلم.
Jika dia manqush, diidghomkan ya-nya ke ya mutakallim
ويُعرب في حالة النصب بفتحةٍ مُقدَّرة على يائه؛ يمنعُ من ظهورهما سكون الإدغام، فتقول
Di-i’rabkan pada kondisi nashab dengan fathah muqoddaroh atas ya-nya, terhalang kemunculan keduanya oleh sukun idgham, maka kita katakan
“حمِدتُ الله مُعطِيّ الرزقَ”.
ويُعرَبُ فى حالتيِ الرفع والجرِّ بضمةٍ أو كسرةٍ مُقدَّرتين فى يائه، يمنعُ من ظهورهما الثقل أولا، وسكونُ الإدغام ثانيا، فتقول
Di i’rab dalam keadaan rofa’ dan jar dengan dhommah atau kasrah muqoddaroh pada ya-nya, tercegah kemunculannya karena tsiqol dan sukun idghom. Maka kita katakan :
“اللهُ معطِيّ الرزقَ” و”شكرت لِمُعطيَ الرزقَ”.
Lihat juga : Pembahasan terkait Ya Mutakallimnya
Catatan Tambahan :
(ويرى بعض المحققين أن المانع من ظهر الضمة والكسرة على المنقوص المضاف الى ياء المتكلم، انما هو سكون الادغام – كما هو الحال وهو منصوب –
Sebagian muhaqqiqin berpendapat bahwa penghalang dari nampaknya dhomah dan kasroh pada isim manqush yang mudhof ke ya mutakallim, adalah sukun idgham. begitu juga keadaan ketika manshub
قال الصبان في باب المضاف الى ياء المتكلم عند قول الشارح “هذا راميّ” “فراميّ مرفوع” بضمة مقدرة على ما قبل ياء المتكلم، منع من ظهورها اشتغال المحل بالسكون الواجب لاجل الادغام، لا الاستثقال
As Shabaan mengatakan dalam Bab Al Mudhof ila yaa Al Mutakallim pada perkataan pensyarah (Al Asymuni) :
“هذا راميّ”
راميّ marfu dengan dhommah muqoddarah pada huruf sebelum ya mutakallim, terhalang munculnya karena istighaal mahali dengan sukun wajib untuk idgham bukan karena istitsqaal (berat)
كما هو الحال في غير هذه الحالة – لعروض وجوب السكون في هذه الحالة بأقوى من الاستثقال، وهو الادغام
begitupula keadaan selainnya, dengan mempertimbangkan wajibnya sukun dalam keadaan ini karena kuatnya istitsqaal (beratnya pelafazan) yakni karena idgham
Leave a Reply