[Jami’ Ad Durus Al Arabiyah] Jenis-jenis I’rab (4) : I’rab Taqdiriy (3) : I’rab Mudhof ila Yaa Mutakalim



أقسام الاعراب

Jenis-jenis I’rab (4) : I’rab Taqdiriy (3) : I’rab Mu’tal Akhir

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

إعراب المضاف الى ياء المتكلم

I’rab Mudhof ke Ya Mutakallim

يُعربُ الاسمُ المضاف إلى ياء المتكلم (إن لم يكن مقصوراً، أو منقوصاً، أو مُثنى، أو جمع مذكر سالماً) – في حالتي الرفع والنصب – بضمةٍ وفتحةٍ مقدَّرتين على آخره يمنع من ظهورهما كسرةُ المناسبة، مثل 

Isim yang mudhof kepada ya mutakallim (jika bukan isim maqshur, atau manqush, atau mutsana atau jamak mudzakar saalim) di rofa’kan dan di nashobkan dengan dhommah dan fathah muqoddaroh pada akhirnya, mencegah nampaknya kasrah Al Munasabah

Kasrah Al Munasabah : Kasrah sebelum ya al mutakallim untuk menyesuaikan dengan ya. Kasrah yang dimunculkan untuk menyesuaikan dengan ya disebut harokat Al Munasabah atau Kasroh Munasabah. Dia mencegah munculnya dhommah dan fathah i’rab pada akhir kata, sehingga mu’rob dengan dhommah atau fathah muqoddaroh pada akhir kata untuk mencegah muncul pada keduanya harokat al munasibah.

Misalnya :

“ربيَ اللهُ” و”أطعتُ ربِّي”.

أما فى حالة الجر فيُعربُ بالكسرة الظاهرة على آخره، على الأصحّ، نحو 

Adapun dalam kondisi jar, maka di i’rab dengan kasroh zhohirah pada akhirnya, demikian yang paling shahih

Contoh

“لزِمتُ طاعةَ ربي”.

(هذا رأي جماعة من المحققين، منهم ابن مالك. والجمهور على انه معرب، في حالة الجر ايضاً، بكسرة مقدرة على آخره، لانهم يرون ان الكسرة الموجودة ليست علامة الجر، وانما هي الكسرة التي اقتضتها ياء المتكلم عند اتصالها بالاسم، وكسرة الجر مقدرة. ولا داعي الى هذا التكلف) .

Catatan :

Ini merupakan pendapat sekelompok muhaqiqiin, diantaranya adalah Ibnu Maalik. Dan jumhur berpendapat bentuk ini mu’rob dengam kasroh muqoddaroh pada akhir kata, termasuk saat jar. Ini karena mereka melihat bahwa kasroh ada bukan sebagai tanda jar, akan tetapi ia adalah kasrah yang dibutuhkan oleh ya mutakallim saat bersambung dengan isim, dan kasrah jar dikira-kirakan (muqoddaroh) dan tidak terpengaruh.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.