Berapakah Jumlah Ayat di dalam Al Quran ? : (8) Jumlah Penghitungan Ayat Al Quran Menurut Madzhab Al Humusy

Berapakah Jumlah Ayat di dalam Al Quran ? : (8) Jumlah Penghitungan Ayat Al Quran Menurut Madzhab Al Humusy

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

قَالَ أبو عَمْرو عثمانُ بنُ سَعيدٍ الدانيُّ (ت:444هـ): (ولأهل حمص عدد سابع كانوا يعدون به قديماً وافقوا في بعضه أهل دمشق وخالفوهم في بعضه، وأوقفتْه جماعتهم على خالد بن معدان رحمه الله، وهو من كبار تابعي الشاميين.

Abu Amr Utsman ibn Sa’iid Ad Daaniy (wafat 444 H) berkata : Penghitungan Ahlul Humusy adalah perhitungan ketujuh, yang merupakan perhitungan yang lebih dulu ada, sebagian sama dengan Ahlul Dimasyq, dan sebagian lain ada yang berbeda. Keseluruhannya merujuk kepada Khalid ibn Ma’daan rahimahullah. Beliau adalah Tabi’in Kibar dari Syam

قال أبو الحسن بن شنبوذ: بلغني عنه فيما حدثني أبو معاوية عثمان بن عمر الحمصي، قال: حدثني كثير بن عبد الله المذحجي مقرئ أهل مسجد حمص قال: هذا عدد أهل حمص الذي استخرجوه من مصحف خالد بن معدان.

Abu Al Hasan ibn Syanabudz berkata : Disampaikan padaku perkataan Abu Mu’awiyah Utsman ibn Umar Al Humusy, dia berkata : Berkata padaku Katsiir ibn Abdillah Al Madzhajii, seorang Muqri ahlu Masjid Humusy, dia berkata : Penghitungan jumlah ayat Al Quran oleh orang-orang Humusy adalah yang didapatkan dari Mushaf Khaalid ibn Ma’daan.

قال ابن شنبوذ: وحدثني أبو معاوية بإسناد ذكره عن المعافى بن عمران، عن إسماعيل بن عياش، عن سوادة بن زياد البرجمي، بجملة عدد فواتح السور على هذا العدد، عدد أهل حمص، وهو عدد خالد بن معدان.

Ibnu Syanabudz berkata : Dikatakan kepadaku oleh Abu Mu’awiyah dengan isnad yang disebutkannya dari Al Mu’aafaa ibn Imraan, dari Isma’iil ibn ‘Ayyasy, dari Sawadah ibn Ziyad Al Barjamiy, perhitungan awal-awal surah menggunakan perhitungan tersebut, yakni perhitungan Ahlu Humusy, yakni perhitungan Khalid ibn Ma’daan.

قال ابن شنبوذ: وحدثني أحمد بن عبد الله بن زياد الإيادي، قال: حدثني موسى بن محمد السكوني، قال: قرأت على أبي حيوة شريح بن يزيد الحضرمي قارئ أهل حمص بعدد آي القرآن سورة سورة على هذا العدد عدد أهل حمص). [البيان:70]

Ibnu Syanabudz berkata : Mengatakan kepadaku Ahmad ibn Abdullah ibn Ziyad Al Iyaadiy, dia berkata : Berkata kepadaku Musa ibn Muhammad As Sakwaniiy, dia berkata : Aku membaca kepada Abi Haywah Syuraih ibn Yazid Al Hadhromiy, seorang Qari’ penduduk Humusy, dengan penghitungan ayat Al Quran surat per surat, penghitungan ini adalah penghitungan Ahlu Humusy [Kitab Al Bayan fii Adul Ayil Qurani : 70]

قَالَ عَبْدُ الفَتَّاحِ بنُ عَبْدِ الغَنِيِّ القَاضِي (ت: 1403هـ) : (العدد الحمصي: هو ما أضيف إلى شريح بن يزيد الحمصي الحضرمي وعدد الآي فيه 6232). [نفائس البيان:؟؟]

Abdul Fataah ibn Abdil Ghaniy Al Qaadhiy (wafat 1403 H) mengatakan : Jumlah penghitungan ayat Al Quran Al Humusy adalah tambahan dari Syarih ibn Yazid Al Humusy Al Hadhromiy, yakni sejumlah 6232 ayat [Kitab Nafaa-isul Bayan]

قَالَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَلِيّ مُوسَى (ت: 1429هـ): (تنبيه: اعلم أن الشاطبي رحمه الله تعالى لم يذكر في هذه القصيدة العدد الحمصي أنه تبع في نظمه ما نقله الفضل بن شاذان كما سيصرح بذلك. والفضل بن شاذان لم يتعرض لذكر الحمصي والشاطبي لم يذكره لكونه غير مشهور أو لعدم اتصال هذه الرواية فذكر الستة الأول، قال الداني: (ولأهل حمص عددٌ سابع كانوا يعدون به قديمًا ووافقوا بعضه في أهل الشام وخالفوهم في بعضه وأوقفتهم جماعتهم على خالد بن معدان وهو من كبار تابعي الشاميين، قال أبو الحسن بن شنبوذ: بلغني عنه، حدثنا أبو معاوية بن عمر الحمصي قال: حدثني كثير بن عبد الله المدججي مقرئ أهل مسجد حمص قال: هذا عدد أهل حمص الذي استخرجوه من مصحف خالد بن معدان) انتهى.

 

Abdur Razaq Aliy Muusa (wafat 1429 H) mengatakan dalam Catatan Kaki beliau untuk Kitab Syarah Al Mukhalillatiy “Catatan : Ketahuilah bahwa Asy Syatibiy rahimahullahu Ta’ala tidak menyebutkan dalam Qashidah ini perhitungan orang-orang Humusy, karena beliau mendasari nazhamnya pada apa yang dinukilkan oleh Ibnu Syaadzaan. Al Fadhli Ibnu Syaadzan tidak mempertimbangkan untuk menyebutkan perhitungan Ahlu Humusy. Imam Asy Syatibi tidak menyebutkannya pula, karena perhitungan tersebut tidak masyhur atau tidak tersambung riwayatnya sebagaimana perhitungan enam madzhab sebelumnya. [Beliau lalu mengutip apa yang disampaikan Imam Ad Daaniy di Al Bayan fi Adil Ayil Quran sebagaimana ditulis di dua paragraf pertama tulisan ini]”

فالمراد بالعد الحمصي هو ما رواه أبو حيوة شريح بن يزيد الحضرمي مسندًا إلى خالد بن معدان السلمي الحمصي وهو من كبار التابعين وهو عن جماعة من الصحابة منهم عمر ومعاوية وأبو أمامة وغيرهم، [أنظر بشير اليسر ص21 ولوامع البدر بتصرف ورقة 24] ).[التعليق على القول الوجيز:  110 – 109]

Adapun yang dimaksud perhitungan Ahlu Humusy adalah yang diriwayatkan Abu Haywah Syuraij ibn Yaziid Al Hadhrami, yang disandarkan kepada Khalid ibn Ma’daan As Sulamiy Al Humusy, beliau adalah Tabi’in Kibar, yang meriwayatkannya dari beberapa shahabat, diantaranya Umar, Mu’awiyah, Abu Umamah dan selainnya. (Lihat Basyiirul Yusri halaman 21 dan Lawaami’ul Buduur 24) [Catatan Kaki Syarah Qaulul Wajiz Al Mukhalillaatiy halaman 109 – 110]

قَالَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَلِيّ مُوسَى (ت: 1429هـ): (تنبيه آخر: سأذكر إنشاء الله تعالى في خاتمة كل ترجمة مذهب الحمصي في مواضع الخلاف منبها على ما بَينَه وبَينَ الدمشقي في هذه المواضع من وفاق أو خلاف كما أشرت إلى ذلك في المقدمة).[التعليق على القول الوجيز: 110]

Syaikh Abdur Razaq ‘Ali Musa (wafat 1429 H) memaparkan pada tahqiq-nya untuk Kitab Syarah Al Mukhalilaaty ‘ala Naazhimati Az Zuhri perbedaan antara perhitungan Ahlud Dimasyqi dengan Ahlu Humusy.

Allahu Ta’ala ‘A’lam

Bersambung ke Tulisan Penutup in sya Allah.

Print Friendly, PDF & Email

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.