Jumlah Hadits Shahih



Jumlah Hadits Shahih

oleh : Al Fasiry

بسم الله الرحمن الرحيم

Jumlah Hadits Shahih – Pernahkah terlintas dalam pikiran kita mengira-ngira jumlah hadits yang shahih dari Nabi saw ?

Al-Hafidz Ibnu Hajar al Asqolani dalam kitabnya: an Nakt ‘ala kitab Ibnish-Sholah halaman 992 menuturkan: Abu Ja’far Muhammad bin al Husain dalam kitab at Tamyiiz dari Syu’bah, ats-Tsauri, Yahya bin Sa’id, Ibnul Mahdi, Ahmad bin Hanbal dll, bahwa jumlah hadits musnad dari Nabi saw (yakni yang shahih tanpa pengulangan) sebanyak 4.400 hadits saja.

Jumlah ini lebih banyak dari yang disebutkan al-Hafidz Ibnu Rajab dari Imam Abu Dawud yang menyebutkan hanya 4.000 saja (Jami’ al ulum wal hikam:9). Tentu yang dimaksudkan mereka, adalah hadits shahih seputar hukum.

Mari kita hitung sederhana,

  • Hadits dalam shahih Bukhari dan Muslim tanpa berulang semuanya sebanyak 2.980 hadits,
  • Hadits dalam sunan Abi Dawud selain yang sudah disebutkan dalam shahih Bukhari dan Muslim, tanpa pengulangan sebanyak 2450 hadits
  • Dalam Jami’ Tirmidzi selain yang terdapat dalam 2 kitab shahih dan sunan Abi Dawud, sebanyak 1350 hadits tanpa pengulangan.
  • Dalam sunan Nasa’i, selain yang terdapat dalam keempat kitab hadits diatas, sebanyak 2400 hadits tanpa pengulangan.
  • Hadits yang ada dalam sunan Ibnu Majah selain yang sudah disebutkan dalam 5 kitab diatas sebanyak 600 hadits marfu tanpa pengulangan dimana lebih dari 500 dari padanya yang dloif.
  • Hadits dalam Kitab Muwaththo selain yang sudah disebutkan sebelumnya hanya 50 hadits
  • Hadits dalam musnad Imam Ahmad secara mandiri sekitar 1500 hadits
  • Kita tambahkan hadits dalam kitab Nailul Author yang berasal dari sunan Daroquthni dan mu’jam Thobroni secara mandiri berjumlah 500 hadits.

Total keseluruhan dari 9 kitab hadits yang disebutkan berjumlah 11.830 hadits. Sedangkan yang shahih sebagaimana disebutkan dimuka hanya 4.400 hadits.

Betapa lebih banyak hadits dloif dan maudlu yaitu 62.8% dari pada hadits yang shahih yaitu 37.2%.

Jumlah total hadits diatas belum lagi ditambah hadits mandiri dalam kitab shahih Ibnu Khuzaimah, shahih Ibnu Hibban dll.

Syeikh al-Ghumari berpendapat, pernyatan ulama mutaqoddimin yang menghitung hadits shahih sekitar 5.000 an itu hanya yang shahih lidzatih belum mencakup yang hasan. Adapun bila gabungan keduanya tanpa berulang menurut beliau mencapai 30.000 hadits sedangkan yang dloif dan maudlu mencapai 70.000 hadits. Dua kali lipat lebih, hadits dloif dan palsu melebih jumlah hadits yang shahih. Masya’ Allah

Paparan sederhana diatas cukup menjadi penyemangat para thullab ilmu hadits, berupaya maksimal untuk memilah hadits shahih dan hadits dloif demi menjaga keaslian Sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulillah saw 14 abad yang lalu.

Wallahu A’lam.

Print Friendly, PDF & Email


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.