Apa Hukum Merayakan Natal (Awal Tahun Baru Masehi) Secara Terperinci ? (2) : Dalil As Sunnah



ما حكم الاحتفال بعيد الكريسمس ( أول السنة الميلادية ) ؟ بالتفصيل

Apa Hukum Merayakan Natal (Awal Tahun Baru Masehi) Secara Terperinci ?

Oleh : Tim Fatwa IslamWeb

Alih Bahasa : Reza Ervan bin Asmanu

بسم الله الرحمن الرحيم

Apa Hukum Merayakan Natal menurut dalil-dalil dari Sunnah Nabawiyah, ini adalah pembahasan kedua setelah pada artikel sebelumnya ditinjau tentang Hukum Merayakan Natal berdasarkan Dalil-dalil dari Al Quran

٢ – وأما السنة: فمنها حديث أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قدم رسول الله صلى الله عليه وسلم المدينة ولهم يومان يلعبون فيهما، فقال: ما هذا اليومان؟ قالوا: كنا نلعب فيهما في الجاهلية، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن الله قد أبدلكم بهما خيراً منهما: يوم الأضحى ويوم الفطر. رواه أبو داود، وأحمد، والنسائي على شرط مسلم.

Yang kedua, adapun dari As Sunnah diantaranya Hadits Anas bin Maalik radhiyallahu ‘anhu. Beliau mengatakan :

Rasulullah saw tiba di Madinah (dan beliau melihat) mereka mempunyai dua macam hari yang mereka merayakannya dengan permainan. Beliau bertanya: Hari apa ini? Mereka menjawab: Di zaman Jahiliyyah kami memeriahkannya dengan permainan. Lalu Rasulullah saw. Bersabda: Sesungguhnya Allah telah mengganti kedua hari ini untuk kamu dengan yang lebih baik, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri. (Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Imam An Nasaa-i dan memenuhi syarat Imam Muslim)

ووجه الدلالة أن العيدين الجاهليين لم يقرهما رسول الله صلى الله عليه وسلم، ولا تركهم يلعبون فيهما على العادة، بل قال: إن الله قد أبدلكم بهما خيراً منهما…… والإبدال من الشيء يقتضي ترك المبدل منه، إذ لا يجمع بين البدل والمبدل منه، وقوله صلى الله عليه وسلم: خيراً منهما. يقتضي الاعتياض بما شرع لنا عما كان في الجاهلية.

Dalil itu menunjukkan bahwa dua buah hari besar yang dirayakan oleh orang-orang jahiliyah tidaklah disetujui oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa salam, dan beliau juga tidak memperkenankan bermain di dalam kedua hari raya tersebut, bahkan beliau mengatakan : Sungguh Allah telah menggantikan untuk keduanya hal yang lebih baik daripada keduanya.

Penggantian sesuatu dengan sesuatu yang lain, mengharuskan untuk meninggalkan sesuatu yang digantikan, jika tidak maka keduanya akan bercampur.

Dan sabda Rasulullah shalallahu alaihi wa salam : “Lebih baik daripada keduanya” mengharuskan kita menggantikan apa-apa yang ada di masa jahiliyah dengan apa yang disyariatkan bagi kita

Bersambung in sya Allah dengan dalil dari Ijma’



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.