[Ensiklopedi Al Quran] Al Baqarah ayat 17 (3) : wa tarakahum fii zhulumaatin laa yubshiruun



البقرة  ١٧

[Ensiklopedi Al Quran] Al Baqarah ayat 17 (3) : wa tarakahum fii zhulumaatin laa yubshiruun

Alih Bahasa dan Kompilasi : Reza Ervani bin Asmanu

بسم الله الرحمن الرحيم

Al Baqarah ayat 17 adalah lanjutan serial Ensiklopedi Al Quran

مَثَلُهُمْ كَمَثَلِ الَّذِى اسْتَوْقَدَ نَارًا فَلَمَّا أَضَاءَتْ مَا حَوْلَهُ ذَهَبَ اللَّهُ بِنُورِهِمْ وَتَرَكَهُمْ فِى ظُلُمَاتٍ لَا يُبْصِرُونَ

{وَتَرَكَهُمْ فِى ظُلُمَاتٍ}: جمع ظلمة، ظلمات عديدة، متراكمة، ظلمات الكفر، والجهل، والشرك، والمعاصي، والنفاق. ارجع إلى الآية (٢٥٧) من نفس السورة لمزيد من البيان في معنى النور والظلمات، ولماذا أفرد النور وجمع الظلمات.

Wa tarakahum fii zhulumaat (dan meninggalkan mereka dalam kegelapan). Zhulumaat adalah bentuk jamak dari zhulmatun, yakni kegelapan yang berlipat, seperti kegelapan kekufuran, kejahilan, syirik, kemaksiatan, dan kemunafikan. In sya Allah untuk penjelasan lebih lanjut tentang makna an Nuur (Cahaya) dan az Zhulumaat (kegelapan), serta mengapa An Nuur disebutkan dalam bentuk mufrod (tunggal) dan azh Zhulumaat disebutkan dalam bentuk jamak, akan kita bahas pada saat membahas ayat ke 257 Surah Al Baqarah

{لَا}: النّافية؛ لكل الأزمنة.

Laa : adalah huruf naafiyah, yang menegasikan semua waktu

{يُبْصِرُونَ}: الإبصار: درك الشيء بالعين، أو رؤية الشيء بالعين؛ أي: نور، أو ضوء، يمكن أن يخرجهم من الظلمات إلى الإيمان بالله، ووحدانيته. 

Yubshirun. al Abshar bermakna meng-indera-i sesuatu dengan mata atau melihat (ru’yat) sesuatu dengan mata, yaitu melihat cahaya atau sumber cahaya yang dapat mengantarkan mereka keluar dari kegelapan menuju iman kepada Allah dan KeEsaan-Nya.

مرة أخرى، ويختلف النظر؛ النظر: هو مجرد توجه العين أو الالتفات إلى الشيء بدون رؤيته، وإذا رأيته يعني تحول إلى بصر.

Sekali lagi, berbeda dengan an Nazhr. an Nazhr bermakna sekedar mengarahkan mata atau memalingkannya ke arah sesuatu tanpa benar-benar memberikan perhatian (ru’yatuhu). Jika dikatakan ra-aytuhu, itu bermakna memperhatikannya (memasukkannya ke dalam penglihatan).

(لَا يُبْصِرُونَ) فِعْلٌ مُسْتَقْبَلٌ فِي مَوْضِعِ الْحَالِ، كَأَنَّهُ قَالَ: غَيْرُ مُبْصِرِينَ، فَلَا يَجُوزُ الْوَقْفُ عَلَى هَذَا على” ظلمات”.

Laa yubshiruun adalah fi’il mustaqbal (menunjukkan masa yang akan datang / future) yang ada dalam posisi al haal (masa kini / present), seakan-akan Allah Ta’ala berfirman : “Tidak dapat melihat selamanya [kini dan masa yang akan datang]” (mubshiriin – bentuk ism faa’il – tidak terikat waktu). Karena itu tidaklah diperbolehkan waqaf pada kata “zhulumaat”

Allahu Ta’ala ‘A’lam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.