[Ulama] DR. Wahbah Zuhailiy – Ulama yang menafsirkan Al Quran sebanyak 3 kali (Bagian 2 dari 2 Tulisan)



DR. Wahbah Zuhailiy – rahimahullahu Ta’ala – Ulama yang menafsirkan Al Quran sebanyak 3 kali (Bagian 2 dari 2 Tulisan)

(Muqaddimah Tafsir Al Waasith oleh DR. Wahbah Zuhailiy)

Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

وربما يتساءل بعض الناس عن أوجه الشبه والاختلاف بين هذه التفاسير الثلاثة، فأقول:

Barangkali sebagian masyarakat bertanya terkait persamaan dan perbedaan pada ketiga tafsir tersebut, maka saya jelaskan sebagai berikut :

– تتفق التفاسير الثلاثة في بيان مدلول الآيات بدقة وشمول، وأسلوب مبسط ميسّر، وفي معرفة أسباب نزول الآيات الصحيحة الثابتة، والاستشهاد ببعض الآيات والأحاديث الصحيحة، المناسبة في موضوعها ومغزاها مع الآية المفسّرة،

Ketiga tafsir tersebut memiliki kesamaan dalam penjelasan kandungan ayat secara terperinci dan menyeluruh, memiliki kesamaan dalam gaya yang sederhana dan mudah, juga dalam hal pengenalan asbabun nuzul ayat yang shahih dan terpercaya, merujuk kepada sebagian ayat-ayat dan hadits-hadits shahih, sesuai dengan subjek dan bahasan ayat yang sedang ditafsirkan.

وفي البعد عن القصص والرّوايات الإسرائيليّة التي لا يخلو منها تفسير قديم، وفي التزام أصول التفسير بالمأثور والمعقول معا، وبالاعتماد على أمهات كتب التفسير الكبرى، بمختلف مناهجها.

Juga memiliki kesamaan dalam menghindari kisah-kisah dan riwayat-riwayat Israiliyat yang tidak tercantum dalam tafsir-tafsir terdahulu, juga ketiganya memiliki kesamaan dalam komitmen prinsip tafsir bil ma’tsur dan ma’quul (bil ra’yi) sekaligus, juga kesamaan dalam berpandu kepada kitab-kitab tafsir induk utama dengan berbagai perbedaan metodenya.

– وينفرد (التفسير المنير) ببيان أوسع وأجلى للآيات، وبالتعرف على مضامين كل سورة في بدء تفسيرها في الجملة، وعلى فضائل السّور القرآنية مما يصح من أخبارها، واستبعاد الموضوع والضعيف، وعلى مناسبات السّور القرآنية والآيات بعضها مع بعض، وعلى تفصيل وتحقيق القصص والأحداث التاريخية القديمة، ووقائع السّيرة النّبوية، واستنباط الأحكام الشّرعية بالمعنى الواسع للحكم بحيث يشمل العقيدة والعبادة، والأخلاق والآداب، والعبر والعظات، ونظام الحياة والمعاملات، وأصول الحياة الإسلامية العامة. كما يمتاز ببيان المفردات اللغوية بيانا كافيا شافيا، وبمعرفة وجوه البلاغة والإعراب، وكل ذلك مع تعقيبات وملاحظات ومقارنات وتنويه بالمعجزات، والإعجاز العلمي للقرآن الكريم بحسب تقدم العلوم العصرية.

Ciri Tafsir Al Munir adalah menjelaskan secara spesifik dan luas ayat-ayat yang ditafsirkan, mengenalkan kandungan keseluruhan surah pada bagian awal tafsirnya, keutamaan surah-surah Quraniyah sebagaimana disampaikan oleh khabar yang shahih, menghindari pembahasan-pembahasan yang dhoif. Menjelaskan surat dan ayat yang memiliki kesesuaian satu sama lain di dalam Al Quran, juga menjabarkan dan menjelaskan kisah dan kejadian sejarah masa lampau, sirah nabawiyah, ringkasan hukum-hukum syari’ah dengan pemaknaan yang luas mencakup aqidah dan ibadah, akhlaq dan adab, pelajaran dan nasihat, sistem sosial dan muamalat, serta prinsip-prinsip kehidupan Islamiyah secara umum. Juga yang istimewa adalah penjelasan mufrodat lughawi secara lengkap dan menyeluruh, pengenalan wajah balaghah dan i’rab, dan semuanya itu disertai komentar, catatan, perbandingan dan isyarat mu’jizat dan keajaiban ilmu Al Quranul Karim sebagaimana ilmu pengetahuan modern.

– ويقتصر (التفسير الوجيز) على بيان المقصود بكل آية، بعبارة شاملة غير مخلّة بالمعنى المراد، ولا مبتورة، ومن غير استطراد ولا تطويل، وشرح بعض الكلمات الغامضة غموضا شديدا، وبيان أسباب النزول مع كل آية أثناء شرحها.

Tafsir Al Wajiz meringkas penjelasan maksud seluruh ayat, dengan penggambaran menyeluruh tanpa menghilangkan makna yang dikehendaki, tanpa memotongnya, juga tanpa pembahasan yang melebar dan memanjang. Menjelaskan sebagian kata yang rumit, menjelaskan asbabun nuzul setiap ayat dan mensyarahnya.

– وأما (التفسير الوسيط) هذا، فقد يزاد فيه تفسير بعض الآيات عما هو مذكور في (التفسير المنير) ، ويشتمل على إيضاح معاني أهم الكلمات الغامضة، مع التّعرض لأسباب النزول مع كل آية. وحينئذ قد تتطابق عبارات التفاسير الثلاثة، وقد تختلف بحسب الحاجة، وبما يقتضيه المقام في تسليط الأضواء على بعض الألفاظ والجمل، وقد يذكر الوجه الإعرابي الضروري للبيان. وتميّز هذا التفسير ببساطته وعمقه في آن واحد، وبإيراد مقدمة عن كل مجموعة من الآيات، تكوّن موضوعا واحدا.

Adapun Tafsir Al Wasiith menambahkan tafsir sebagian ayat yang disebutkan di Tafsir Al Muniir, menyertakan penjelasan makna penting kata-kata yang rumit, disertai isyarat asbabun nuzul untuk setiap ayat tersebut. Maka penjelasan gambaran pada ketiga tafsir tersebut kadang sama, terkadang berbeda sesuai kebutuhan, serta apa yang dirasa perlu dalam menjelaskan beberapa lafazh kalimat. Menyertakan beberapa wajah I’rab penting untuk dijelaskan. Ciri tafsir ini adalah kesederhanaan dan kedalaman pembahasan sekaligus, juga disampaikan pengantar untuk sekumpulan ayat dalam satu pembahasan tersendiri.

إن ما عملته في مجال التفسير، وفي غيره من المصنفات العلمية الكثيرة، إنما هو بقصد تيسير العلم بأسلوب واضح متّزن، وبعبارات لا إشكال فيها ولا غموض.

Apa yang saya kerjakan dalam bidang tafsir dan banyak karya ilmiah dalam bidang selainnya, sungguh dimaksudkan untuk menyampaikan ilmu dengan cara yang jelas dan seimbang, tanpa membuatnya kompleks dan samar-samar.

وقد سعدت كل السعادة أن أقبل الناس على التفسيرين السابقين: المنير والوجيز، لأنهم وجدوا فيهما ما يحقق بغيتهم، وما تصبو إليه نفوسهم. والله أسأل أن يديم النفع بما يعلّمنا من فضله، وأن يزيدنا علما، فإن على العالم أمانة البيان والتبليغ، على قدر الوسع والطاقة، وهو خادم العلم، وتقريبه للناس، تقبّل الله منا، وجعله في ميزان حسناتنا، وثقّل به الموازين، والله لا يضيع أجر المحسنين.

Dan saya sangat berbahagia atas penerimaan masyarakat terhadap dua tafsir sebelumnya, Tafsir Al Muniir dan Al Wajiiz, karena mereka mendapati dalam keduanya apa yang mereka butuhkan dan apa yang menjadi ketertarikan mereka. Kepada Allah saya memohon semoga Dia mengabadikan manfaat dari apa-apa yang Dia ajarkan kepada kita dari KeutamaanNya, dan menambahkan kepada kita ilmu, sebab bagi orang berilmu ada amanah menjelaskan serta menyampaikan sesuai dengan kapasitas optimalnya, karena dia adalah pelayan ilmu dan pengantarnya kepada ummat manusia. Semoga Allah Ta’ala menerima bagi kita, menjadikannya pemberat timbangan hisab kita. Dan Allah tidak menyia-nyiakan ganjaran bagi orang-orang yang berbuat baik.

أ. د.: وهبة مصطفى الزحيلي

DR. Wahbah Musthofa Az Zuhailiy



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.