Derajat Hadits “Allahumma Balighnaa Ramadhaan”



درجة حديث “اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان”

Derajat Hadits Allahumma Bariklanaa fii Rajabi wa Sya’ban wa Balighnaa Ramadhan

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

بسم الله الرحمن الرحيم

Derajat Hadits “Allahumma Balighnaa Ramadhaan” yang populer bagaimana sebenarnya ? Silahkan simak artikel berikut ini. Semoga bermanfaat

روى عبد الله بن الإمام أحمد في “زوائد المسند” (٢٣٤٦) والطبراني في “الأوسط”  والبيهقي في “الشعب” (٣٥٣٤) وأبو نعيم في “الحلية” من طريق زَائِدَة بْن أَبِي الرُّقَادِ قَالَ: 

Hadits ini diriwayatkan oleh Abdullah ibn Al Imam Ahmad dalam “Zawaa-idul Musnad” dan Imam Thabrani dalam “Al Awsath” dan Imam Baihaqi dalam “Asy Syu’ab”, kemudian Abu Nu’aim dalam Al Hilyah dari jalur Zaidah ibn Abi Ruqad, beliau mengatakan :

نا زِيَادٌ النُّمَيْرِيُّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ: (اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ)

Mengabarkan kepada kami Ziyad An Numayriy dari Anas ibn Malik, dia berkata : Rasulullah shalallahu alaihi wa salam jika masuk bulan Rajab berdoa : Allahumma bariklana fii Rajabi wa sya’ban wa balighnaa Ramadhaan

وهذا إسناد ضعيف، زياد النميري ضعيف، ضعفه ابن معين. وقال أبو حاتم: لا يحتج به. وذكره ابن حبان في الضعفاء وقال: لا يجوز الاحتجاج به. “ميزان الاعتدال” (٢/٩١)

Isnad hadits ini dha’if. Ziyad An Numayriy Dha’if. Mendho’ifkannya Ibnu Ma’iin. Abu Haatim mengatakan : “Tidak dapat berhujjah dengan apa yang disampaikannya”

Ibnu Hibban mengatakan dalam Ad Dhu’afaa : “Tidak bisa berhujjah dengan apa yang disampaikan olehnya” (Mizan Al I’tidal Juz 2 halaman 91)

وزائدة بن أبي الرقاد: أشد ضعفا منه، قال أبو حاتم: يحدث عن زياد النميري عن أنس، أحاديث مرفوعة منكرة، ولا ندري منه أو من زياد. 

Zaidah ibn Abi Ar Ruqaad : Lebih dhaif daripada Ziyad An Numayriy. Ibnu Haatim mengatakan : Zaidah meriwayatkan dari Ziyad An Numayriy dari Anas, haditsnya marfu munkar. yang tidak kita ketahui selain darinya atau dari Ziyad

وقال البخاري: منكر الحديث. 

Al Bukhari mengatakan : Haditsnya Munkar

وقال النسائي: منكر الحديث. وقال في الكنى: ليس بثقة.

An Nasaa-i mengatakan : Haditsnya Munkar – dan beliau juga mengatakan dalam Al Kuna : Tidak termasuk yang tsiqah

وقال ابن حبان: يروي مناكير عن مشاهير لا يحتج بخبره، ولا يكتب إلا للاعتبار.

Ibnu Hibban mengatakan : Dia (Zaidah ibn Abi Ar Ruqaad) meriwayatkan hadits yang janggal/munkar dari orang-orang yang masyhur, tidak dapat berhujjah dengan khabar darinya, tidak pula dituliskan kecuali untuk mengambil pelajaran (terkait hadits-hadits yang dhaif)

وقال ابن عدي: يروي عنه المقدمي وغيره أحاديث إفرادات، وفي بعض أحاديثه ما ينكر. “تهذيب التهذيب” (٣/٣٠٥ – ٣٠٦)

Ibnu ‘Adiy mengatakan : Al Miqdami dan selainnya meriwayatkan hadits darinya (Zaidah ibn Abi Ar Ruqaad) hadits-hadits yang menyendiri, sebagian dari hadits tersebut mengandung kejanggalan (Tahdzibut Tahdzib 3/305-306)

والحديث ضعفه النووي في “الأذكار” (ص١٨٩)، وابن رجب في “لطائف المعارف” (ص١٢١) وكذا ضعفه الألباني في “ضعيف الجامع” (٤٣٩٥)، 

Hadits tersebut juga di-dha’ifkan oleh Imam An Nawawi dalam Al Adzkar, juga oleh Ibnu Rajab dalam Latha-iful Ma’aarif, juga oleh Syaikh Albani dalam Dha’iful Jaami’.

وقال الهيثمي:
“رَوَاهُ الْبَزَّارُ وَفِيهِ زَائِدَةُ بْنُ أَبِي الرُّقَادِ قَالَ الْبُخَارِيُّ: مُنْكَرُ الْحَدِيثِ، وَجَهَّلَهُ جَمَاعَةٌ “. “مجمع الزوائد” (٢/١٦٥).

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Al Bazzar, di dalam sanadnya adalah Zaidah ibn Abi Ar Ruqaad. Al Bukhari mengatakan : Hadits darinya munkar, dan sekumpulan ulama menganggapnya jahil (Majmu’ Az Zawaaid 2/165)

Allahumma Balighnaa Ramadhaan – bolehkah kita berdoa dengan doa tersebut ?

أما سؤال المسلم ربه أن يبلغه رمضان فلا بأس به. قال الحافظ ابن رجب رحمه الله:

Adapun permintaan seorang muslim kepada Robbnya untuk disampaikan kepada Ramadhan, maka hal itu tidaklah mengapa. Al Hafizh Ibnu Rajab rahimahullahu Ta’ala mengatakan :

“قال معلى بن الفضل: كانوا يدعون الله تعالى ستة أشهر أن يبلغهم رمضان، ويدعونه ستة أشهر أن يتقبل منهم. 

Ma’alaa ibn Al Fadhil mengatakan : Mereka berdoa kepada Allah Ta’ala selama enam bulan meminta disampaikan kepada Ramadhan, dan berdoa enam bulan lainnya agar Allah Ta’ala menerima amalan Ramadhan mereka.

وقال يحيى بن أبي كثير: كان من دعائهم: اللهم سلمني إلى رمضان، وسلم لي رمضان وتسلمه مني، متقبلا.” انتهى من “لطائف المعارف” (ص ١٤٨)

Yahya ibn Abi Katsir mengatakan : Diantara doa mereka adalah : Ya Allah, selamatkan/sampaikan aku kepada Ramadhan, dan sampaikan Ramadhan kepadaku, dan jadikan keselamatan Ramadhan untukku, Engkau terima.

— Selesai Kutipan dari Latha-iful Ma’arif —

Semoga Allah Ta’ala sampaikan kita kepada Ramadhan. Aamiin



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.