Studi Kitab “Tahdzibul kamal fi asma ar Rijal” Karya al-Mizzi



Studi Kitab “Tahdzibul kamal fi asma ar Rijal” Karya al-Mizzi

Pendahuluan

Tahdzibul kamal fi asma ar Rijal

Ilmu Rijal adalah satu disiplin ilmu yang penting untuk dikaji dalam rangka mendalami hadis-hadis nabi, hal ini bias dilihat dari perkembangan ilmu rijal itu sendiri dan banyak ulama hadis yang menaruh perhatiannya pada disiplin ilmu rijal.

Salah satu ulama yang menaruh perhatiannya adalah al Mizzi dengan karyanya yang diberi nama Tahdzibul kamal fi asma’ ar Rijal. Sebuah kitab monumental yang disusun sekitar pada tahun 705 H sampai sekarang digunakan oleh pemerhati hadis-hadis nabi jika mereka melakukan penelitian.

Dari sedikit pengetahuan dasar tersebut, kami mencoba untuk mengulas kitab tahdzibul kamal karya al mizzi tersebut dengan tujuan agar para pembelajar hadis pada jaman sekarang dapat bertambah wawasannya akan halnya ilmu rija al hadis dan semoga bermanfaat.

Biografi al Mizzi

Nama lengkap al Mizzi adalah al Hafidz Jamaluddin Abu al Hajjaj Yusuf ibn al Zaki Abd Rahman bin Yusuf bin Ali Abd al Mulk bin Ali bin Abi al Zuhr al Kalbi al Kudha’I al Mizzi. Ia dilahirkan pada 10 Rabiul Akhir 654 H di Syam. Ia wafat pada 12 Shafar 742 H dan di makamkan disamping isterinya, Aisyah bin Ibrahim bin Shadiq, disebelah barat makam Ibn Taymiyyah.

Al Mizzi pertama kali belajar pada tahun 675 H, ia belajar hadis pertama kali pada Zainudin Abi al Abbas Ahmad bin Abi al Khair  Salamah bin Ibrahim al Dimasyqi al Haddad al Hambali(589-678H). Dari sinilah, muncul keinginan yang tinggi terhadap Hadis sehingga ia mengarahkan cita-citanya untuk belajar dan mendalami Hadis, hal ini dibuktikan dengan didalaminya kitab-kitab hadis, seperti kutubbut tis’ah, musnad al imam ahmad, al mu’jam al kabir karya al Thabarani serta banyak kitab yang lainnya.

Kemudian al Mizzi mengembara ke kota-kota Palestina, Himsha, Himah dan Ba’albak. Ia kemudian melanjutkan perjalanannya dengan menunaikan ibadah haji dan belajar di Makkah dan Madinah. Setelah itu, ia pergi ke Mesir dan di Alexandria ia belajar kepada Shadr al Din Sahnun sampai pada tahun 684 H. Pada tanggal 23 Dzulhijjah 718 H, ia menjadi pemimpim lembaga Hadis terbesar di Damasku, Dar al Hadis al Asyrafiyyah.

Al Mizzi juga mengajar di lembaga pendidikan Darul Hadis al Himshiyah  dan pad tahun 739 H di angkat menjadi pimpinan lembaga hadis termaju di Damaskus, Darul Hadis al Nuriyah, sampai wafat.

Latar Belakang Penulisan Tahdzibul Kamal

Sebuah inspirasi yang memacu al Mizzi untuk membuat karya tulis dalam Rijalul Hadis adalah kitab al kamal fi asma’I Rijal karya al Hafidz Abu Muhammad Abd al Ghani, kitab ini memuat semua para perawi kutubbut tis’ah, baik dari kalangan sahabat, tabiin, atba’ tabiin sampai semua guru-gurunya.

Namun bagi al Mizzi, kitab tersebut mempunyai kekurangan-kekurangan yang harus di carikan solusinya, di antara kekurangan-kekurangan tersebut adalah kebanyakan nama-nama hingga mencapai ratusan jumlahnya dari perawi kutubuttis’ah kurangnya penjesalan dan informasi.

Hal inilah yang mendorong al Mizzi pada keputusan untuk menyusun kitab baru yang berdasarkan perawi-perawi dalam kitab al kamal dan kitab itu dinamakan dengan Tahdzibul kamal fi asma’I rijal. Ia memulai menulisnya pada tanggal 9 Muharram 705 H dan selesai pada Hari Raya Idul Adha 712 H, kitab tersebut terdiri dari 14 jilid yang oleh al Mizzi mulai dipresentasikan pada 706 H..

Sistematika Penulisan

  1. Al Mizzi memulainya perawi dengan berdasarkan urutan mu’jam, bapak-bapak mereka dan memulainya dengan nama ahmad.
  2. Hal ini ia juga lakukan dalam tentang kunyah, nasab, laqab dan perawi wanita,
  3. Al Mizzi menyebutkan sejumlah biografi untuk membedakan dalam nama dan tingkatannya para perawi kutubut tis’ah.
  4. Al Mizzi membedakan nama-nama yang ia tambahkan dari biografi kitab al kamal dengan tanda yang berbeda. Ia menulis nama perawi dan nama ayah dari perawi tersebut.

  5. Jika ada sebuah periwayatan dari jalur sahabat, ia mencatumkan periwayatan tersebut atau orang yang meriwayatkan darinya.

  6. Apabila ada periwayatan langsung dari imam enam maka al Mizzi mencatumkan periwayatannya atau periwayatan dari orang yang meriwayatkan darinya atau orang lain yang meriwayatkan dari orang yang meriwayatkan darinya.

  7. Jika ada sebuah periwayatan secara langsung dan tidak maka ia cantumkan terlebih dahulu.

  8. Jika ada periwayatan tidak langsung kemudian ada periwayatan secara langsung maka ia cntumkan yang yang tidak langsung sedangkan periwayatan yang secara langsung di beri sebuah kode tersendiri,

Keunggulan Kitab Tahdzibul Kamal

  1.     Memulai penyusunan perawi berdasarkan urutan mu’jam
  1. Al Mizzi mengulangi susunan biografi dari guru dan perawi setelah membari banyak tambahan.
  2. Al Mizzi memberikan masing-masing pengarang kode sebanyak 27 kode. 6 kode untuk yang disepakati dalam kitab kutubuttis’ah, 2 kode untuk yang disepakati pengarang kitab sunan dan 19 kode untuk kitab lainnya. Kode ditulis di setiap nama pemilik biografi dengan warna hitam karena penulisan nama-nama dengan warna merah.
  3.  Al Mizzi juga menambahkan empat pasal penting di akhir kitabnya yang tidak ada dalam kitab al kamal :
    • Fasl fi man isytaha bi al nisbati ila abihi aw jaddihi aw ummihi aw ‘ammihi aw nahwi dzalik.
    • Fasl fi man isytahara bi nisbati ila qabilah aw shina’ah aw nahwi dzalik.
    • Fasl fi man iasytahara bi laqabihi aw nahwi dzalik
    • Fasl fi mubhamat

Tambahan-tambahan yang mendasar diatas menjadikan kitab ini tiga kali lipat besarnya dari pada kitab al kamal. Al Tahdzib memiliki 250 bagian hadis yang tertulis dalam 40 halaman. Al Mizzi menyusun kitabnya dengan susunan yang baru baik bentuknya secara umum maupaun pokok-pokok dari setiap biografi, ia membuat susunan dalam sebagian kitabnya dengan susunan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Kutipan Kitab Tahdzibul Kamal

  •  Rawi berdasarkan huruf mu’jam

(١)   ـ أَحْمَدُ بنُ إِبْرَاهِيـمَ بنِ خَالِد الْمَوْصِلِي، أَبُو عَلِي، نَزِيْـلُ بَغْدَاْد.

روى عن: إبراهيـم بن سَعْد بن إبراهيـم بن عبد الرحمن بن عَوْف الزّهرِيّ الـمدنـيّ، وإبراهيـم بن سُلَـيْـمان أبـي إسماعيـل الـمؤدب، وإسماعيـل بَن إبراهيـم بن مِقْسَم الأسَدي الـمعروف بـابن عُلَـيّة، وجعفر ابن سلـيـمان الضّبَعِيّ، وحُبَـيّب بن حَبِـيْب الكوفـيّ أخي حَمْزة بن حَبـيْب الزيّات القارىء، والـحكم بن سِنان البَـاهلـي القِرَبِـيّ، والـحكم بن ظُهَيْر الفَزاريّ، وحَمّاد بن زَيْد، وخَـلَف بنِ خـلـيفة، وسعيد بن عبد الرحمن الـجُمَـحِيّ، وأبـي الأحْوَص سَلاّم بنَ سُلَـيْـم الـحَنَفِـيّ، وأبـي الـمنذر سَلاّم ابن سلـيـمان القارىء، وسيف بن هارون البُرْجُمِيّ، وشريك بن عبدِ الله النّـخَعِيّ القاضي، وصالـح بن عُمر الواسطيّ، والصّبَـيِ بن الأشعَث ابن سالـم السّلُولِـيّ، وأبـي زُبَـيْد عَبْثَر بن القاسم الزّبَـيْديّ الكوفـيّ، وعبد الله بن جعفر بن نُـجَيْح الـمَدِينـيّ والد علـي ابن الـمَدِيْنـيّ، وعبدِ الله بن الـمبـارك، وعمر بن عُبَـيْد الطّنَافِسيّ، وفرج بن فَضالة الشاميّ (فق)، ومـحمد بن ثابت العَبْدِيّ (د)، ومعاوية بن عبد الكريـم الثّقَـفـيّ الـمعروف بـالضّالَ، وأبـي العلا ناصح بن العلاَء، ونوح بن قـيس الـحُدّانـيّ، وأبـي عَوانة الوَضّاح بن عبد الله الـيَشْكُريّ الواسطيّ، ويزيد بن زُرَيْع، ويوسف بن عَطية الصفّـار البَصْري.

روى عنه : أبو داود حديثاً واحداً، و إبراهيـم بن عبد الله بن الجُنَيْد الخُتّليّ، وأحمد بن الـحسن بن عبد الـجبـار الصّوفـي الكبـير، وأبو يَعْلَـى أحمد بن علـي بن الـمُثنى الـمَوْصِلِـيّ، وأبو العبـاس أحمد بن مـحمد بن خالد البَرَاثِـيّ، وأحمد بن مـحمد بن عبد العزيز بنالـجعد الوَشّاء، وأحمد بن مـحمد بن الـمُسْتلـم، وجعفر بن مـحمد بن قْتـيبة الأنصاريّ الكوفـيّ، والـحسن بن علـي بن شبـيب الـمَعْمريّ، وحَمّاد بن الـمُؤمّل الضريرُ، وعبدُ الله بنُ أحمد بن مـحمد بن حَنْبل، وأبو القاسم عبدُ الله بن مـحمد ابن عبد العزيز البغوي، وأبو بكر عبدُ الله بن مـحمد بن عُبَـيد بن سفـيان القُرَشيّ الـمعروف بـابن أبـي الدنـيا،

  • Berdasarkan kunyah

(8779) ـ س: أبو إبْرَاهيـم التَّرْجمَانِي، اسمه: إسْمَاعِيـل بن إبراهيـم بن بَسَّام.

روىٰ عن: شُعيب بن صَفْوان (س)، وغيرِه.

روىٰ عنه: زكريا بن يحيـى السِّجْزِيُّ (س)، وغيرُه.

روى له النَّسائي. وقد تَقَدَّم فـي الأسماء. (ر: 407).

  • Beradasarkan man isytahara ila abihi, jaddihi, ummihi, ‘ammihi aw ghairu dzalik.

(10052) ـ [شه ابنُ أَبْجِر]، هو: عبد الـملِك بن سعيد بن حَيّان بن أَبْجَر. (ر: 4111).

  • Berdasarkan laqab

(11111) ـ أبو الأَحْوص: محمد بن الهيثم بن حَمّاد قاضي عُكْبَرا كُنيته أبو عبد الله، و أبو الأحوص لقبٌ غلب علـيه (ر: 6258).

  • Berdasarkan Mubhamat

(11176) ـ بخ د: إبْراهِيـمُ بنُ أبـي أَسِيد البَرّاد.

عن: جده، عن أبـي هريرة «إياكم والبغضة وإياكم والـحَسَد».

إن لـم يكن جده سالـم بن عبد الله البَرّاد مولـى القرشيـين، فلا أدري من هو (ر: 149).

  • Berdasarkan bab perawi wanita

(11414) ـ ع: أَسْمَاءُ بنتُ أبـي بَكْرٍ الصّدّيق زَوْجَة الزّبَـير بن العَوّام، وهي شَقِـيقَةُ عَبْد الله بن أبـي بَكْر. أُمّهُما أمّ العَزّىٰ قَـيْـلة، ويقال: قُتَـيْـلَةُ بنتُ عَبْدِ العُزّىٰ بنِ عَبْدِ أسعد بن جَابِر، وقـيـل: نَصْرُ بنُ مَالِكِ بنِ حِسْلِ بنِ عَامِرِ بنِ لُؤيّ.

كان إسلامها قديـماً بـمكة وهاجرت إلـىٰ الـمدينة وهي حامل بعبد الله بن الزبـير.

روت عن: النّبِـيّ (ع).

روىٰ عنها: تَدْرُس جَدّ أبـي الزّبـير مـحمد بن مُسلـم بن تَدْرُس الـمكيّ مولـىٰ حَكيـم بن حِزام، وطَلـحة بن عبد الله بن عبد الرّحمٰن بن أبـي بكر الصّديق، وعَبّـاد بن حَمْزة بن عبد الله بن الزّبـير (م س)، وعبـاد بن عبد الله بن الزّبـير (ع)، وابنها عبد الله بن الزّبـير، وعبد الله بن عبـاس (م)، وعبد الله بن عُبَـيْد الله بن أبـي مُلَـيْكة (ع)، وعبد الله بن عُروة بن الزّبـير، ومولاها عبد الله بن كَيْسان (خ م د س ق)، وابنها عُروة بن الزّبـير (خ م د س)، والقاسم بن مـحمد الثّقـفـيّ، ومرزوق الثّقـفـيّ (بخ) (خادم عبد الله بن الزّبـير)، ومُسلـم الـمُقرىء (م)، وأبو نوفل بن أبـي عَقْرب (م)، وأبو واقد اللّـيثـي، وصَفـيّة بنت شيبة (خ م س ق)، وفـاطمة بنت الـمُنْذر بن الزّبـير (ع).

وكانت تسمىٰ ذات النّطاقـين، وإنـما قـيـلَ لها ذلك لأنّها صَنَعت للنّبِـيّ سُفْرة حينَ أراد الهِجْرة إلـىٰ الـمدينة فَعَسُرَ علـيها ما تَشدّها به، فَشَقّت خِمارها، فَشدّت السّفْرة بِنِصفه، وانَتَطَقت بـالنّصف الثّانـي، فسمّاها رسول الله : ذات النّطاقـين. هكذا ذكر مـحمد بن إسحاق وغيرُه.

وقال الزّبـير بن بَكّار فـي هذا الـخَبَر: إن رسول الله قال لها: أبْدَلك الله بنطاقِك هذا نطاقـين فـي الـجَنّة، فقـيـل لها: ذات النطاقـين.

وقال الأَسو

  • Berdasarkan Kunyah perawi wanita

(11605) ـ د ت س: أُمّ بُجَيْد الأَنْصَارِيّة يقال: اسمُهَا حَوّاء، لها صُحبة، وكانت من الـمُبـايعات.

روىٰ حديثَها عبد الرّحمٰن بن بُجَيْد الأَنْصاريّ (د ت س)، عن جَدّته أُمّ بُجَيْد الأنصاريّة، عن النّبِـيّ «رُدّوا السائلَ ولو بظلفٍ مُـحْرَق».

روى لها أبو داود، والتّرمذيّ، والنّسائي.

Penutup

Meski kitab tahdzibul kamal fi asma ar Rijal karya al Mizzi ini menimbulkan pro kontra yang antara lain apakah kitab tersebut sebagi ringkasan, penyempurna atau hal baru dari kitab al kamal fi asma’I rijal karya al Ghani namun kitab tersebut telah memberikan warna tersendiri pada ilmu rija al hadis, terutama dari ketegori penyusunan dan sistematika kitab rijal yang ada.

Demikianlah yang bias kami ulas dan kami sadar tiada gading tak retak maka kami sebagai pemkalah membuka seluas-luasnya saran, kritik maupun yang lain untuk menjadikan pengetahuan tentang kitab ini lebih bertambah dan semoga bermanfaat.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.