Bolehkah Menyimpan Boneka Anak-anak Di Rumah ?



هل يجوز الاحتفاظ بدمى الأطفال في المنزل؟

Bolehkah Menyimpan Boneka Anak-anak di Rumah ?

Oleh :  Tim Fatwa IslamWeb

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

بسم الله الرحمن الرحيم

Bolehkah Menyimpan Boneka di Rumah – adalah pertanyaan yang kami terima dari beberapa orang. Berikut ini bahasan yang kami salin dan terjemahkan dari Tim Fatwa IslamWeb

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:

Segala puji bagi Allah, Shalawat serta Salam atas Rasulullah, keluarganya dan para shahabatnya. Amma Ba’du

Bolehkah Menyimpan Boneka yang dimainkan oleh Anak-anak ?

فالدمى التي يلعب بها الأطفال نوعان:
الأول: ما كان مصنوعاً من العهن والرقاع والخرق، وهذا النوع لا حرج في صناعته واللعب به والاحتفاظ به عند جمهور العلماء من الحنفية والمالكية والشافعية وجماعة من الحنابلة.

Boneka yang dimainkan oleh anak-anak ada 2 (dua) jenis :

Yang pertama, yang terbuat dari kain wol, potongan kain dan kain lap. Maka untuk boneka jenis ini tidak mengapa membuat, bermain dan menyimpannya menurut jumhur ulama’ dari Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah dan sekelompok dari Hanabilah.

والدليل على ذلك حديث عائشة رضي الله عنها قالت: قدم رسول الله صلى الله عليه وسلم من غزوة تبوك أو خيبر، وفي سهوتها ستر فهبت ريح، فكشفت ناحية الستر عن بناتي. ورأى بينهن فرساً له جناحان من رقاع. فقال: “ما هذا الذي أرى وسطهن ؟” قالت: فرس. قال: ما هذا الذي عليه؟ قالت: جناحان. قال: “فرس له جناحان؟” قالت: أما سمعت أن لسليمان خيلاً لها أجنحة؟ قالت: فضحك حتى رأيت نواجذه . رواه أبو داود والنسائي.

Dalilnya adalah Hadits A’isyah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tiba dari perang Tabuk atau Khaibar, sementara kamar ‘Aisyah ditutup dengan satir. Ketika ada angin yang bertiup, satir itu tersingkap hingga boneka-bonekaan ‘Aisyah terlihat. Beliau lalu bertanya: “Wahai ‘Aisyah, ini apa?” ‘Aisyah menjawab, “Anak-anak bonekaku.” Lalu beliau juga melihat patung kuda yang mempunyai dua sayap. Beliau bertanya: “Lalu suatu yang aku lihat di tengah-tengah boneka ini apa?” ‘Aisyah menjawab, “Boneka Kuda.” Beliau bertanya lagi: “Lalu yang ada di bagian atasnya ini apa?” ‘Aisyah menjawab, “Dua sayap.” Beliau bertanya lagi: “Kuda mempunyai dua sayap!” ‘Aisyah menjawab, “Tidakkah engkau pernah mendengar bahwa Nabi Sulaiman mempunyai kuda yang punya banyak sayap?” ‘Aisyah berkata, “Beliau lalu tertawa hingga aku dapat melihat giginya.(Hadits Riwayat Imam Abu Dawud dan Imam An Nasaa-i)

والسهوة: ما يكون شبيهاً بالرف أو الطاق الذي يوضع فيه الشيء.

As Sahwah (tirai) dalam hadits itu adalah : Apa yang diikat di atap atau lengkungan rumah, yang seringkali benda-benda disangkutkan disitu.

وروى البخاري في صحيحه عنها رضي الله عنها قالت: كنت ألعب بالبنات عند النبي صلى الله صلى الله عليه وسلم، وكان لي صواحب يلعبن معي، فكان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا دخل يتقمعن منه (يتغيبن منه) فيسربهن إلي ( يرسلهن إلي ) فيلعبن معي .

Diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari dalam Kitab Shahih beliau dari A’isyah radhiyallahu ‘anha : “Saya main boneka di rumah Rasulullah dan saya mempunyai teman-teman yang bermain bersama saya. Kalau Rasulullah masuk rumah teman-teman saya bersembunyi dari Rasulullah, saya merasa senang dan mereka bisa bermain bersama saya

والنوع الثاني: ما كان مصنوعاً من البلاستيك ونحوه مما جد في هذا العصر، مما هو مماثل تماماً لجسم الإنسان من حيث اللون والهيئة والملامح ففيه العينان والشفتان والأذنان والشعر…. الخ، وربما أضيف إلى ذلك حركة اليدين أو الرجلين أو العينين، وصوت وكلام مسجل وضحك ونحو ذلك.

Jenis yang kedua : Jenis yang terbuat dari plastik, dan apa yang ada sekarang benar-benar menyerupai (mirip) dengan tubuh manusia dalam hal warna, bentuk, dan fiturnya, termasuk mata, bibir, telinga, dan rambut dan lainnya. Dan terkadang ditambahkan pada boneka itu gerakan kedua tangan dan kedua kaki atau matanya, atau suara rekaman berupa tawa dan yang semacam itu.

ولا مرية في أن هذا النوع من اللعب بينه تفاوت كبير مع النوع الذي كان موجوداً في الزمن الأول، اعني ما صنع من الخرق،

Tidak diragukan bahwa jenis yang kedua ini sangat berbeda dengan jenis pertama tadi, yakni yang terbuat dari kain.

وقد اختلف فيه العلماء المعاصرون على قولين: الأول: التحريم، لدخوله تحت عموم الأدلة الدالة على منع صناعة التماثيل، ولمخالفتها الظاهرة للعب التي جاءت فيها الرخصة في حديث عائشة رضي الله عنها، فتبقى هذه الصور على الأصل العام، ولما فيها من شدة المشابهة والمضاهاة لخلق الله.

Terkait jenis kedua ini, para ulama berbeda pendapat.

Yang pertama : Mengharamkannya, karena masuk secara umum dalam dalil tentang larangan membuat sesuatu yang menyerupai makhluk hidup, serta perbedaan zhahir/bentuk dengan permainan yang disampaikan dalam hadits A’isyah radhiyallahu ‘anha, maka tampilan/bentuk boneka tersebut masuk dalam prinsip umum (yang membuatnya tidak diperbolehkan), serta sangat nampak penyamaan dan peniruan boneka jenis kedua ini dengan ciptaan Allah.

والقول الثاني: الجواز اعتماداً على الرخصة الثابتة في حديث عائشة رضي الله عنها.

Pendapat yang kedua, diperbolehkan dengan bersandar pada hadits A’isyah radhiyallahu ‘anha tadi

ولهذا نقول: إن الأحوط تجنب هذه الدمى والاستغناء عنها بغيرها من اللعب، مما لا يكون على صورة ذوات الأرواح كالسيارات والقطارات ونحو ذلك.

Terkait hal tersebut kami katakan : Untuk kehati-hatian hindari boneka seperti ini dan menggantinya dengan jenis mainan lain yang tidak menyerupai makhluk hidup, seperti mobil-mobilan, kereta-keretaan dan yang semisalnya.

والله أعلم.

Allahu ‘A’lam

المفردات

عِهْن : – صُوفٌ مَصْبُوغ

– colored wool

عِهْن : – صُوف، صُوفٌ مَصْبُوغ

– Soft short under_fur or down
– Yarn produced from this hair
– Cloth or clothing made from it
– dyed wool; wool

Print Friendly, PDF & Email


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.