Makna Kata Al Furqon dan Letaknya



معنى كلمة ( الفرقان) والمواضِع التي جاء ذكرها في القرآن الكريم

Makna Kata Al Furqon dan Letaknya di Al Quranul Karim

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

معنى الفرقان: على وزن فعلان وهو بمعنى فاعل، أي فارق بين الحق والباطل، والهدى والضلال، والسنة والبدعة، كما أنه فارق بين الكفر والإيمان، وقد تكرر هذا اللفظ وهذه الكلمة في مواضع من كتاب الله – سبحانه وتعالى – ومنها:

Makna Al Furqon : Dalam wazan Fu’laanu, yakni bermakna Faa’il. Atau Pembeda antara yang Haq dan yang Bathil, Petunjuk dan Kesesatan, Sunnah dan Bid’ah, sebagaimana pula pembeda antara Kekafiran dan Keimanan, Lafazh ini diulang-ulang dalam beberapa tempat di Kitabullahu Ta’ala

Diantaranya :

الموضع الأول: في سورة آل عمران، قال تعالى:

Lokasi pertama di surah Ali Imran. Allah Ta’ala berfirman

﴿اللَّـهُ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ﴿٢﴾ نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَأَنزَلَ التَّوْرَ‌اةَ وَالْإِنجِيلَ ﴿٣﴾ مِن قَبْلُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَأَنزَلَ الْفُرْ‌قَانَ﴾ [آل عمران:2-3]

Allah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Dia menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, (Surah Ali Imran ayat 2 – 3)

الموضع الثاني: قوله تعالى

Lokasi Kedua : Firman Allah Ta’ala

﴿ تَبَارَ‌كَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْ‌قَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرً‌ا ﴾ [ الفرقان:1]

Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam, (Surah Al Furqon ayat 1)

Allahu Ta’ala ‘A’lam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.