Tentang Hindu (2) | Pengantar Ringkas



تعريف موجز بديانة الهندوس

Pengantar Ringkas Tentang Hindu (Bagian Kedua)

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Pengantar Ringkas Tentang Hindu ini masuk dalam Kategori Tanya Jawab (Aqidah)

ب- نظرة الهندوسية إلى الآلهة :

B- Pandangan Agama Hindu terhadap Para Dewa:

– التوحيد : لا يوجد توحيد بالمعنى الدقيق ، لكنهم إذا أقبلوا على إله من الآلهة أقبلوا عليه بكل جوارحهم حتى تختفي عن أعينهم كل الآلهة الأخرى ، وعندها يخاطبونه برب الأرباب ، أو إله الآلهة .

Tunggal (Monoteisme): Tidak ada konsep monoteisme dalam pengertian yang tepat, namun ketika mereka berfokus pada salah satu dewa, mereka menyembahnya dengan sepenuh hati sehingga dewa-dewa lainnya seolah-olah menghilang dari pandangan mereka. Saat itu mereka memanggilnya sebagai “Tuhan para dewa” atau “Tuhan para Tuhan.”

– التعدد : يقولون بأن لكل طبيعة نافعة أو ضارة إلهاً يُعبد : كالماء والهواء والأنهار والجبال.. وهي آلهة كثيرة يتقربون إليها بالعبادة والقرابين.

Politeisme: Mereka percaya bahwa setiap unsur alam yang bermanfaat atau berbahaya memiliki dewa yang dipuja, seperti air, udara, sungai, dan gunung. Ini adalah banyak dewa yang mereka sembah dengan ibadah dan persembahan.

– التثليث : في القرن التاسع قبل الميلاد جمع الكهنة الآلهة في إله واحد أخرج العالم من ذاته وهو الذي أسموه : 1- براهما : من حيث هو موجود . 2- فشنو : من حيث هو حافظ . 3- سيفا : من حيث هو مهلك . فمن يعبد أحد الآلهة الثلاثة فقد عبدها جميعاً أو عبد الواحد الأعلى ولا يوجد أي فارق بينها ، وهم بذلك قد فتحوا الباب أمام النصارى للقول بالتثليث .

Trinitas: Pada abad ke-9 SM, para pendeta menggabungkan tiga dewa menjadi satu Tuhan yang menciptakan dunia dari dirinya sendiri, yang mereka sebut: 1- Brahma (dalam aspek penciptaan), 2- Vishnu (dalam aspek pemeliharaan), 3- Shiva (dalam aspek penghancuran). Siapa pun yang menyembah salah satu dari tiga dewa tersebut, dianggap telah menyembah ketiganya atau menyembah Tuhan yang Maha Esa. Dengan cara ini, mereka membuka pintu bagi orang Kristen untuk berbicara tentang Tritunggal.

– يلتقي الهندوس على تقديس البقرة وأنواع من الزواحف كالأفاعي وأنواع من الحيوان كالقردة ، ولكن تتمتع البقرة من بينها جميعاً بقداسة تعلو على أي قداسة ، ولها تماثيل في المعابد والمنازل والميادين ، ولها حق الانتقال إلى أي مكان ، ولا يجوز للهندوكي أن يمسها بأذى أو بذبحها ، وإذا ماتت دفنت بطقوس دينية .

Mereka sepakat untuk mengagungkan sapi dan beberapa jenis reptil seperti ular serta beberapa hewan seperti monyet, tetapi sapi dianggap lebih suci dibandingkan yang lainnya. Sapi memiliki patung-patung di kuil-kuil, rumah-rumah, dan lapangan, dan memiliki hak untuk berpindah ke mana saja. Seorang Hindu tidak boleh menyakiti atau membunuh sapi, dan jika sapi mati, mereka menguburnya dengan upacara keagamaan.

– – يعتقد الهندوس بأن آلهتهم قد حلت كذلك في إنسان اسمه كرشنا ، وقد التقى فيه الإله بالإنسان ، أو حل اللاهوت في الناسوت ، وهم يتحدثون عن كرشنا كما يتحدث النصارى عن المسيح ، وقد عقد الشيخ محمد أبو زهرة رحمه الله مقارنة بينهما مظهراً التشابه العجيب ، بل التطابق ، وعلق في آخر المقارنة قائلاً : ” وعلى المسيحيين أن يبحثوا عن أصل دينهم ” .

Orang Hindu percaya bahwa dewa mereka juga berinkarnasi dalam bentuk seorang manusia bernama Krishna. Mereka melihatnya sebagai perwujudan Tuhan dalam bentuk manusia, atau inkarnasi Tuhan dalam manusia. Mereka berbicara tentang Krishna dengan cara yang sama seperti orang Kristen berbicara tentang Yesus. Syekh Muhammad Abu Zahrah rahimahullah telah membuat perbandingan antara keduanya, menunjukkan kesamaan yang luar biasa, bahkan kesamaan mutlak, dan di akhir perbandingannya beliau berkomentar: “Orang Kristen seharusnya mencari asal-usul agama mereka.”

Bersambung ke Bagian Berikutnya in sya Allah

Sumber : IslamQA



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.