Fathul Qarib Al Mujib : Muqaddimah



binary comment

Fathul Qarib Al Mujib : Muqaddimah

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

بسم الله الرحمن الرحيم

Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang 4

[مقدمة]

قال الشيخُ الإمامُ العالم العلاَّمة، شمسُ الدين أبو عبد الله، محمد بن قاسم الشافعي – تغَمَّده الله برحمته ورضوانه، آمين

Asy Syaikh Al Imam Al ‘Aalim Al ‘Allamah, Syamsyuddin Abu Abdillah, yakni Muhammad ibnu Qaasim Asy Syafi’i – semoga Allah mencurahkan untuknya RahmatNya dan Keridhoannya. Aamiin. Beliau berkata : 5

الحمد لِلّهِ تبرُّكا بفاتحة الكتاب، لأنها ابتداء كل أمر ذي بالٍ، وخاتمة كل دعاء مُجاب، وآخر دعوى المؤمنين في الجنة، دار الثواب

Segala puji bagi Allah – dengan mengharapkan berkah dari Al Fatihah (pembuka Al Quran), dikarenakan dengannya dimulai sesuatu yang penting, dan dengannya ditutup semua doa yang terkabul, dan dengannya diakhiri doa-doa orang mu’min di Surga, negeri pembalasan.

أحمده أن وَفَّقَ مَنْ أراد مِن عباده للتَّفَقُّه في الدين على وَفْق مُراده.

Pujian bagiNya (Allah Ta’ala) yang memberikan taufik kepada siapa yang dikehendakiNya dari hamba-hambaNya dengan pemahaman agama Islam yang sesuai dengan kehendakNya.

وأصلي وأسلم على أفضل خلقه محمد سيد المرسلين، القائل: «مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ»؛ وعلى آله وصحبه مُدةَ ذِكرِ الذاكِرين وسَهو الغافلين.

Shalawat serta salam atas makhlukNya yang paling utama, penghulu para Rasul yang bersabda : “Barangsiapa yang diinginkan oleh Allah kebaikan, maka Allah Ta’ala akan pahamkan dia dengan agama”, dan kepada keluarga beliau, shahabat beliau, dengan shalawat dan salam sepanjang masa, baik di masa orang-orang ingat maupun di masa orang-orang lalai.

وبعد؛ هذا كتاب في غاية الاختصار والتهذيب، وضعتُه على الكتاب المسمى بـ «التقريب» لينتفع به المحتاج من المبتدئين لفروع الشريعة والدين،

Wa ba’du.

Kitab ini ditujukan sebagai ringkasan dan pilihan, yang aku tujukan bagi kitab yang berjudul “At Taqrib”, sehingga dapat mengambil manfaat darinya orang-orang yang membutuhkannya dari kalangan pemula dalam mempelajari cabang-cabang syari’ah dan agama.

وليكون وسيلةً لنجاتي يومَ الدين، ونفعًا لعباده المسلمين؛ إنه سميع دعاء عباده، وقريب مجيب، ومن قصده لا يخيب. {وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ} [البقرة: ١٨٦].

Semoga karya ini menjadi wasilah yang menyelamatkanku di hari kiamat, dan bermanfaat bagi para hamba-hamba Allah Kaum Muslimin, sesungguhnya Allah Maha Mendengar doa hambaNya, Maha Dekat dan Maha Mengabulkan. Barangsiapa yang mengikuti (jalan)Nya maka tidak akan merugi : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku,” (Surah Al Baqarah ayat 186)

واعلم أنه يوجد في بعض نُسَخ هذا الكتاب في غير خطبته تسميته تارة بـ «التقريب»، وتارة بـ «غاية الاختصار»؛ فلذلك سميته باسمين: أحدهما «فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب»، والثاني «القول المختار في شرح غاية الاختصار».

Dan ketahuilah bahwa dalam sebagian manuskrip kitab ini di bagian selain khutbah kitab, terkadang menyebut kitab ini 6 dengan judul “At Taqrib” dan terkadang juga “Ghayatul Ikhtishar”. Dengan demikian aku menamakan kitab ini dengan dua nama “Fathul Qorib Al Mujiib Fii Syarhi Alfaazhit Taqriib”, dan yang kedua “Al Qoulu Al Mukhtaru Fii Syarhi Ghayatil Ikhtishaari”

الفردات

مُدَّة : – مِقْدَار مِن الزَّمَن لِلْقَلِيل وَالْكَثِير

– A limited period of time
– A limited span of time
– A specified length of time
– Span or period of time
– A fixed or limited period of time.
– The length of time for which something continues
– Period of time
– Space of time

Catatan Kaki

  1. Ini adalah Basmalah dari Penyusun Kitab Fathul Qorib, sementara Basmalah berikutnya adalah Basmalah pada Matn Abi Syuja
  2. Baris ini adalah ucapan dari para muridnya sebagai penghormatan bagi Syaikh-nya
  3. Maksudnya adalah Matn Abi Syuja
  4. Ini adalah Basmalah dari Penyusun Kitab Fathul Qorib, sementara Basmalah berikutnya adalah Basmalah pada Matn Abi Syuja
  5. Baris ini adalah ucapan dari para muridnya sebagai penghormatan bagi Syaikh-nya
  6. Maksudnya adalah Matn Abi Syuja


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.