Salah Ketik atau Salah Salin karena bentuk Rasm yang Hampir Sama ?



Salah Ketik atau Salah Salin karena bentuk Rasm yang Hampir Sama ?

Oleh : Reza Ervani bin Asmanu

w

Mereka yang sering membaca kitab pasti tidak jarang menemukan kesalahan ketik yang fatal. Contohnya pada kitab Idhohul Waqfi wal Ibtida terbitan Daar Al Kutub Al Ilmiyah (DKI). Ayat ke-3 surah Al Baqarah yang seharusnya tertulis اليك tetapi ditulis أولئك – sehingga penjelasannya menjadi tidak konsisten. Begitu juga قبلك tetapi ditulis أولئك – sebagaimana nampak di gambar pertama

Dan ternyata tidak hanya di cetakan DKI, versi pdf dari Majmu’ Lughah Al Arabiyah bi Dimasyq juga menyertakan kesalahan yang sama. Jadi bisa jadi kesalahan mulai dari penyalinan manuskrip.

Saya juga menemukan kesalahan yang sama di Kitab Manarul Huda terbitan Daarul Hadits. Saya cross check ke pdf cetakan yang berbeda, juga ternyata ditulis أولئك. Hanya saja di kitab Manaarul Huda tidak ada kekeliruan saat penulisan من قبلك – sebagaimana terlihat pada gambar kedua

Apakah kemungkinan karena penulisan rasm keduanya hampir sama ? Sehingga penyalin manuskrip-nya menyangka itu dua kata yang sama ?

Perhatikan gambar rasm yang tidak menyertakan dhabt pada gambar ketiga dan keempat. Perhatikan bahwa beda antara اليك dan اولئك hanya pada huruf wawu saja. (Mengingat huruf hamzah tidak dikenal saat penulisan Rasm Utsmani)

Alhamdulillah saya kemudian menemukan di internet manuskrip (makhthuthoh) Kitab Idhohul Waqfi wal Ibtida yang ada di Maktabah Al Ustadz Ad Duktur (Prof. DR) Muhammad ibn Turki At Turkiy – Di manuskrip ini, bagian yang pertama tertulis ulaika dan bagian yang ketiga tertulis ilaika. Tidak ada bagian kedua seperti yang ada di terbitan DKI. Perhatikan gambar dibawah ini :

Kesimpulan Saya :

Jika melihat pada apa yang tertulis di manuskrip, dan membandingkan dua cetakan terbitan, juga membandingkan dengan kitab Manaarul Huda maka yang mendekati teks yang benar adalah :

والوقف على (بما) وعلى (أنزل) قبيح لأن (أنزل) صلة «ما» و «إلى» صلة (أنزل)

والوقف على (اليك) ليس بتام لأن «ما» الثانية نسق على الأول.

Walaupun di kedua cetakan itu tertulis أولئك

Dan tidak ada bagian kedua seperti yang tertulis di cetakan DKI

والوقف على (أولئك) قبيح

 

Allahu Ta’ala ‘A’lam

Allahumarhamnaa bil Quraan

Cileungsi, 8 Dzulhijjah 1443 H – 7 Juli 2022 M

Print Friendly, PDF & Email


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.