Fatwa Nurun ‘ala Darb (4) : Apakah Iman itu adalah Tauhid ?



Apakah Iman itu adalah Tauhid ?

Alih Bahasa : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

هل الإيمان هو التوحيد؟

Apakah Iman itu adalah Tauhid ?

فأجاب رحمه الله تعالى: الإيمان والتوحيد شيئان متغايران وشيئان متفقان، فالتوحيد هو إفراد الله عز وجل بما يستحقه ويختص به من الربوبية والألوهية والأسماء والصفات، ولهذا قال العلماء رحمهم الله: إن التوحيد ينقسم إلى ثلاثة أقسام: توحيد الربوبية، وتوحيد الألوهية، وتوحيد الأسماء والصفات.

Syaikh Utsaimin – rahimahullahu – menjawab – Al Imaan dan Tauhid adalah dua hal yang berbeda sekaligus juga merupakan dua hal yang saling terkait satu sama lain. Adapun tauhid adalah mengesakan Allah Azza Wa Jalla pada apa-apa yang merupakan hakNya, dan mengkhususkanNya dalam hal Rububiyah, Uluhiyah serta Al Asma wa Shifat. Terkait hal ini, berkata para ulama – rahimahumullahu : Sesungguhnya tauhid terdiri dari tiga pembagian : Tauhid Ar Rububiyah, Tauhid Uluhiyah dan Tauhid Asma wa Shifat

وإن هذه الأقسام جاءت في قوله تعالى: (رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً) . فقوله: (رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا) يعني توحيد الربوبية، وقوله: (فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ) يعني توحيد الألوهية، وقوله: (هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً) يعني توحيد الأسماء والصفات.

Pembagian tersebut didasarkan pada firman Allah Ta’ala :

رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً

Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)? (Surah Maryam ayat 65)

رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا

Menunjukkan Tauhid Rububiyah

فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ

Menunjukkan Tauhid Uluhiyah

هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً

Menunjukkan Tauhid Asma wa Shifat

وهذا التقسيم للإيمان في الواقع؛ لأن الإيمان بالله عز وجل يتضمن الإيمان بربوبيته وألوهيته وأسمائه وصفاته، وعلى هذا فالموحد لله مؤمن به، والمؤمن بالله موحد له،

Pembagian ini pada kenyataannya adalah Iman, dikarenakan Iman kepada Allah Ta’ala mengumpulkan Keimanan dalam hal Rububiyah, dalam hal Uluhiyah dan dalam hal Asma wa Shifat, yang dalam masalah-masalah tersebut seorang mu’min mengesakan Allah, dan mereka beriman kepada Allah dalam keseluruhan hal tersebut.

لكن قد يحصل خلل في التوحيد أو في الإيمان فينقصان، ولهذا كان القول الراجح أن الإيمان يزيد وينقص، يزيد وينقص في حقيقته وفي آثاره ومقتضياته:

Akan tetapi bisa saja ada kecacatan seseorang dalam tauhidnya atau imannya yang menyebabkannya berkurang, sebagaimana ucapan yang disepakati tentang hal ini bahwa iman dapat bertambah dan berkurang. Baik bertambah maupun berkurang dalam hakikatnya atau dalam atsar/bekasnya atau dalam syarat-syaratnya.

فالإنسان يجد من قلبه أحياناً طمأنينة بالغة، كأنما يشاهد الغائب الذي كان يؤمن به، وأحياناً يحصل له شيء من قلة هذا اليقين الكامل، وإذا شيءت أن تعرف أن اليقين يتفاوت فاقرأ قول الله تعالى عن إبراهيم خليله عليه الصلاة والسلام: (وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ أَرِنِي كَيْفَ تُحْيِي الْمَوْتَى قَالَ أَوَلَمْ تُؤْمِنْ قَالَ بَلَى وَلَكِنْ لِيَطْمَئِنَّ قَلْبِي) . كما أنه أيضاً يزيد بآثاره ومقتضياته: فإن الإنسان كلما ازداد عملاً صالحاً ازداد إيمانه، حتى يكون من المؤمنين الخلص.

Seorang manusia terkadang mendapati hatinya sangat mantap, seakan-akan dia menyaksikan hal yang ghaib yang dia percayai. Terkadang pula kemantapan ini berkurang, karenanya kita dapati tingkat keyakinan seseorang berbeda-beda, sebagaimana kita baca dalam firman Allah Ta’ala terkait Nabi Ibrahim alaihis shalatu wa salam :

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ أَرِنِي كَيْفَ تُحْيِي الْمَوْتَى قَالَ أَوَلَمْ تُؤْمِنْ قَالَ بَلَى وَلَكِنْ لِيَطْمَئِنَّ قَلْبِي

Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati”. Allah berfirman: “Belum yakinkah kamu?” Ibrahim menjawab: “Aku telah meyakinkannya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (Surah Al Baqarah ayat 260)

Begitu pula ia dapat bertambah dalam hal efek/atsar keimanan dan syarat-syarat keimanan. Maka jika manusia meningkatkan amal shalihnya, maka meningkat pula imannya, hingga menjadi kaum mu’min yang ikhlas.

Allahu Ta’ala ‘A’lam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.