[Ensiklopedi Al Quran] Makna Global Surah Al Fatihah



المعنى الإجمالي

Makna Global Surah Al Fatihah

Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

بسم الله الرحمن الرحيم

Makna Global Surah Al Fatihah adalah Bagian Rangkaian Artikel di Kategori Ensiklopedi Al Quran

يخبر الله تعالى عباده بأنَّ الحمد الكامل مستحقٌّ له وحده، ويرشدهم بما أخبر إلى أن يُثنوا عليه، ويمجِّدوه، ويَحمَدوه بجميع المحامِد التي لا يستحقُّها إلَّا هو، ذو الرَّحمة والمُلك، 

Allahu Ta’ala mengabarkan kepada hambaNya bahwa Pujian Yang Sempurna hanyalah Hak Allah semata, kemudian memberikan panduan kepada hambaNya pada apa-apa yang Dia perintahkan atasnya, memuliakanNya, memujiNya dengan seluruh pujian yang hanya layak untukNya, pemilik Rahmat dan Kekuasaan.

كما يُرشدهم سبحانَه إلى إفرادِه بالعبادة والاستعانة، وطلبِ الهِداية منه وحْده للطَّريق الواضحة التي لا اعوجاجَ فيها؛ طريق الذين أنعم الله عليهم، لا طريق اليهود المغضوب عليهم، ولا طريق النَّصارى الضالِّين.

Sebagaimana Allah Subhanahu juga memberikan petunjuk untuk mengesakannya dalam hal ibadah dan permintaan pertolongan, juga dalam hal meminta hidayah kepadaNya semata agar ditunjuki kepada jalan jelas yang tidak ada kebengkokan padanya. Jalan mereka yang Allah Ta’ala berikan nikmat pada mereka, bukan jalan kaum Yahudi yang Allah Ta’ala murkai dan bukan pula jalan kaum Nashrani yang sesat.

Print Friendly, PDF & Email


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.