HSI 02 : Silsilah 10 : Mengenal Allah swt dengan Nama dan Sifatnya

Allah SWT telah mengabarkan di dalam Al Quran, bahwa Allah memiliki nama dan sifat.

Allah Ta’ala berfirman

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ

Dan Allah memiliki Nama-nama Yang Paling Baik (Surah Al A’raaf ayat 180)

Dan Allah berfirman

وَلِلَّهِ الْمَثَلُ الْأَعْلَىٰ

Dan Allah memiliki sifat-sifat yang paling tinggi (An Nahl 60)

Kita mengenal Allah dengan nama dan juga sifat tersebut. Kita mengenal Allah sebagai Dzat Yang Maha Penyayang karena Dia adalah Ar Rahman Ar Rahiim. Dan kita mengenal Allah sebagai Dzat Yang Maha Pengampun karena Dia adalah Al Ghafur dan seterusnya.

Dan Allah mengabarkan di dalam Al Quran, bahwa diantara sifat Allah adalah ber-istiwa di atas Arsy. Dan bahwa Allah memiliki dua tangan. Dan bahwa Allah berada di atas. Dan Rasulullah saw mengabarkan bahwa Allah SWT turun ke langit dunia pada setiap sepertiga malam yang terakhir. Dan juga sifat-sifat yang lain.

Kewajiban kita sebagai seorang muslim adalah menetapkan nama dan juga sifat tersebut, karena Allah Ta’ala lebih tahu tentang dirinya daripada kita semua, dan Rasulullah saw lebih tahu tentang Allah daripada kita.

Tidak boleh seorang muslim menolak nama-nama dan juga sifat-sifat tersebut. Dan tidak boleh dia menyerupakan, karena Allah Ta’ala berfirman

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Tidak ada yang Serupa dengan Allah, dan Dia adalah Dzat yang Maha Mendengar Lagi Maha Melihat (Surah Asy Syuraa ayat ke 11)

Jadi yang benar yang seharusnya dilakukan oleh seorang muslim adalah menetapkan nama dan juga sifat tersebut sebagaimana datangnya sesuai dengan keagungan dan kebesaran Allah SWT tanpa menyerupakan dan tanpa menta’wil nama dan juga sifat tersebut.

Menta’wil adalah menafsirkan nama dan sifat Allah bukan dengan maknanya yang benar, seperti menta’wil istiwa dengan kekuasaan, menta’wil turunnya Allah dengan turunnya rahmat Allah dll.

rezaervani

One Comment

  1. jazakallohu khoiron untuk postingan nya, sangat bermanfaat.
    apakah ada dalam bentuk audio nya? jika tidak keberatan apakah bisa di share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *