[Ensiklopedi Al Quran] Al Baqarah ayat 2 (2) : Laa Rayba Fiihi



البقرة ٢

 Al Baqarah ayat ke-2 (2)

Alih Bahasa dan Kompilasi : Reza Ervani bin Asmanu

بسم الله الرحمن الرحيم

Al Baqarah ayat 2 adalah lanjutan serial Ensiklopedi Al Quran

لا ريب فيه – لا: الثّافية للجنس, تنفي كل الأزمنة, الماضي والحاضر, والمستقبل, تنفي عن القرآن الريب, في الماضي, والحاضر, والمستقبل.

Laa : An Nafiyah lil Jinsi. Menafi’kan dalam segala zaman, masa lampau, masa kini, masa yang akan datang. Maka Al Quran tidak mungkin ada keraguan di dalamnya baik pada masa lalu, saat ini maupun masa mendatang.

Al Baqarah ayat 2 : Kata ar Rayba

والريب: مصدر راب – يريب – وجاءت نكرة؛ (ولم يقل الريب) لتشمل نفي كل أنواع الريب, والقليل, والكثير.

Ar Rayba : Bentuk mashdar dari Rooba – Yariibu. Datang dalam bentuk Nakirah (undefinite) – sehingga tidak boleh dibaca dengan Alif Laam (Ar Raiba). Bentuk nakirah ini menunjukkan penafian (meniadakan) segala jenis keraguan, baik sedikit maupun banyak.

وتعريف الريب : هو الشك. مع التهمة, والشك. تعريفه هو تساوي طرفي النفي, والإثبات. 

Definisi ar Rayba adalah asy Syak (keraguan).  yang disertai dengan tuduhan dan kecurigaan. Definisi ini berlaku baik untuk keraguan dalam bentuk negasi maupun keraguan dalam bentuk afirmasi.

والريب أعم من الشك, فالكفار, والمشركون, كانوا يشكون في القرآن, أنه منزل من عند الله.

ar Rayb lebih luas daripada asy Syak. Orang-orang kafir dan Musyrikin mereka syak (meragukan) bahwa Al Quran turun dari sisi Allah Ta’ala.

وكانوا يتّهمون رسول الله صلى الله عليه وسلم بأنه افتراه, أو أنه إفك, وأساطير الأولين, اكتتبها, فهي تملى عليه بكرة وأصيلاً.

Dan mereka menuduh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam mengarang Al Quran, mengada-ngada, menyadur mitos-mitos generasi terdahulu, menuliskannya, lalu dibacakannya tiap pagi dan petang.

وانتبه إلى تقديم كلمة الريب على كلمة فيه, للدلالة علئ التوكيد, توكيد النفي, نفي الريب عن القرآن, وكذلك نفي الريب, عن سائر الكتب السماوية الأخرئ, كونها منزلة من عند الله عزا وجل

Diikutinya kata ar Rayba dengan kata Fiihi, menunjukkan Taukid (penegasan), yakni penegasan penafian, menafi’kan / menyangkal adanya keraguan di dalam Al Quran. Sebagaimana pula menafi’kan keraguan dari kitab-kitab samawiyah yang lain, dikarenakan kesemuanya berasal dari sisi Allah Ta’ala.

Allahu Ta’ala ‘A’lam

Bersambung in sya Allah

Dapatkan update informasi artikel terbaru dan inofmrasi lainnya di grup WA Maktabah Reza Ervani : https://s.id/maktabahku (grup satu arah)

Print Friendly, PDF & Email


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.