Al Quran sebagai Penawar dan Rahmat

Al Quran sebagai Penawar dan Rahmat

Oleh : Reza Ervani bin Asmanu

w

Dalam surah Al Isra ayat 82 Allah Ta’ala Firmankan bahwa Al Quran itu Syifa (Penawar/Obat) dan Rahmat bagi Mu’minin.

Digandengkan Syifa’ dan Rahmat membuat kita mestinya berupaya agar Rahmat Allah Ta’ala ini senantiasa tercurah kepada kita. Termasuk diantara RahmatNya adalah perlindungan berupa malaikat yang menjaga kita atas perintahNya, sebagaimana diFirmankanNya di Surah Ar Ra’d ayat 11

Jadi – misalnya – ketika Rasulullah shalallahu alaihi wa salam mengisyaratkan : “Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan lukisan” (Riwayat Bukhari dan Muslim), maka sedapat mungkin kita ikuti, sehingga Rahmat Allah yang ada tadi tidak hilang meninggalkan kita.

Karena sebagaimana lanjutan ayat ke-11 Surah Ar Ra’d tadi, bahwa Allah Ta’ala tidak akan mengubah apa yang ada di suatu kaum (yakni RahmatNya berupa penjagaan tadi) kecuali mereka sendiri yang mengubahnya. Hal senada juga difirmankanNya di Surah Al Anfaal ayat 53

Bagaimana mungkin Al Quran menjadi penawar, menjadi obat, jika – misalnya – yang menjadi konsumsi pendengaran kita sehari-hari justru adalah musik yang melalaikan kita dari Al Quran.

Bagaimana mungkin Al Quran menjadi penawar, menjadi obat, jika – misalnya – kita tidak membacanya dengan tartil, sehingga bahkan mengubah makna bacaanya. Begitu seterusnya, berupaya terus kita agar apa yang kita lakukan sehari-hari tidak menghalangi Rahmat Allah itu tercurah kepada kita.

Kait kelindannya pun menjadi luas dengan hal-hal lain.

Misalnya : Karena dosa adalah penghalang turunnya Rahmat Allah, maka istighfar, memohon ampun kepada Allah Ta’ala menjadi sebab begitu banyak kebaikan, baik yang nampak seperti rezeki dan kesehatan, maupun yang tidak nampak, seperti ketenangan jiwa dan aman dari gangguan makhlukNya dari golongan jin dan manusia. Karena istighfar membuka penghalang turunnya Rahmat Allah Ta’ala kepada kita.

Semoga Allah Ta’ala mengampuni segala dosa dan kelalaian kita semua. Semoga Allah Ta’ala merahmati kita semua dengan Al Quran.

Allahummarhamnaa bil Quraan.

Cileungsi, 15 Muharram 1442 H – 3 September 2020
Print Friendly, PDF & Email

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.