Shadaqah Jariyah, Pengertian dan Jenisnya



الصدقة الجارية.. تعريفها.. وأنواعها

Shadaqah Jariyah, Pengertian dan Jenisnya

Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

السؤال

هناك شخص توفيت أمه ويريد أن يعمل لها صدقة جارية، فهل يجوز أن يعمل صدقة جارية لأمه المتوفاة؟ وما هو معنى الصدقة الجارية؟ وما هي أنواع الصدقة الجارية؟ أريد أمثلة للصدقة الجارية التي تنفع؟ فهل مثلا المساهمة في بناء مسجد يعتبر صدقة جارية ويجوز أن أهبها للمتوفى؟ وهل شراء أشياء لفقير ينتفع بها مثل بطانية تعتبر صدقة جارية؟ أم هذا من الصدقة العادية ؟

Pertanyaan :

Ada seseorang yang ibunya telah wafat dan ingin beramal untuk ibunya berupa shadaqah jariyah. Apakah boleh beramal shadaqah jariyah untuk ibunya yang telah wafat ? Dan apa makna Ash Shadaqah Al Jariyah ? Dan apa saja jenis Ash Shadaqah Al Jariyah ? Berikanlah contoh Shadaqah Jariyah yang memberikan manfaat ? Contohnya, apakah menyumbang untuk pembangunan masjid termasuk Shadaqah Jariyah, dan bolehkah melakukannya atas nama almarhum ? Dan apakah menyumbangkan sesuatu untuk orang faqir untuk dimanfaatkan, semisal selimut termasuk ke dalam shadaqah jariyah ? Atau hanya shadaqah biasa saja ?

الإجابــة

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعد:

فالصدقة عن الميت والدعاء له من الأمور التي يصل إليه ثوابها بلا خلاف, فينبغي لمن يستطيع أن يقدم صدقة جارية له ولوالديه أن يفعل,

Jawab :

Adapun bersedekah atas nama orang yang sudah wafat dan mendoakannya adalah perkara yang sampai kepadanya pahalanya tanpa ada perbedaan pendapat, Maka barangsiapa yang dapat bersedekah secara terus menerus untuk dirinya dan kedua orang tuanya hendaknya melakukannya

فقد ورد ذكر الصدقة الجارية في الحديث الذي رواه مسلم عن أبي هريرة ـ رضي الله عنه ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم قال:

Disebutkan tentang perkara Ash Shadaqah Al Jariyah ini dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu – bahwa Nabi shalallahu alaihi wasalam bersabda :

إذا مات الإنسان انقطع عنه عمله إلا من ثلاثة: إلا من صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له.

Jika mati seorang manusia maka terputuslah amalnya kecuali dari tiga perkara : dari Shadaqah Jariyah, atau ilmu yang memberikan manfaat dengannya, atau anak sholeh yang mendoakannya.

والصدقة الجارية هي الوقف

Ash Shadaqah Al Jariyah adalah Al Waqf (Wakaf).

قال النووي في شرح حديث: إذا مات الإنسان انقطع عمله إلا من ثلاثة، إلا من صدقة جارية ـ وكذلك الصدقة الجارية: وهي الوقف. انتهى.

Imam An Nawawi berkata dalam syarah hadits tersebut, bahwa yang dimaksud dengan Ash Shadaqah Al Jariyah adalah Al Waqf (Wakaf)

والوقف هو: حبس الأصل وتسبيل المنفعة، بمعنى أن توقف عينا لها منفعة على الفقراء مثلا يملكون منافعها، وتبقى العين موقوفة لا تباع ولا توهب،

Al Waqf adalah : memisahkan dari pemilik dan memanjangkan kemanfaatan. Artinya sesuatu yang diwakafkan – misalnya kepada fakir – maka fakir tersebutlah yang kemudian memiliki/mendapatkan manfaat dari hal yang diwakafkan tersebut, dan sumber kemanfaatnya itu (yang diwakafkan tadi) tidaklah boleh dijualbelikan atau dihibahkan/dihadiahkan.

والمشاركة في بناء مسجد تدخل فيها، 

Dengan demikian bekerjasama dalam membangun masjid termasuk ke dalam shadaqah jariyah (karena kemanfaatannya yang panjang – pent)

أما شراء بعض الأشياء لفقير مثل بطانية, أو طعام مثلا, فهذا ليس من الصدقة الجارية, لكنه صدقة ينتفع بها الميت, ويصل إليه ثوابها.

Adapun memberikan sesuatu kepada fakir semisal selimut atau makanan, maka hal tersebut tidaklah masuk ke dalam Ash Shadaqah Al Jariyah, akan tetapi shadaqah yang dapat bermanfaat bagi mereka yang sudah meninggal, dan pahalanya sampai kepada mereka.

Allahu Ta’ala ‘A’lam

Print Friendly, PDF & Email


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.