Waktu Dzikir Pagi dan Petang



Waktu Dzikir Pagi dan Petang

Alih Bahasa : Reza Ervani

Pertanyaan

أنا سمعت أن أذكار وتحصينات المساء تبدأ قبل غروب الشمس أي قبل صلاة المغرب بعشر دقائق. وأنا أقرؤها بعد صلاة المغرب، وأذكار الصباح بعد صلاة الفجر، فالسؤال هو هل الفترة قبل صلاة المغرب بعشر دقائق أي قبل غروب الشمس إلى أن  أقرأ تحصينات المساء هل تشملني بهذه الفترة تحصينات الصباح التي قرأتها أم إنها تخرج عني قبل غروب الشمس.. أم لا يشملني التحصين؟

Aku pernah mendengar bahwa dzikir-dzikir sore sebaiknya dilakukan sebelum matahari tenggelam yakni sebelum sholat maghrib sekitar 10 menit. Aku juga pernah membaca bahwa dzikir sore dilaksankan setelah sholat maghrib dan dzikir pagi setelah sholat fajr.

Pertanyaannya apakah waktu ini sebelum sholat maghrib sepuluh menit adalah sebelum terbenamnya matahari ? Apakah hingga aku membaca doa perlindungan petang naungan perlindungan yang aku baca saat pagi hari mencakup waktu ini, ataukah perlindungan itu sudah tidak berlaku lagi sebelum matahari tenggelam ?

Jawaban

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala alihi wa shahbihi

فتستحب قراءة أذكار المساء فيما بين صلاة العصر إلى غروب الشمس، سواء كان ذلك في أول هذا الوقت أو في آخره، وكذا أذكار الصباح تستحب قراءتها ما بين صلاة الفجر إلى طلوع الشمس، سواء كان ذلك في أول هذا الوقت أو في آخره، ولا نعلم ما يفيد تقييد ذلك بعشر دقائق.. قال السفاريني في غذاء الألباب شرح منظومة الآداب: مطلب أذكار الصباح والمساء. اعلم أن أذكار طرفي النهار كثيرة جداً، والحكمة فيه افتتاح النهار واختتامه بالأذكار التي عليها المدار، وهي مخ العبادة وبها تحصل العافية والسعادة ونعني بطرفي النهار: ما بين الصبح وطلوع الشمس، وما بين العصر والغروب، قال الله تعالى: وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا. والأصيل هو: الوقت بين العصر إلى المغرب، قال الله تعالى: وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ. والإبكار: أول النهار، والعشي: آخره.

Waktu yang direkomendasikan untuk membaca dzikir sore adalah antara sholat ashar hingga terbenamnya matahari, baik pada awal waktu tersebut maupun diakhirnya. Sementara dzikir pagi direkomendasikan dibaca antara sholat Fajr hingga terbitnya matahari, baik pada awal waktu tersebut maupun diakhirnya. Dan kami tidak mengetahui/mendapati tentang faidah terkait membaca pada saat 10 menit sebelum matahari terbenam atau sebelum matahari terbit.

As Safaarini berkata dalam Kitab Ghizaaul Albaab syarh manzhumatul adaab :

“Dianjurkan untuk berdzikir pagi dan petang. Ketahuilah bahwa dzikir pada dua penghujung awal dan akhir siang banyak sekali, hikmahnya adalah mengawali siang dan menutupinya dengan dzikir-dzikir yang merupakan sebuah siklus, dan dia adalah intinya ibadah yang dengannya diperoleh kesehatan, kebahagiaan yang kita dambakan dari ujung hari hingga ke ujungnya lagi, antara subuh hingga terbit matahari serta antara ashar hingga tenggelamnya matahari.

Allah Ta’ala berfirman :

وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. (Surah Al Ahzaab ayat 42)

Al Ashila adalah waktu antara Ashar hingga Maghrib.

Allah Ta’ala berfirman :

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ

bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi. (Surah Ghaafir ayat 55)

Al Ibkaar : Permulaan Siang dan Al ‘Asyiyya : Akhir Siang

وقال: وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ. وهذا يفسر ما جاء في الأحاديث من قال كذا وكذا حين يصبح وحين يمسي، أن المراد به قبل طلوع الشمس وقبل غروبها، وأن محل هذه الأذكار بعد الصبح وبعد العصر قاله الإمام المحقق ابن القيم في الكلم الطيب والعمل الصالح…

Dan Allah Ta’ala berfirman :

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ

bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya). (Surah Qaaf ayat 39)

Ini ditafsirkan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits : seperti ini seperti ini ketika pagi dan ketika sore. Yang dimaksud adalah sebelum terbitnya matahari dan setelah tenggelamnya, dan dengan demikian dzikir dilakukan setelah shubuh dan setelah Ashar, demikian disampaikan oleh Al Imam Al Muhaqqiq Ibnu Qayyim dalam Kitab Al Kalamuth Thayyib Wal ‘amalush Shalih.

فمن ذلك ما أخرجه مسلم في صحيحه عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: من قال حين يصبح وحين يمسي سبحان الله وبحمده مائة مرة لم يأت أحد يوم القيامة بأفضل مما جاء به إلا رجل قال مثل ما قال أو زاد عليه.

Sebagaimana yang dikeluarkan oleh Muslim dalam Shahihnya dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dari Nabi shalallahu alaihi wa salam, beliau berkata :

“Barang siapa yang membaca (berdzikir) ketika pagi dan sore hari: ‘Subhaanallaah wa bihamdih’ (mahasuci Allah dan dengan segala pujian kepadaNya) sebanyak seratus kali, ia akan datang pada hari kiamat dengan membawa (pahala kebaikan) yang melebihi apa yang dibawa orang lain. Kecuali apabila orang lain tersebut juga mengatakan sebanyak itu, atau lebih banyak lagi dari itu”

وفي صحيحه أيضاً عن ابن مسعود رضي الله عنه قال: كان نبي الله صلى الله عليه وسلم إذا أمسى قال: أمسينا وأمسى الملك لله، والحمد لله، لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير رب أسألك خير ما في هذه الليلة وخير ما بعدها، وأعوذ بك من شر هذه الليلة وشر ما بعدها، رب أعوذ بك من الكسل وسوء الكبر. رب أعوذ بك من عذاب في النار وعذاب في القبر 

Diriwayatkan pula dalam shahihnya dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu anhu :

“Kami dan seluruh kerajaan memasuki waktu sore karena Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan AllAh semata, tiada sekutu bagi-Nya, semua kerajaan hanya milik-Nya dan segala pujian hanya untuk-Nya, Dia maha berkuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, aku memohon kebaikan yang ada di malam ini dan setelahnya, (sebaliknya) aku memohon perlindungan dari keburukan yang ada di malam ini dan setelahnya. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepadamu dari kemalasan dan buruknya umur tua. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepadamu dari adzab neraka dan adzab kubur.”

وإذا أصبح قال ذلك أيضاً 

Dalam redaksi yang lain menggunakan susunan :

أصبحنا وأصبح الملك لله.

وروى أبو داود واللفظ له والترمذي وقال حسن صحيح غريب والنسائي عن عبد الله بن خبيب رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم قل: قلت يا رسول الله ما أقول؟ قال: قل هو الله أحد، والمعوذتين حين تمسي وحين تصبح ثلاث مرات تكفيك من كل شيء…. انتهى.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, dan lafazh tersebut darinya dan At Tirmidzi. Dia mengatakan Hasan Shahih Gharib. Dan Nasa-i dari Abdullah bin Khubaib radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda : “Wahai Rasulullah katakan padaku apa yang harus kubaca ? Beliau berkata : Bacalah : “Qul Huwallahu ahad, dan Mu’awidzatain saat sore dan saat pagi tiga kali, niscaya kamu akan terjaga dari (gangguan) semua hal” – Selesai

ولو أن شخصاً انشغل عن الإتيان بالأذكار في هذا الوقت وأتى بها بعد المغرب أو بعد طلوع الشمس فلا حرج في ذلك، لأن وقت الصباح والمساء يتناول ذلك لغة، قال الرحيباني في مطالب أولى النهى: (و) سن (أن يقول عند صباح ومساء) ما ورد قال الموفق البغدادي في ذيل فصيح ثعلب: الصباح عند العرب: من نصف الليل الأخير إلى الزوال ثم المساء: إلى آخر نصف الليل. انتهى.

Kalau seseorang terkendala untuk melakukan dzikir pada waktu tersebut, lalu melakukannya setelah maghrib atau setelah terbitnya matahari, maka tidak ada yang salah, dikarenakan secara lughah waktu pagi dan petang mencakup saat itu. Berkata Ar Ruhaibani dalam Kitab Mathoolib Uulin Nuhaa pada bagian :

(و) سن (أن يقول عند صباح ومساء)

dan sesuai dengan yang dituliskan oleh Al Baghdadi di Kitab Dzil Fashiihu Tsa’lab : Ash Shobaah dalam bahasa Arab : dari setengah malam terakhir ke zaawal (tengah hari). Al Masaa-u : hingga ke pertengahan malam.

ومن الوارد في ذلك: ! (قل هو الله أحد) والمعوذتين ثلاث مرات حين يمسي وحين يصبح وأنه يكفي من كل شيء، وعن عثمان مرفوعاً: ما من عبد يقول في صباح كل يوم ومساء كل ليلة: بسم الله الذي لا يضر مع اسمه شيء في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم: ثلاث مرات لا يضره شيء. رواه أبو داود وغيره. وعنه صلى الله عليه وسلم: من قال إذا أصبح وإذا أمسى: رضيت بالله ربا وبالإسلام ديناً وبمحمد صلى الله عليه وسلم نبياً، إلا كان حقاً على الله أن يرضيه. رواه أبو داود.. انتهى.

Diantara yang disebutkan adalah قل هو الله أحد dan muawidzatain tiga kali saat sore dan saat pagi niscaya kamu akan terjaga dari (gangguan) semua hal.

Dan dari Utsman diriwayatkan secara marfu’ :

“Orang yang membaca pada pagi setiap hari dan petang setiap malam :

بسم الله الذي لا يضر مع اسمه شيء في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم

Dengan nama Allah yang bila namaNya disebut, tidak akan memudaratkan segala sesuatu yang di bumi dan di langit, Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

sebanyak tiga kali, tidak akan ada sesuatu yang membahayakannya” Diriwayatkan oleh Abu Daud dan selainnya.

Dan juga dari Rasulullah shalallahu alahi wa salam : Barangsiapa yang membaca saat pagi dan saat petang :

رضيت بالله ربا وبالإسلام ديناً وبمحمد صلى الله عليه وسلم نبياً، إلا كان حقاً على الله أن يرضيه

“Aku ridho Allah sebagai Robb, dan Islam sebagai Agama, dan Muhammad shalallahu alahi wa salam sebagai Nabi, kecuali menjadi haq Allah untuk meridhoinya”

Riwayat Abu Dawud

ونرجو من الله أن يشمل التحصين المذكور في بعض الأحاديث المقيد بقوله حتى يمسي أو حتى يصبح مثل حديث: من قال: بسم الله الذي لا يضر مع اسمه شيء في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم. ثلاث مرات لم تصبه فجأة بلاء حتى يصبح، ومن قالها حين يصبح ثلاث مرات لم تصبه فجأة بلاء حتى يمسي. رواه أبو داود وصححه الألباني. نرجو أن يشمل هذا التحصين جميع وقت المساء وجميع وقت الصباح.

Dan kita juga memohon naungan perlindungan dari Allah sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits dengan redaksi “hingga petang” atau “hingga pagi” seperti hadits :

Barangsiapa yang mengatakan :

بسم الله الذي لا يضر مع اسمه شيء في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم

“sebanyak tiga kali maka tidak akan menimpanya bala bencana hingga pagi hari, dan jika dia membacanya saat pagi hari tiga kali, maka tidak akan menimpanya bala bencana hingga petang hari.” Diriwayatkan oleh Abu Daud dan dishahihkan oleh Albani.

Kita berharap naungan perlindungan ini pada seluruh waktu petang dan seluruh waktu pagi.

Allahu ‘A’lam


Versi Web yang lebih nyaman dibaca dan disertai daftar mufrodat : http://rumahilmu.or.id/u/90

Izin gabung ke grup WA Maktabah Rumah Ilmu : http://rumahilmu.or.id/u/izingabung

Donasi : http://rumahilmu.com/donasi


المفردات

تحصين: (اسم)

تحصين : مصدر حَصَّنَ

حَصَّنَ: (فعل)

حصَّنَ يحصِّن ، تحصينًا ، فهو مُحصِّن ، والمفعول مُحصَّن

حَصَّنَ الجُنْدُ الْمَدِينَةَ : جَعَلُوهَا حَصِينَةً ، مَنِيعَةً

حَصَّنُوا مَوَاقِعَهُمْ : عَزَّزُوهَا

حَصَّنَتِ الْمَرْأةُ نَفْسَهَا : عَفَّتْ

حصَّنَ زوجتَه : أحصنها ، أعفَّها

حصَّن فلانًا : زوَّجه

حصَّن فلانًا : اتّخذ الحيطة لوقايته من المرض ونحوه ،

 ( اسم ): مَسِير الْكَوَاكِب حَوْل الشَّمْس

cycle
– recurrent round or period (of events); time needed for such round or period
– a sphere; a globe
– path followed by a planet, star, moon, etc round another body
– one of the two imaginary lines around the world .
– orbit

 ( اسم ): نُخاع

cerebrum
– the principal part of the brain in vertebrates,located in the front area of the skull,which integrates complex functions
– a part of the brain
– bone marrow

 ( فعل ): حُصِلَ عليه

be achieved ; be acquired ; be attained ; be gained ; be obtained ; be procured ; be realized ; be received

– be gained or obtained
– accomplished; achieved; fulfilled; reached; gained; realized; won
– be reached; realized; gained; earned; obtained
– to happen as a result of something
– be obtained
– gained; obtained; earned; acquired
– acquired; gained; gotten, or reached for
– be obtained
– occur as a result, have a specified effect or outcome

عَنَى: (فعل)

  • عنَى يَعنِي ، اعْنِ ، عِنايةً وعُنِيًّا وعَنْيًا ، فهو عانٍ ، والمفعول مَعْنِيّ

be aspired, desired, seeked
– to mean:to be a sign of something :indicate
– aim at
– mark or point out clearly:give a name or title to
– purpose, mean
– to have the meaning of or signify
– intend ,mean ,or plan
– be wishing , intending (to) ; be desiring or ready to

إتْيان: (اسم)

  • إتْيان : مصدر أَتَى

 ( فعل ): تَلَهَّى

be or become happy and thinking of nothing else – spend the time with

 ( اسم ): ظُهْر

midday ; noon



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.