Awdhohul Masalik (5) : Tanda Isim (2) : Tanwin



Awdhohul Masalik (5) : Tanda Isim (2) : Tanwin

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

الثانية: التنوين، وهو نون ساكنة تلحق الآخر لفظا لا خطا لغير توكيد،

Tanda IsimYang kedua : At Tanwiin, yakni nun sakinah yang berada diakhir secara lafazh, tetapi tidak secara tulisan, selain untuk taukid.

فخرج بقيد السكون النون في “ضيفن” للطفيلي، و”رعشن” للمرتعش، 

Maka dikecualikan kondisi nun sukun yang nampak secara tulisan seperti pada kata “dhoyfanin” yang bermakna penyusup, atau di lafazh “ra’syan” menunjukkan sesuatu yang bergetar.

وبقيد الآخِرِ النون في “انكسر” و”منكسِر” 

Dan juga terkecualikan jika nun-nya tidak diakhir seperti kata “inkasaro” dan “munkasirun”

وبقولي “لفظًا لا خطًّا” النون اللاحقة لآخر القوافي، وستأتي،

Dan juga terkecualikan dengan kaidah dilafazhkan tetapi tidak ditulis huruf nun yang ditulis diakhir Al Qawaafi 2 yang akan dijelaskan pada bagian lain kitab ini.

 وبقولي “لغير توكيد” نون نحو {لَنَسْفَعًا} 2 و”لتضربن يا قوم” و”لتضربن يا هند”.

Dikatakan juga nun yang bukan untuk taukid, misalnya : dalam kata “lanasfa’an” dan “latadhribun yaa qoumi” dan “latadhribin yaa hindi” (nun dalam ketiganya adalah nun taukid)

Bersambung in sya Allah

المفردات

قَيَّدَ: (فعل)

قيَّدَ يُقيِّد ، تقييدًا ، فهو مُقيِّد ، والمفعول مُقيَّد

 ( اسم ): شَرْط

condition ; provision ; proviso ; qualification ; reservation ; stipulation

Catatan Kaki

  1. جمع قافية : Bentuk jamak dari Qaafiyah, وهي آخر كلمة في البيت من الشعر - yakni akhir kata dalam bait syair - أو هي الحرف الذي تبنى عليه القصيدة - atau huruf yang dibuat dalam qashidah - وقيل: هي من آخر حرف في البيت إلى أول ساكن يليه مع المتحرك الذي قبل الساكن. - dikatakan : dia huruf akhir di suatu bait yang awalnya berharokat tetapi kemudian disukunkan untuk menyesuaikan sukun awal pada bait sebelumnya
  2. جمع قافية : Bentuk jamak dari Qaafiyah, وهي آخر كلمة في البيت من الشعر – yakni akhir kata dalam bait syair – أو هي الحرف الذي تبنى عليه القصيدة – atau huruf yang dibuat dalam qashidah – وقيل: هي من آخر حرف في البيت إلى أول ساكن يليه مع المتحرك الذي قبل الساكن. – dikatakan : dia huruf akhir di suatu bait yang awalnya berharokat tetapi kemudian disukunkan untuk menyesuaikan sukun awal pada bait sebelumnya


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.