[Ensiklopedi Al Quran] Sebagian Topik di Surah Al Baqarah



موضوعات السُّورة

Topik-topik di Surah Al Baqarah

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

من أَبرزِ الموضوعاتِ التي تناولتْها سورةُ البَقرة:

Di antara topik yang paling menonjol yang dibahas dalam Surat Al-Baqarah :

١ – وصْف أصناف النَّاس، حيثُ قسَّمتْهم ثلاثةَ أقسام، هم: المؤمنون، والكافِرون، والمنافقون.

1. Mendeskripsikan golongan-golongan manusia, membaginya menjadi tiga kategori, yakni : Orang-orang yang beriman, Orang-orang Kaafir dan orang-orang Munafik

٢ – وصيَّةُ الناس كافَّةً بعبادة ربِّهم، مع ذِكر بعض نِعمه الجليلة عليهم، التي تدلُّ على استحقاقِه سبحانَه وتعالى للعبادة وحْده، مع تحذيرهم إنْ لم يمتثلوا هذا الأمر، وتبشير مَن امتثل منهم بما أعدَّه الله تعالى له من النَّعيم المقيم.

2. Mewasiatkan kepada manusia untuk sepenuhnya beribadah kepada Robb mereka, dengan menyebutkan sebagian nikmat yang besar yang menunjukkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah satu-satunya yang berhak diibadahi, juga peringatan bagi mereka yang tidak mematuhi perintah ini, serta kabar gembira bagi mereka yang mematuhi berupa balasan yang disediakan Allah Ta’ala bagi mereka berupa kenikmatan yang kekal.

٣ – بداية خَلْق الإنسان، وحوار الله عزَّ وجلَّ مع ملائكتِه.

3. Awal penciptaan manusia, dan dialog antara Allah Azza wa Jalla dengan para malaikatnya.

٤ – قِصَّة استخلاف آدَم في الأرض، وقصَّته مع الشيطان.

4. Kisah diturunkannya Adam alaihi salam ke bumi, dan kisahnya dengan syaithan

٥ – عَرْض أبرز الأحداث التي وقعتْ لبني إسرائيل.

5. Memaparkan peristiwa yang paling menonjol yang terjadi pada Bani Israail

٦ – قِصَّة ابتلاء إبراهيمَ بالكلمات، وبنائِه الكعبةَ مع ولده إسماعيل، ووصيَّته لأبنائه ويعقوب، ووصية يعقوب لأبنائِه.

6. Kisah ujian Ibrahiim alaihi salam dengan beberapa kalimat (perintah), dan pembangunan Ka’bah bersama putra beliau, Ismail alaihi salam, dan wasiatnya kepada putra-putranya, dan Ya’qub alaihi salam, serta wasiat Ya’qub kepada putra-putranya.

٧ – عَرْض مجموعة من الأحكام الشرعيَّة في جانب العبادات، تتعلَّق بالصَّلاة والصَّدقة، والصَّوم، والحجِّ، وفي جانب المعاملات، كالرِّبا والدَّيْن، والرَّهن، وكذلك في جانب الأُسْرَة من النِّكاح والطَّلاق والإيلاء والعِدَد، وغير ذلك من أحكام.

7. Pemaparan sejumlah hukum syar’iyah terkait ibadah, berhubungan dengan sholat, shadaqah, shaum, haji. Juga terkait muamalah, seperti riba, hutang, dan jaminan. Juga yang terkait dengan keluarga, seperti pernikahan, talak, pengasuhan, iddah dan hukum-hukum lainnya.

٨ – عَرْض وقائع في إحياء الله الموتى، ومنها: (قصة قتيل بني إسرائيل، وقصة الذين أصيبوا منهم بصاعقة أماتتهم، وقِصَّة الذين خرَجوا من دِيارهم وهم أُلوف حذرَ الموت، وقِصَّة الذي مرَّ على قريةٍ وهي خاويةٌ على عروشها، وقصَّة إبراهيم عليه السَّلام مع الطَّير).

8. Pemaparan fakta-fakta tentang dibangkitkannya mereka yang telah mati oleh Allah Ta’ala, diantaranya kisah terbunuhnya Bani Israail, kisah mereka yang terbunuh karena petir yang menyambar mereka, kisah mereka yang keluar dari kampung mereka ribuan orang karena takut mati, kisah orang yang melewati suatu negeri yang atap-atapnya telah roboh menimpa bangunan-bangunannya, dan kisah Ibrahim alaihi salam bersama dengan burung-burung.

٩ – قِصَّة طالوت وجالوت مع الملأ من بني إسرائيل من بعدِ موسى عليه السَّلام.

9. Kisah Thalut dan Jalut dengan para pemuka dari Bani Israil setelah masa Nabi Musa alaihi salam

١٠ – قصَّة الذي حاجَّ إبراهيمَ عليه السَّلام في ربِّه.

10. Kisah orang yang mendebat Nabi Ibrahim alaihi salam tentang Robbnya.

Allahu Ta’ala ‘A’lam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.