[Terjemah Al Adzkar wal Adab] 3. Keutamaan Dzikir



فضل الذكر

Terjemah Al Adzkar wal Adab merupakan serial terjemahan kami dari Kitab Mutun Thalibil Ilmi

Terjemah Al Adzkar wal Adab Nomor 3

Keutamaan Dzikir

١-  قَالَ النَّبِيُّ ﷺ : مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لَا يَذْكُرُ رَبَّهُ ، مَثَلُ الحَيِّ وَالمَيِّتِ

1. Nabi  bersabda: “Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dan orang yang tidak berdzikir adalah seperti orang hidup dan orang mati.”

٢ – قَالَ النَّبِيُّ ﷺ : يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى : أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي، وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي، فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي، وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلَا ذَكَرْتُهُ فِي مَلَا خَيْرٍ مِنْهُمْ 

2. Nabi  bersabda: “Allah berfirman: ‘Aku menurut persangkaan hamba-Ku terhadapku. Aku bersamanya jika ia mengingat-Ku. Jika dia mengingat-Ku di jiwanya maka Aku mengingatnya di Jiwa-Ku. Jika dia mengingatku di sebuah perkumpulan maka Aku mengingatnya di sebuah perkumpulan yang lebih baik dari mereka (yakni perkumpulan Malaikat pemikul Arsy).”

٣- قَالَ النَّبِيُّ ﷺ : سَبَقَ الْمُفَرِّدُونَ، قَالُوا : وَمَا المُفَرِّدُونَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ : الذَّاكِرُونَ اللَّهَ كَثِيراً ، وَالذَّاكِرَاتُ

3. Nabi  bersabda: “Orang-orang yang menyendiri menang.” Mereka bertanya: “Siapakah orang-orang yang menyendiri, wahai Rosulullah?” Beliau menjawab: “Laki-laki dan perempuan yang banyak berdzikir.”



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.