Perang Arab – Israel 1948 (3)



Perang Arab – Israel 1948 (Bagian 3)

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Perang Arab – Israel 1948 ini adalah salah satu artikel di Kategori Tarikh

Serial Lengkap dapat dilihat di Kategori Sejarah Palestina

المنظمات اليهودية

عمل اليهود خلال مراحل الاستيطان على تكوين منظمات لتأمين المستوطنين وتدريبهم على القتال، وكان من أبرز هذه المنظمات (الهاغاناه، البالماخ، الأرغون، شتيرن).

Perang Arab – Israel 1948 : Organisasi-organisasi Yahudi

Selama tahap-tahap permukiman, orang-orang Yahudi bekerja untuk membentuk organisasi-organisasi guna melindungi para pemukim dan melatih mereka dalam pertempuran. Beberapa organisasi yang paling menonjol adalah (Haganah, Palmach, Irgun, Stern).

الهاغاناه

تعتبر النواة الأولى للجيش الإسرائيلي، وقد أنشئت في القدس سنة ١٩٢١ للدفاع عن اليهود وممتلكاتهم، وتدريب المنضمين لها على القتال، وكان من حصيلة عملها إنشاء خمسين مستوطنة يهودية في أماكن مختلفة من فلسطين، والمساعدة في تهجير عدد كبير من اليهود بطريقة غير سرية.

Haganah

Haganah dianggap sebagai inti pertama dari tentara Israel. Organisasi ini didirikan di Yerusalem pada tahun 1921 untuk membela orang-orang Yahudi dan harta benda mereka, serta melatih para anggotanya dalam pertempuran. Hasil dari kegiatannya termasuk pendirian lima puluh permukiman Yahudi di berbagai tempat di Palestina, dan membantu migrasi sejumlah besar orang Yahudi dengan cara yang tidak rahasia.

وفور تأسيسها انضم إليها عدد كبير من أفراد الفيلق اليهودي الذي حلّته سلطات الانتداب البريطاني عام ١٩٢١، بعد أن قاتل إلى جانبها في البلقان عامي ١٩١٧ و١٩١٨ إبان الحرب العالمية الأولى.

Segera setelah didirikan, banyak anggota Legiun Yahudi yang dibubarkan oleh otoritas mandat Inggris pada tahun 1921 bergabung dengan Haganah, setelah mereka berperang di pihak Inggris di Balkan pada tahun 1917 dan 1918 selama Perang Dunia Pertama.

Perang Arab – Israel 1948 : Legiun Yahudi dari Pasukan Inggris
Perang Arab – Israel 1948 : Legiun Yahudi dari Pasukan Inggris

الأرغون
تشكلت سنة ١٩٣١ من مجموعة من المنشقين عن الهاغاناه بزعامة الروسي أبراهام تيهومي، الذي كان ساخطا على القيود البريطانية المفروضة على الهاغاناه في تعاملها مع الثوار الفلسطينيين، وقد نفذت هذه المنظمة أكثر من ستين عملية عسكرية ضد الفلسطينيين، إضافة إلى مهاجمتها قوات الاحتلال البريطاني.

Argun

Dibentuk pada tahun 1931 dari sekelompok pembelot dari Haganah yang dipimpin oleh Abraham Tehomi dari Rusia, yang merasa tidak puas dengan pembatasan yang diberlakukan oleh Inggris terhadap Haganah dalam menangani para pejuang Palestina. Organisasi ini telah melakukan lebih dari enam puluh operasi militer terhadap warga Palestina, selain juga menyerang pasukan pendudukan Inggris.”

وتلقّت الأرغون دعما سريّا من بولندا ابتداء من العام ١٩٣٦، وذلك لرغبة الحكومة البولندية في تشجيع هجرة اليهود إلى فلسطين.

Argun menerima dukungan rahasia dari Polandia mulai tahun 1936, karena keinginan pemerintah Polandia untuk mendorong migrasi Yahudi ke Palestina.

وفي عام ١٩٣١ وضعتها الحكومة البريطانية على قوائم المنظمات الإرهابية، وفي العام ١٩٤٣ تولى مناحيم بيغن -الذي أصبح رئيسا لوزراء إسرائيل فيما بعد- قيادة المنظمة، التي تم حلها مع غيرها من المنظمات العسكرية لتكوين الجيش الإسرائيلي.

Pada tahun 1931, pemerintah Inggris memasukkan Argun dalam daftar organisasi teroris, dan pada tahun 1943, Menachem Begin -yang kemudian menjadi Perdana Menteri Israel- mengambil alih kepemimpinan organisasi tersebut, yang kemudian dibubarkan bersama dengan organisasi militer lainnya untuk membentuk tentara Israel.

شتيرن
أسس اليهودي البولندي أبراهام شتيرن سنة ١٩٤٠ مجموعة أطلق عليها اسم “المحاربون من أجل حرّية إسرائيل” عرفت باسم “شتيرن” نسبة إليه.

Stern

Pada tahun 1940, Yahudi Polandia Abraham Stern mendirikan kelompok yang diberi nama ‘Pejuang untuk Kebebasan Israel’ yang dikenal dengan nama ‘Stern’ sesuai namanya.

وكان شتيرن وأتباعه يرغبون في العمل المستقل خارج نطاق وتوجيهات المنظمة الصهيونية العالمية، وبعيدا عن مظلة الهاغاناه. كما كان يرى ضرورة محاربة الانتداب البريطاني في فلسطين لإنهائه وإقامة دولة إسرائيل.

Stern dan para pengikutnya ingin bekerja secara independen di luar lingkup dan arahan organisasi Zionis dunia, serta di luar naungan Haganah. Mereka juga melihat perlunya melawan mandat Inggris di Palestina untuk mengakhirinya dan mendirikan negara Israel.

وكان أعضاء الحركة يرفضون الانضمام لصفوف الجيش البريطاني. وتعد شتيرن من أكثر المنظمات شهرة وشراسة، وكانت تميل إلى التحالف مع ألمانيا النازية بدلا من بريطانيا.

Para anggota gerakan ini menolak untuk bergabung dengan barisan tentara Inggris. Stern dianggap sebagai salah satu organisasi yang paling terkenal dan ganas, dan cenderung bersekutu dengan Jerman Nazi daripada Inggris.

وقد شنت هذه المنظمة هجمات على القوات البريطانية ونسفت عددا من معسكراتها، ولقي مؤسسها مصرعه على يد القوات البريطانية سنة ١٩٤٢. كما شاركت في مذبحة دير ياسين غربي القدس، التي وقعت سنة ١٩٤٨.

Organisasi ini melancarkan serangan terhadap pasukan Inggris dan meledakkan sejumlah kamp mereka. Pendiri organisasi ini tewas di tangan pasukan Inggris pada tahun 1942. Organisasi ini juga terlibat dalam pembantaian Deir Yassin di barat Yerusalem, yang terjadi pada tahun 1948.

وقد ذابت المنظمة في الجيش الإسرائيلي، وصرفت الحكومة الإسرائيلية رواتب تقاعدية لمنتسبيها ومنحت بعضهم نياشين “محاربي الدولة”.

Organisasi ini kemudian dilebur ke dalam tentara Israel, dan pemerintah Israel memberikan pensiun kepada anggotanya serta memberikan beberapa di antaranya medali ‘Pejuang Negara’.

البالماخ
بدأت البلماخ (جند العاصفة) نشاطها في ١٩ مايو/أيار ١٩٤١، وكانت هي القوة المتحركة الضاربة للهاغاناه. وقد لعبت هذه المنظمة دورا هاما في إقامة إسرائيل، من خلال عمليات نسف خطوط السكك الحديدية والغارات الخاطفة على القرى الفلسطينية، وذلك قبل أن يدمجها رئيس الوزراء الإسرائيلي ديفد بن غوريون ضمن قوات الجيش.

Palmach

Palmach (Tentara Badai) memulai kegiatannya pada 19 Mei 1941, dan merupakan kekuatan serangan yang merupakan turunan dari Haganah. Organisasi ini memainkan peran penting dalam pendirian Israel, melalui operasi peledakan jalur kereta api dan serangan mendadak ke desa-desa Palestina, sebelum akhirnya digabungkan oleh Perdana Menteri Israel David Ben-Gurion ke dalam pasukan tentara.

ضمت البالماخ تسع فرق تلقى أفرادها تدريبات شاقة على أعمال النسف والتخريب والهجوم الصاعق لترويع السكان الفلسطينيين وإجبارهم على مغادرة مدنهم وقراهم، والقيام بأعمال ضد قوات الانتداب البريطاني إذا وقفت عقبة أمام تحقيق حلم إقامة إسرائيل.

Palmach terdiri dari sembilan unit yang anggotanya menerima pelatihan berat dalam pekerjaan peledakan, sabotase, dan serangan mendadak untuk menakut-nakuti penduduk Palestina dan memaksa mereka meninggalkan kota dan desa mereka, serta melakukan tindakan terhadap pasukan mandat Inggris jika menjadi penghalang dalam mewujudkan impian mendirikan Israel.

وكان إسحق سادي الضابط السابق في الجيش القيصري الروسي أحد مؤسسيها الأوائل مع موشيه ديان (الذي أصبح وزيرا للدفاع الإسرائيلي) وإسحق رابين (الذي أصبح رئيسا للوزراء) وإيغال آلون (الذي أصبح نائبا لرئيس الوزراء) وعزرا وايزمان (الرئيس السابق لإسرائيل).

Yitzhak Sadeh, mantan perwira di tentara Kekaisaran Rusia, adalah salah satu pendiri awalnya bersama dengan Moshe Dayan (yang kemudian menjadi Menteri Pertahanan Israel), Yitzhak Rabin (yang kemudian menjadi Perdana Menteri), Yigal Allon (yang kemudian menjadi Wakil Perdana Menteri), dan Ezer Weizman (mantan Presiden Israel).

وكان للبالماخ مخابرات جيدة التنظيم استطاعت بمساعدتها التسلل إلى بعض معسكرات أسرى الحرب الألمانية لأغراض التجسس، كما تخفى كثير منهم بالزي العربي واستقروا في سوريا ولبنان للهدف نفسه.

Palmach memiliki intelijen yang terorganisir dengan baik, yang dengan bantuannya mampu menyusup ke beberapa kamp tawanan perang Jerman untuk tujuan mata-mata. Banyak anggotanya yang menyamar dengan pakaian Arab dan menetap di Suriah dan Lebanon untuk tujuan yang sama.

عملت قوات البالماخ ضد الانتداب البريطاني بعد انتهاء الحرب العالمية الثانية، ولعبت دورا رئيسيا في حرب ١٩٤٨ في الجليل والنقب وسيناء والقدس.

Pasukan Palmach bekerja melawan mandat Inggris setelah berakhirnya Perang Dunia II, dan memainkan peran utama dalam Perang 1948 di Galilea, Negev, Sinai, dan Yerusalem.

Bersambung in sya Allah

Sumber Utama : aljazeera.net



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.