Batas Kesunnahan Tinggi Kubur



Batas Kesunnahan Tinggi Kubur

Alih Bahasa dan Kompilasi : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Batas Kesunnahan Tinggi Kubur ini bagian dari Artikel di Kategori Fiqh

w

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فالمستحب رفع القبر عن الأرض بمقدار شبر، كما نص على ذلك الفقهاء ـ رحمهم الله ـ قال النووي: يستحب أن يرفع القبر عن الأرض قدر شبر هكذا نص عليه الشافعي والأصحاب واتفقوا عليه. انتهى.

Dianjurkan untuk meninggikan kuburan dari permukaan tanah setinggi satu syibr (satu jengkal – pent). Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh para ulama – semoga Allah merahmati mereka. Imam An-Nawawi berkata, “Dianjurkan untuk meninggikan kuburan dari permukaan tanah setinggi satu syibr (jengkal)” Ini adalah pendapat Imam Syafi’i dan para pengikutnya, dan mereka semua sepakat tentang hal ini.

وقال ابن قدامة: ويرفع القبر عن الأرض قدر شبر، ليعلم أنه قبر فيوقى ويترحم على صاحبه،

Imam Ibnu Qudamah berkata: “Dianjurkan untuk meninggikan kuburan dari permukaan tanah setinggi satu jengkal.” Tujuannya adalah agar diketahui bahwa itu adalah kuburan, dan merasakan belas kasihan terhadap pemiliknya

وروى الساجي عن جابر: 

As Saji meriwayatkan dari Jabir :

أن النبي صلى الله عليه وسلم رفع قبره عن الأرض قدر شبر.

“Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam meninggikan kuburannya dari permukaan tanah setinggi satu syibr (jengkal).”

وروى القاسم بن محمد قال: قلت لعائشة:

Al-Qasim bin Muhammad meriwayatkan :

يا أمه اكشفي لي عن قبر رسول الله صلى الله عليه وسلم وصاحبيه، فكشفت لي عن ثلاثة قبور ـ لا مشرفة ولا لاطية ـ مبطوحة ببطحاء العرصة الحمراء. رواه أبو داود.

“Aku berkata kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha, ‘Wahai bunda, tunjukkanlah kepadaku kuburan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam dan kedua shahabatnya.’ Maka Aisyah radhiyallahu ‘anha menunjukkan kepadaku tiga kuburan yang tidak tinggi dan tidak ditandai, dan terletak di dataran rendah halaman merah.” Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Dawud.

ولا يستحب رفعه بأكثر من ترابه، نص عليه أحمد، وروى بإسناده عن عقبة بن عامر أنه قال: لا يجعل في القبر من التراب أكثر مما خرج منه حين حفر.

Tidak dianjurkan untuk meninggikan kuburan lebih tinggi dari timbunan tanahnya (tanah yang didapat pada saat penggalian kuburan tersebut – pent). Hal ini ditegaskan oleh Imam Ahmad bin Hanbal. Beliau meriwayatkan dari Uqbah bin Amir dengan sanadnya :

لا يجعل في القبر من التراب أكثر مما خرج منه حين حفر

“Janganlah diletakkan di dalam kuburan lebih banyak tanah daripada yang dikeluarkan saat menggali.”

وروى الخلال بإسناده عن جابر قال:

Al-Khallal meriwayatkan dari Jabir dengan sanadnya:

نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يزاد على القبر على حفرته.

“Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam melarang meninggikan kuburan lebih tinggi dari lubang galiannya.”

ولا يستحب رفع القبر إلا شيئا يسيرا، لقول النبي صلى الله عليه وسلم لعلي ـ رضي الله عنه:

Tidak dianjurkan untuk meninggikan kuburan kecuali sedikit. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam kepada Ali bin Abi Thalib :

لا تدع تمثالا إلا طمسته، ولا قبرا مشرفا إلا سويته. رواه مسلم وغيره.

“Jangan tinggalkan patung kecuali kamu musnahkan, dan jangan tinggalkan kuburan yang tinggi kecuali kamu ratakan.” (Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dan selainnya)

والمشرف: ما رفع كثيرا، بدليل قول القاسم في صفة قبر النبي صلى الله عليه وسلم وصاحبيه: لا مشرفة ولا لاطية. انتهى.

“Kuburan yang tinggi” adalah yang ditinggikan secara berlebihan. Hal ini dibuktikan dengan perkataan Al Qasim saat menggambarkan kuburan Nabi Muhammad shalallahu ‘alahi wa salam dan kedua shahabatnya tadi : “Tidak tinggi dan tidak ditandai.”

وإذا علمت هذا، فإن الشبر: هو ما بين رأسي الخنصر والإبهام من كف مفتوح ـ وقدره الشرعي اثنا عشر أصبعا يساوي  ٢٣.١ سنتيمترا، كذا في معجم لغة الفقهاء، ولا حرج في رفع أحد جانبي القبر شيئا، ليكون القبر مستويا.

Jika kamu memahami hal ini, maka : Satu jengkal adalah jarak antara ujung kelingking dan ibu jari pada telapak tangan yang terbuka. Ukurannya menurut syariat adalah dua belas jari, setara dengan 23,1 sentimeter. (Lihat: Ma’jam Lughah al-Fuqaha’.) Tidak ada larangan untuk meninggikan salah satu sisi kuburan sedikit, agar sisi kuburan tersebut menjadi sama tinggi (rata).

والله أعلم.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.